Grand Slang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Slang
KategoriSans-serif
PerancangNikolas Wrobel
PenerbitNikolas Type
Diluncurkan2019
LisensiPerangkat lunak milik perorangan
VariasiGrand Slang B Side
Contoh

Grand Slang merupakan rupa huruf tanpa kait kaligrafi yang dibuat oleh desainer grafis Jerman bernama Nikolas Wrobel. Ia diterbitkan pada 1 September 2019 dari pengecoran jenisnya, Nikolas Type.[1]

Ide desain Grand Slang berasal dari kaligrafi Amerika abad ke-20 dan karya kaligrafer Amerika Oscar Ogg dan William Addison Dwiggins. Hal ini juga mengambil inspirasi dari tanda-tanda dalam film-film Amerika dari tahun 1940-an dan 1950-an.[2]

Grand Slang kuat dan mudah beradaptasi, memadukan berbagai gaya seperti tulisan tangan tradisional dan kontemporer, serta bentuk dasar.[3] Ini mencakup lebih dari 310 mesin terbang, meliputi huruf kapital dan kecil, angka, tanda baca, aksen, pengikat, diakritik, dan simbol.

Judul Grand Slang berasal dari kata bahasa Inggris grand dan slang. Kata grand digunakan dalam bahasa gaul AS dan Inggris yang berarti seribu dolar atau seribu pound.

Jenis huruf tersedia online untuk diunduh dalam format file OTF dan WOFF. Ini berguna untuk desain grafis, desain web, aplikasi dan e-book.

Grand Slang dapat digunakan untuk menulis dalam banyak bahasa Eropa yang menggunakan alfabet Latin. Ini adalah Perangkat lunak milik perorangan, sehingga seseorang dapat menggunakannya dengan menerima persyaratan lisensi perangkat lunak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moody, Elliott (10 September 2019). "Grand Slang from Cologne-based foundry Nikolas Type is inspired by 20th-century calligraphy". The Brand Identity (dalam bahasa English). United Kingdom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2021. Diakses tanggal 6 February 2024. His latest release, Grand Slang, is inspired by mid-20th-century calligraphy, mixing characteristics of both serif and grotesque letterforms to create a modern perspective on the art form. 
  2. ^ Riechers, Angela (5 November 2019). "A German Typographer's Homage to Mid Century American Calligraphy Masters". AIGA Eye on Design (dalam bahasa English). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2022. Diakses tanggal 6 February 2024. Grand Slang’s funky modern letterforms owe a debt to the masterful calligraphy of mid 20th-Century American designers Oscar Ogg and William A. Dwiggins. Nikolas Wrobel, a typeface designer based in Cologne, Germany, also drew upon signage spotted in U.S. movies from the ’40s and ’50s. 
  3. ^ Старцева, Полина (12 December 2023). "Шрифт Grand Slang: где используют и с чем сочетают". Skillbox (dalam bahasa Rusia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2023. Diakses tanggal 6 February 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]