Grand Prix sepeda motor Malaysia 2015

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Malaysia  Grand Prix Malaysia 2015
Detail lomba
Lomba ke 17 dari 18
Grand Prix Sepeda Motor musim 2015
Tanggal25 Oktober 2015
Nama resmiShell Malaysia Motorcycle Grand Prix[1][2][3]
LokasiSepang International Circuit
Sirkuit
  • Fasilitas balapan permanen
  • 5.543 km (3.444 mi)
MotoGP
Pole position
Pembalap Spanyol Dani Pedrosa Honda
Catatan waktu 1:59.053
Putaran tercepat
Pembalap Spanyol Jorge Lorenzo Yamaha
Catatan waktu 2:00.606 di lap 2
Podium
Pertama Spanyol Dani Pedrosa Honda
Kedua Spanyol Jorge Lorenzo Yamaha
Ketiga Italia Valentino Rossi Yamaha
Moto2
Pole position
Pembalap Swiss Thomas Lüthi Kalex
Catatan waktu 2:06.383
Putaran tercepat
Pembalap Swiss Thomas Lüthi Kalex
Catatan waktu 2:07.321 di lap 2
Podium
Pertama Prancis Johann Zarco Kalex
Kedua Swiss Thomas Lüthi Kalex
Ketiga Jerman Jonas Folger Kalex
Moto3
Pole position
Pembalap Italia Niccolò Antonelli Honda
Catatan waktu 2:12.653
Putaran tercepat
Pembalap Afrika Selatan Brad Binder KTM
Catatan waktu 2:13.571 di lap 3
Podium
Pertama Portugal Miguel Oliveira KTM
Kedua Afrika Selatan Brad Binder KTM
Ketiga Spanyol Jorge Navarro Honda

Grand Prix sepeda motor Malaysia 2015 (secara resmi Shell Malaysian Motorcycle Grand Prix) adalah ronde ketujuh belas (dan ronde kedua dari belakang) dari delapan belas balap motor di MotoGP musim 2015. Itu diadakan di hadapan 88.832 orang di Sirkuit Internasional Sepang di distrik Sepang di Selangor Malaysia pada tanggal 25 Oktober 2015. Dani Pedrosa dari Honda memenangkan balapan 20 lap dari pole position. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo menempati posisi kedua dan rekan setimnya Valentino Rossi berada di posisi ketiga. Di kelas junior, Johann Zarco memenangkan balapan Moto2 dengan mengendarai sepeda Kalex dan Miguel Oliveira milik KTM menang di Moto3.

Pedrosa meraih pole position dengan mencatatkan lap tercepat di kualifikasi dan mempertahankan keunggulan garis startnya menjelang tikungan pertama. Namun balapan tersebut dibayangi oleh duel tiga lap untuk memperebutkan tempat ketiga antara pembalap Honda Marc Márquez dan rivalnya Rossi saat keduanya bertukar posisi beberapa kali per lap. Ketegangan keduanya memuncak saat Márquez dan Rossi saling berduel di Argentina dan Belanda dan Rossi menuduh Márquez membantu rekan setimnya Lorenzo di Australia yang dibantah oleh kedua pembalap tersebut. Duel berakhir dengan tabrakan Márquez dan Rossi di tikungan empat belas pada lap tujuh. Meskipun Rossi melanjutkan, Márquez terjatuh dari sepedanya dan mundur di pit line setelah memasang kembali sepedanya. Sementara itu Pedrosa memimpin setiap lap untuk meraih kemenangan keduanya musim ini, kemenangan ke-28 di MotoGP, dan kemenangan ke-51 dalam kariernya dengan selisih hampir empat detik atas Lorenzo. Rossi diberi tiga poin penalti dan diharuskan start dari grid paling belakang pada akhir musim Grand Prix Valencia karena dia mendapat poin penalti lain dari awal musim dan dia menarik banding berikutnya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga pada bulan Desember 2015.

Di kelas junior, Thomas Lüthi memulai dari posisi terdepan di Moto2 dengan rekor putaran kelas baru. Lüthi dan Zarco bertukar tempat di lap pertama dan kemudian kedua pebalap mampu mendapatkan sedikit keunggulan di depan lapangan. Zarco mulai mendekati Lüthi dengan tujuh lap tersisa tetapi Lüthi merespons dengan melihat pesan papan pit yang mendorongnya untuk meningkatkan kecepatannya. Namun Zarco menghemat umur bannya di tahap penutupan balapan dan melewati Lüthi di tikungan kedua pada putaran terakhir untuk meraih kemenangan kedelapan kalinya di musim ini. Niccolò Antonelli memulai balapan Moto3 dari posisi terdepan tetapi terlibat dalam duel multi-pembalap yang menyebabkan pemimpin bertukar tangan di hampir setiap putaran putaran. In the end, Miguel Oliveira akhirnya menempatkan rekan setimnya Brad Binder di belakang lurus dan menyalipnya di tikungan terakhir. Oliviera menangkis Binder untuk memenangkan balapan kelimanya dalam musim. Danny Kent berpeluang memenangkan Kejuaraan Pembalap di Sepang jika dia berada di posisi kelima terlepas dari mana Oliviera datang tetapi tidak dapat melakukannya ketika dia menempati posisi ketujuh.

Konsekuensi dari balapan tersebut membuat Lorenzo kini tertinggal tujuh poin dari Rossi di Kejuaraan Pembalap dan Márquez mempertahankan posisi ketiga meski sudah mundur. Kemenangan Pedrosa membuatnya naik ke posisi keempat setelah Andrea Iannone mundur dari radiator yang bocor pada lap kedua balapan. Dalam Kejuaraan Tim, Yamaha meningkatkan keunggulan mereka yang tak terbantahkan menjadi 200 poin atas Honda dan Ducati mempertahankan posisi ketiga meski kedua pembalapnya tidak mencapai akhir acara. Tech 3 dan Suzuki menyelesaikan posisi lima besar. Yamaha masih memimpin Kejuaraan Konstruktor dengan 382 poin; Honda dan Ducati berada di urutan kedua dan ketiga dengan satu putaran tersisa di musim ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MotoGP Malaysia 2015 – Motor Sport Magazine Database". Motorsportmagazine.com. 13 Juni 2017. Diakses tanggal 5 Oktober 2018. 
  2. ^ Mitchell, Malcolm. "Program Kelas MotoGP 2015 (FIM Grand Prix World Championship) – The Motor Racing Programme Covers Project". Progcovers.com. Diakses tanggal 5 Oktober 2018. 
  3. ^ Mitchell, Malcolm. "Sepang International Circuit – The Motor Racing Programme Covers Project". Progcovers.com. Diakses tanggal 5 Oktober 2018. 
Lomba sebelumnya:
Grand Prix Australia 2015
Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM
musim 2015
Lomba sesudahnya:
Grand Prix Valencia 2015
Lomba sebelumnya:
Grand Prix Malaysia 2014
Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Lomba sesudahnya:
Grand Prix Malaysia 2016