Grand Prix Beograd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Beograd
Taman Kalemegdan
Informasi lomba
Panjang sirkuit2.79 km (1.74 mi)
Jarak tempuh139.55 km (87.00 mi)
Lap50
Balapan terakhir (1939)
Pole position
Podium
Lap tercepat
  • 0:01':14.4'

Grand Prix Beograd adalah ajang balapan Grand Prix yang pernah diadakan pada hari Minggu tanggal 3 September 1939 di kota Beograd yang pada masa itu menjadi ibu kota Yugoslavia. Dalam ajang tersebut, terdapat lima pengemudi yang turut serta - dua pengemudi dari tim Mercedes-Benz dengan mobil Silver Arrows, dua pengemudi Auto Union dan seorang pengemudi Bugatti. Ajang ini dimenangkan oleh Tazio Nuvolari dari tim Auto Union.[1]

Sirkuit yang digunakan dalam ajang ini mengitari Benteng Beograd yang dikenal dengan sebutan "Kalemegdan". Balapan dimulai di pintu masuk Kalemegdan dari Jalan Knez Mihailova di dekat kafana "Srpska Kruna" (kini merupakan lokasi Perpustakaan Kota Beograd). Rutenya lalu mengarah ke utara melewati jalan Maršala Pilsudskog (kini Tadeuša Košćuškog) hingga Jalan Dušanova di kawasan Dorćol. Rutenya lalu berbelok ke kiri di sebelah institut tempat penjahitan seragam militer, dan kemudian terus berlanjut mengitari benteng dan Menara Nebojša di sepanjang tepi kanan Sungai Sava. Setelah mencapai permulaan jalan Karađorđeva di kawasan Savamala, rute berbelok lagi ke kiri di sebelah kedutaan besar Prancis, dan kemudian menaiki Jalan Knez Mihailov Venac (kini Jalan Pariska) dan akhirnya kembali ke "Srpska Kruna".

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard Armstrong (27 March 2007). "Unfinished Symphony: Why the 1939 European Championship was never won". 8W. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-30. Diakses tanggal 2018-01-08.