Benteng Beograd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerbang Zindan di Benteng Beograd.

Benteng Beograd adalah sebuah benteng bersejarah yang terletak di pusat kota Beograd, ibu kota Serbia. Walaupun beberapa bagian temboknya berasal dari zaman Romawi, struktur dasar benteng ini dibangun pada awal abad ke-15. Pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18, benteng ini diperluas dengan ditambahkannya selekoh.

Benteng yang merupakan salah satu markah tanah kota Beograd ini pernah diperebutkan oleh negara-negara besar di Eropa Tengah, yaitu Monarki Habsburg dan Kesultanan Utsmaniyah, sehingga kepemilikannya berganti tangan beberapa kali. Saat meletusnya Pemberontakan Serbia Pertama untuk mengusir Turki, orang-orang Serbia berhasil menaklukan benteng ini pada tahun 1807, tetapi setelah pemberontakan dipadamkan benteng ini kembali dikuasai oleh Kesultanan Utsmaniyah hingga tahun 1867.

Benteng Beograd terletak di atas bubungan setinggi 125,5 meter[1] dan menghadap ke Pulau Perang Besar dan pertemuan antara Sungai Sava dengan Donau. Benteng Beogar merupakan salah satu tujuan pariwisata kota. Objek wisatanya meliputi peninggalan tembok, selekoh, menara, monumen-monumen, dua gereja, dan museum sejarah militer. Selain itu, di sekeliling benteng ini terdapat pula Taman Kalemegdan Besar dan Kecil serta Kebun Binatang Beograd.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Statistical Yearbook of Belgrade 2007 - Topography, climate and environment" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-10-07. Diakses tanggal 2017-03-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]