Goffredo d'Altavilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Goffredo dari Hauteville (juga Gottfried, Godfrey, Goffredo, atau Gaufrido; skt. 1020-1071) merupakan seorang pemimpin militer Norman, putra bungsu kedua Tancredi dari Hauteville dan istri pertama Muriella. Dia bergabung dengan saudara-saudaranya di Mezzogiorno pada sekitar tahun 1053, tiba dengan saudara tirinya Mauger dan William. Dia tentu saja hadir di Pertempuran Civitate pada tahun itu.

Pada tahun itu, Umfredo, saudaranya Comte Puglia, masing-masing memberi Mauger dan Guglielmo Capitanate dan Principat dengan gelar comte. Ketika Mauger meninggal kemudian pada dekade itu (tahun 1054, menurut Goffredo Malaterra), county tersebut menyerahkannya kepada Guglielmo, yang memberikannya kepada Goffredo. Pada tahun 1059, saudaranya Robert Guiscard, penerus Umfredo atas Goffredo, yang lebih tua, tetapi belum lama ada di selatan, membantunya menumpas pemberontakan di Capitanate. Dia juga memerintah wilayah di sekitar Loritello, tempat putranya Robert ditempatkan sebagai comte, dan dia memperluas wilayah kekuasaannya menjadi wilayah paus, menaklukkan Gissi di Abruzzi. Kematiannya menimbulkan kekacauan. Breve Chronicon Northmannicum menyatakan, atas wewenang Goffredo Malaterra, bahwa ia meninggal pada tahun 1063, tetapi penulis sejarah tampaknya bingung oleh banyaknya Goffredo pada periode itu. Dia mungkin meninggal pada sekitar tahun 1071.

Dia telah menikah di Normandia dan memiliki tiga orang putra dari ikatan tersebut: Robert yang disebutkan di atas; Ralph, yang mewarisi Catanzaro; dan Guglielmo, yang mewarisi Tiriolo. Di Mezzogiorno, dia menikah, seperti saudara tertuanya Guillaume berlengan Besi, keponakan Pangeran Guaimar II dari Salerno, Theodora dari Capaccio, putri Pandulf, Lord Capaccio, saudara Guaimar. Dari pernikahan kedua ini lahir setidaknya seorang putra yang bernama Tancredi, yang masih hidup pada tahun 1103 dan 1104. Dia juga memiliki seorang putra, yang tidak diketahui asal usul, bernama Drogo atau Tasso .

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Chalandon, Ferdinand. Histoire de la domination normande en Italie et en Sicile. Paris, 1907.
  • Norwich, John Julius. The Normans in the South 1016-1130. Longmans: London, 1967.