Tancredi d'Altavilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diduga patung Tancredi dari Hauteville di sisi utara Katedral Coutances. Ini adalah patung pengganti tahun 1875 yang rusak dalam Revolusi Prancis.

Tancredi dari Hauteville (980 – 1041) merupakan seorang lord Norman dari abad ke-11 tentang siapa yang sedikit diketahui. Kepentingan historisnya sepenuhnya berasal dari prestasi putra-putranya dan keturunan berikutnya. Dia adalah seorang bangsawan kecil di dekat Coutances, Cotentin.

Berbagai legenda muncul tentang Tancredi yang tidak memiliki bukti pendukung kontemporer yang telah bertahan selama berabad-abad.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Wangsa Hauteville dikatakan oleh tradisi kemudian merupakan keturunan Hiallt, Norseman aktif selama tahun 920, yang berjasa dengan mendirikan desa Hialtus Villa (Hauteville) di Cotentin, Normandie.[1][2] Tancredi diduga berasal dari keturunan Hiallt, dari siapa desa Hauteville dan keluarga itu mengambil nama mereka. Ini tidak dapat diidentifikasi dengan pasti, dan beberapa pakar modern lebih menyukai Hauteville-la-Guichard atas Hauteville di Cotentin.[3]

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Dengan kedua istrinya, ia memiliki dua belas orang putra dan beberapa orang putri, hampir semuanya meninggalkan Normandie ke Italia Selatan dan memperoleh beberapa keunggulan di sana.

Dengan istri pertamanya, Muriella, ia memiliki lima orang putra dan seorang putri:

Menurut penulis sejarah Italia dari prestasi Norman di selatan, Amatus dari Montecassino, Tancredi adalah seorang pria yang secara moral lurus, yang tidak akan melanjutkan hubungan yang penuh dosa dan tidak dapat juga menjalani kehidupannya dalam selibat sempurna, ia menikah lagi.

Lambang Hauteville

Dengan istri keduanya, Fressenda (atau Fredesenda),[4] ia memiliki tujuh orang putra lainnya dan setidaknya seorang putri:

Tancredi dari Hauteville lainnya[sunting | sunting sumber]

Cicit Tancredi, yang juga memiliki nama yang sama, Tancredi, Pangeran Galilea, adalah seorang pemimpin Perang Salib Pertama. Garis keturunan itu adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hill, James S. The place-names of Somerset. St. Stephen's printing works, 1914, Princeton University. Page 256
  2. ^ Revue de l'Avranchin et du pays de Granville, Volume 31, Issue 174, Parts 3-4. Société d'archéologie, de littérature, sciences et arts d'Avranches, Mortain, Granville. the University of Michigan.
  3. ^ Stanley Ferber, Islam and the Medieval West, vol. 2 (1979), p. 46: "the sons of Tancred of Hauteville-le-Guichard, a petty landowner in Normandy..."
  4. ^ The New Cambridge Medieval History: Volume 4, C.1024-c.1198, Part II, ed. David Luscombe and Jonathan Riley-Smith, (Cambridge University Press, 2004), 760.