Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA
NASA logo.svg
NASA Goddard Space Flight Center Aerial view 2010 facing south.jpg
Tampak atas dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard (2010)
Tentang Lembaga
Tanggal Pembentukan 1 Maret 1959
Pendahulu Pusat Luar Angkasa Beltsville
Yurisdiksi Pemerintah federal Amerika Serikat
Kantor pusat Greenbelt, Maryland, Amerika Serikat
Karyawan 10.000 pegawai sipil dan kontraktor
Eksekutif Christopher Scolese, Direktur
George Morrow, Deputi Direktur
Lembaga Induk NASA
Lembaga turunan Fasilitas Penerbangan Wallops
Institut Goddard untuk Penelitian Luar Angkasa
Situs web
www.nasa.gov/goddard
Peta
Gsfc-campus.png
Peta Goddard

Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard (bahasa Inggris: Goddard Space Flight Center, disingkat GSFC) adalah sebuah laboratorium penelitian ruang angkasa NASA utama yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1959 sebagai pusat penerbangan angkasa pertama NASA.[1] GSFC mempekerjakan sekitar 10.000 pegawai negeri sipil dan kontraktor, dan berlokasi sekitar 6,5 mil (10,5 km) timur laut Washington, D.C. di Greenbelt, Maryland, Amerika Serikat. GSFC, salah satu dari sepuluh pusat bidang utama NASA, merupakan nama pengakuan dari Dr. Robert H. Goddard (1882–1945), pelopor propulsi roket modern di Amerika Serikat.

GSFC adalah organisasi gabungan ilmuwan dan insinyur terbesar di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai bumi, tata surya, dan alam semesta melalui pengamatan dari luar angkasa. GSFC merupakan laboratorium besar AS untuk mengembangkan dan mengoperasikan pesawat ruang angkasa tak berawak ilmiah. GSFC melakukan penyelidikan ilmiah, pengembangan dan pengoperasian sistem ruang angkasa, serta pengembangan teknologi yang terkait. Ilmuwan Goddard dapat mengembangkan dan mendukung misi, serta insinyur dan teknisi Goddard dapat merancang dan membangun pesawat ruang angkasa untuk misi itu.

GSFC juga mengoperasikan dua jaringan pelacakan penerbangan luar angkasa dan data akuisisi (Space Network dan Near Earth Network), mengembangkan dan memelihara sistem informasi data ilmu bumi dan luar angkasa lanjutan, serta mengembangkan sistem satelit untuk Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA).

GSFC mengelola operasi dan misi internasional NASA, seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble (HST), program Explorer, program Discovery, Sistem Observasi Bumi (EOS), INTEGRAL, MAVEN, OSIRIS-REx, Observatorium Matahari dan Heliosfer (SOHO), Observatorium Dinamika Matahari (SDO), Rossi X-ray Timing Explorer (RXTE), dan Swift. Misi masa lalu yang dikelola oleh GSFC termasuk Observatorium Sinar Gama Compton, SMM, COBE, IUE, dan ROSAT.

Tampak panorama dari Pusat Pengunjung di Pusat Penerbangan Luar Angkasa, dengan bagian atas roket Delta terlihat di belakang bangunan utama dan toko hadiah berada di sebelah kanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pusat Penelitian Langley, akan tetapi, merupakan pusat lapangan tertua NASA

Pranala luar[sunting | sunting sumber]