Gita Lenz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gita Lenz (Oktober 1910–Januari 20, 2011) adalah seorang fotografer asal Kota New York, Amerika Serikat. Gaya fotonya beragam mulai dari humanis hingga ke abstrak.

Kehidupan pribadi dan masa awal karier[sunting | sunting sumber]

Selama lebih dari enam puluh tahun, Gita Lenz tinggal di Greenwich Village, di antara Carmine dan 7th Avenue. Selama hidupnya, ia menikah dua kali. Suami pertamanya, George Zoul, meninggal ketika ikut dalam Perang Saudara Spanyol melawan pasukan Franco. Ia menikah dengan suami keduanya, Richard Lenz, pada 1940. Ia kemudian menceraikannya delapan belas bulan kemudian. Mereka tidak memiliki anak dari pernikahan tersebut.

Ia merupakan fotografer amatir di tahun 1940-an. Ia berusaha keras untuk menemukan pekerjaan profesional dari klien komersial dan editorial dan cukup sukses selama tahun 50-an dan 60-an. Topik yang disukai oleh Lenz adalah kota dan kehidupan urban dan lingkungan di sekitarnya. Gaya ini merupakan fotografi dokumenter sosial, yang mirip dengan gaya Walker Evans dan Helen Levitt,[1] yang merupakan fokus awalnya sebelum ia beralih pada fotografi abstraksi. Namun, pada akhirnya fotografi seni rupa-lah yang sangat ia sukai.

Tautan[sunting | sunting sumber]

  • Gordon Stettinius (2011) Gita Lenz: New York Views. The mid-century photographer’s long neglected work is gaining new recognition. Places Journal April 2011. [1] Diarsipkan 2023-03-04 di Wayback Machine.
  • Gordon Stettinius: Gita Lenz Blog [2] Diarsipkan 2011-05-15 di Wayback Machine.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vince Aletti, Gita Lenz, New Yorker, November 1, 2010