Gilbert du Motier de La Fayette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk pengertian lain, silakan lihat Lafayette
Marquis de La Fayette
Marquis de La Fayette

Marie-Joseph Paul Yves Roch Gilbert du Motier, marquis de la Fayette (6 September 175720 Mei 1834), adalah seorang bangsawan Prancis pada satu ketika, dan perwira militer yang terlibat dalam Revolusi Amerika dan Revolusi Perancis.

Ia berdinas dalam Perang Kemerdekaan Amerika Serikat sebagai jenderal dan diplomat, bertugas tanpa dibayar dalam kedua peran itu, dan ia diingat karena dialah yang merancang Deklarasi HAM, yang kelak akan diadopsi oleh Assemblée nationale constituante pada 26 Agustus 1789.

Didakwa oleh Marat atas pertanggungjawaban pada "Pembantaian Champ de Mars", sehingga kemudian ia kehilangan peran utamanya dalam revolusi itu. Pada 19 Agustus 1792, Partai Jacobin memegang kendali Paris dan Majelis Nasional, memerintahkan penahanan Lafayette. Ia melarikan diri dari Perancis dan ditahan oleh pasukan Austria di Belgia. Kemudian, ia menghabiskan waktu 5 tahun di berbagai penjara di Austria dan Prusia. Ia dibebaskan pada tahun 1797; namun, Napoleon Bonaparte kelak takkan mengizinkannya kembali ke negerinya selama beberapa taun. Ia terus aktif dalam kancah perpolitikan Perancis dan Eropa hingga kematiannya pada 1834.