Get Out (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Get Out
Get Out Jordan Peele Poster.jpg
Poster film Get Out
SutradaraJordan Peele
ProduserJason Blum
Sean McKittrick
Edward H. Hamm Jr.
Jordan Peele
SkenarioJordan Peele
PemeranDaniel Kaluuya
Allison Williams
Bradley Whitford
Caleb Landry Jones
Stephen Root
Lakeith Stanfield
Catherine Keener
MusikMichael Abels
SinematografiToby Oliver
PenyuntingGregory Plotkin
Perusahaan
produksi
Blumhouse Productions
Monkeypaw Productions
QC Entertainment
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
Durasi
104 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$4,5 juta[2]
Pendapatan kotor$255.457.364[2]

Get Out adalah film horor misteri thriller Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Jordan Peele dan diproduseri oleh Jason Blum, Sean McKittrick, Edward H. Hamm Jr. dan Jordan Peele. Naskah film ini ditulis oleh Jordan Peele. Film ini dibintangi oleh Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Caleb Landry Jones, Stephen Root, Lakeith Stanfield dan Catherine Keener.

Film Get Out ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 24 Januari 2017 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 2017.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang fotografer berkulit hitam bernama Chris Washington (Daniel Kaluuya) terpaksa menyetujui keinginan kekasihnya yang berkulit putih, Rose Armitage (Allison Williams), untuk bertemu dengan orang tua dari sang kekasih. Chris tidak yakin mereka tidak menyambutnya dengan hangat. Dalam perjalanan menuju perumahan di kawasan pedesaan yang terpencil, mereka menabrak seekor rusa dan menghentikan mobilnya. Setelah memanggil polisi untuk melaporkan kejadian tersebut, seorang polisi berkulit putih tampaknya menggambar sketsa wajah Chris. Rose menengahi dan pertemuan tersebut tidak tercatat lagi.

Chris bertemu dengan orang tua Rose, Dean (Bradley Whitford), seorang dokter bedah saraf, dan Missy (Catherine Keener), seorang hipnoterapis. Mulanya, semua orang mencoba membuat Chris merasa diterima. Namun, terjadi kesalahan dan kekacauan ketika Chris bertamu di rumah orang tua Rose. Pengurus rumah tangga berkulit hitam yang tidak stabil, Georgina (Betty Gabriel), mengganggu Chris dan merusak charger ponselnya. Malam itu, setelah kejadian aneh di luar dengan penjaga pintu berkulit hitam, Walter (Marcus Henderson), Missy melihat Chris kembali dan menawarkan terapi dengan alasan menghilangkan kebiasaan Chris yang merokok setelah mengutuknya sebelumnya. Chris menghiburnya. Kecelakaan mobil yang dialami ibu kandung Chris hingga meninggal dunia menjadi topik utama sesi tersebut. Diam-diam, Missy menghipnotis Chris. Chris merasa dirinya terjatuh dari kursi, lumpuh dalam kehampaan yang Missy sebut "tempat yang terpendam". Chris terbangun keesokan paginya, percaya bahwa ia mengalami mimpi buruk, tetapi kemudian menyadari bahwa Missy telah menghipnotisnya untuk berhenti merokok.

Semua orang tiba di acara tahunan keluarga Armitage, di mana Rose lupa memperingatkan Chris bahwa ia akan bertahan. Chris bertemu dengan Logan (Lakeith Stanfield), seorang pria kulit hitam pengganggu yang dirasa kenal dan berkencan dengan banyak wanita kulit putih yang jauh lebih tua. Beberapa pasangan tua yang berkulit putih memandang aneh Chris dan membuat komentar yang tidak nyaman, seperti mengklaim telah "mengenal Tiger Woods", "sosok pria berkulit hitam yang bermode" atau "sosok pria berkulit hitam pujaan". Chris memanggil sahabatnya, petugas Administrasi Keamanan Transportasi (Transportation Security Administration atau TSA) berkulit hitam Rod Williams (Lil Rel Howery), tentang perilaku mereka yang tidak biasa dan hipnotisnya. Diam-diam, ia memotret Logan, tetapi sorotan lampu ponselnya menyebabkan Logan mimisan, menjadi histeris dan dengan putus asa, Logan berteriak "keluar" dan menyerang Chris. Dean mengklaim Logan menderita kejang epilepsi. Merasa curiga, Chris mengajak Rose jalan-jalan dan karena kecurigaannya bertambah, Chris membujuknya untuk mengakhiri waktu mereka menginap di rumah orang tua Rose. Sementara itu, Dean mengadakan pelelangan misterius di tempat lain dengan foto Chris yang terpajang.

Ketika berkemas untuk meninggalkan rumah orang tua Rose, Chris mengirimkan foto Logan kepada Rod, yang mengenalnya sebagai kenalan masa lalu dan orang hilang bernama Andre. Chris juga menemukan foto Rose yang berhubungan dengan pria dan wanita sebelumnya, termasuk Andre, Walter dan Georgina, meskipun Rose mengklaim bahwa Chris adalah pacar pertamanya yang berkulit hitam. Khawatir, Chris meminta kunci mobil, tetapi Rose dan seluruh keluarganya menghalangi Chris. Chris berkelahi namun ia tidak mampu karena hipnotisnya dari Missy. Dihadapkan dengan sebuah konspirasi besar namun tidak sepenuhnya mencengkeramnya, Rod pergi ke polisi namun ia dicemooh.

Reuni keluarga Armitage sebenarnya merupakan sebuah masyarakat rahasia yang berkumpul untuk "mengumpulkan" korban. Diikat di sebuah kursi, Chris dipersembahkan oleh kakek Rose di video, seorang dokter bedah saraf lain yang mengumumkan bahwa keluarga tersebut telah menyempurnakan metode keabadian semu. Dean melakukan transplantasi otak dari teman-temannya yang tua dan berkulit putih ke dalam tubuh orang kulit hitam yang lebih muda, yang dipilih oleh Rose dan disiapkan oleh Missy melalui hipnotisnya. Sepotong otak dari tiap korban tetap tidak terbaca dan akhirnya dibuang ke "tempat yang terpendam" ketika sang tuan rumah mengendalikan mereka. Jim Hudson (Stephen Root), seorang pedagang seni yang buta, menginginkan tubuh Chris sehingga ia bisa kembali melihat. Ketika ditanya "mengapa orang berkulit hitam?", Jim dengan lantang menjawab bahwa setiap orang memiliki alasan sendiri, aspek kegelapan yang mereka hadapi dalam hidup yang mereka inginkan dengan senang hati. Chris menutup telinganya dengan gumpalan kapas yang diambil dari kursi duduknya, menghalangi perintah hipnotis yang membuatnya tidak sadarkan diri. Ketika saudara laki-laki Rose, Jeremy (Caleb Landry Jones), datang untuk mengangkat Chris untuk dibawa ke ruang operasi, Chris lolos, membunuh Jeremy, Dean dan Missy.

Ketika Chris keluar dari rumah, Chris memukul Georgina. Rasa bersalah atas kematian ibu kandungnya memaksa Chris membawa Georgina bersamanya, tetapi Georgina (yang tubuhnya dicuri oleh nenek, seperti tubuh Walter yang dicuri oleh kakek Rose) langsung menyerangnya sehingga menyebabkan kecelakaan dan meninggal dunia. Rose dan "Walter" menyusul mereka, tetapi Chris menggunakan sorotan lampu ponselnya untuk membebaskan Walter yang sebenarnya, seperti pada Logan sebelumnya. Walter langsung memutar senapan Rose ke arah Rose dan menembak perut Rose, lalu ia menembak kakek Rose dan dirinya sendiri di kepala. Chris mencekik Rose, tetapi ia tidak mampu memaksa dirinya untuk membunuh Rose saat mobil polisi berhenti. Rose berteriak meminta bantuan, berharap Chris terlihat sebagai penyerangnya, tetapi Rod keluar dari mobil tersebut. Ia dan Chris pergi saat Rose terkapar karena luka tembaknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Get Out mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 99%, berdasarkan 326 ulasan, dengan rating rata-rata 8,3/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 48 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Get Out mendapatkan $176.040.665 di Amerika Utara dan $79.416.699 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $255.457.364, melebihi anggaran produksi film $4,5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $33.377.060, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Get Out (15)". British Board of Film Classification. March 7, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ a b c d "Get Out (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  3. ^ Pederson, Erik (October 4, 2016). "'Get Out': Universal Dates Jordan Peele's Blumhouse Chiller & Unleashes Trailer". Deadline.com. Diakses tanggal October 4, 2016. 
  4. ^ "Get Out (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  5. ^ "Get Out reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]