Gereja Yesuit, Luzern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Yesuit
Gereja Paroki dan Gereja Biara Yesuit Santo Fransiskus Xaverius, Luzern
Jerman: Jesuitenkirche St. Franz Xaver
Gereja Yesuit, Luzern
LokasiLuzern
NegaraSwiss
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Fransiskus Xaverius
Tanggal konsekrasi1677
Arsitektur
StatusGereja Paroki
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Peletakan batu pertama1666
Selesai1677
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Chur
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Joseph Maria Bonnemain

Gereja Yesuit, Luzern (Jerman: Jesuitenkirche St. Franz Xaver) adalah sebuah gereja paroki Katolik di Luzern, Swiss.[1] Gereja ini merupakan gereja besar bergaya Barok pertama yang dibangun di Swiss sebelah utara Pegunungan Alpen. Gereja ini berada di bawah yurisdiksi Keuskupan Chur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ordo Yesuit, yang didirikan oleh Ignatius dari Loyola pada tahun 1534, merupakan peserta aktif dalam Kontra-Reformasi, perjuangan Katolik melawan kelahiran Protestanisme. Para reformis Protestan seperti Zwingli di Zurich dan Calvin di Jenewa membagi wilayah Swiss yang didominasi Katolik. Sebagai tanggapan, para Yesuit dipanggil ke Luzern oleh dewan kota pada tahun 1573 untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi. Ludwig Pfyffer, walikota Luzern, menawarkan dukungan keuangan tahunan kepada para Yesuit dari dana pribadinya. Kolese Yesuit Luzern didirikan pada tahun 1577 di Istana Ritter, sebuah bangunan yang awalnya didirikan pada tahun 1557 sebagai kediaman walikota Lux Ritter.

Pembangunan gereja terkait dimulai pada tahun 1667. Pada tahun 1673 cangkang gereja dan fasad utama telah selesai dibangun. Gereja ini ditahbiskan pada tahun 1677, meskipun interiornya belum selesai dibangun. Beberapa altar samping masih hilang dan bahkan altar tinggi baru didirikan empat tahun kemudian, karena masalah keuangan. Menara dengan puncak bawang baru selesai dibangun pada tahun 1893. Kubah tersebut didekorasi ulang pada pertengahan abad ke-18. Jubah asli Bruder Klaus, seorang pelindung Swiss yang terkenal, disimpan di kapel bagian dalam.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Panduan Petualangan ke Swiss. ISBN 9781588433695. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°03′04″N 8°18′18″E / 47.051°N 8.305°E / 47.051; 8.305