Gereja Santa Priska di Taxco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Santa Priska di Taxco
Parroquia de Santa Prisca y San Sebastían
Fasad
LokasiTaxco
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
GayaBarok Spanyol Baru
Peletakan batu pertama1751
Selesai1759
Spesifikasi
Bahan bangunanBatu

Parroquia de Santa Prisca y San Sebastían, umumnya dikenal sebagai Gereja Santa Priska, adalah sebuah gereja Katolik yang menjadi monumen kolonial yang terletak di kota Taxco de Alarcón, di negara bagian selatan Guerrero, Meksiko, dibangun antara tahun 1751 dan 1759. Gereja ini terletak di sisi timur alun-alun utama Taxco.[1]

Pembangunannya diperintahkan oleh José de la Borda, salah satu pemilik tambang paling makmur di wilayah Taxco pada abad ke-18. Dari tahun 1758 hingga 1806, bait suci tersebut merupakan bangunan tertinggi di Meksiko, tetapi dikalahkan oleh Gereja Our Lady of Mount Carmel di Kota San Luis Potosí. Gereja Santa Priska dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari bahasa Spanyol Baru Churrigueresque.[2]

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Santa Prisca de Taxco, representasi utama barok Spanyol Baru di Taxco.

Gereja ini dibangun antara tahun 1751 dan 1759 oleh José de la Borda (ca. 1700–1778), yang telah menghasilkan banyak uang di tambang perak yang mengelilingi kota. Namun, terlepas dari kekayaannya, kemewahan gereja hampir membuatnya bangkrut.[3] Pembangunan gereja Santa Priska di Taxco berlangsung selama 15 tahun dan ditujukan untuk menciptakan ruang di mana pendeta Manuel de la Borda—putra José de la Borda, dermawan dan pendiri paroki — bisa memimpin misa.

Meskipun dia baru tiba di Taxco sekitar tiga puluh lima tahun sebelum pembangunan tempat ziarah Santa Priska, José de la Borda sudah menjadi salah satu tokoh terpenting dalam mineral, itulah sebabnya Keuskupan Agung Meksiko mengizinkannya untuk mendirikan paroki seluruh selera Anda.

Cayetano José de Siguenza menggambar denah dalam bentuk salib Latin yang sangat sempit karena kondisi tanah dan arsitek Diego Durán Berruecos membangunnya antara tahun 1751 dan 1759.[4][5] Altar dirancang oleh Bruder Isidoro Vicente dan Luis de Balbás (anak angkat Jerónimo, master Churrigueresque Meksiko) yang memanfaatkan struktur bangunan untuk menelusuri kapak simbolis dan religius.[4]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Paroki ini terletak di sebuah lubang kecil sehubungan dengan sisa kota Taxco yang diratakan secara artifisial. Gereja memiliki denah salib Latin, dengan nave samping yang berfungsi sebagai kapel untuk altar Jiwa dan tribun di jalan dengan ribbed vaults Gotik dengan tiercerons dengan kunci utama yang dihias yang menyamarkan akses ke Sagrario (tempat perlindungan). Ia memiliki dua menara kembar dengan gaya Churrigueresque dan sebuah kapel yang didekorasi dengan Talavera azulejos, karakteristik dari Arsitektur Spanyol Baru.

Fasad utama berorientasi ke barat seperti kebiasaan, dan di dalamnya pilaster klasik digabungkan dengan kolom Solomon yang digunakan pada abad ke-17, yang digabungkan dengan poster, gulungan, pita, dedaunan, ceruk dengan orang suci, perisai, titik berlian, dll. . sampai pada kelimpahan elemen.[4]

Dengan demikian, terlihat bagaimana karya tersebut memiliki arti vertikalis dan dominan yang besar. Menara tinggi bergaya Churrigueresque dibuat dengan sangat baik di bagian atasnya untuk membiarkan alas yang berfungsi sebagai penopang visual untuk membingkai portal meja altar. Beginilah bagian depan memiliki bahasa komposisi arsitektural yang khas pada masanya, dengan kolom silinder di bagian bawah dan kolom bengkok di bagian atas.

Santa Priska memiliki sembilan meja altar dari lantai ke langit-langit, dikerjakan dari kayu dan dilapisi dengan daun emas. Gaya altarpieces membentuk satu kesatuan dengan ansambel arsitektural, yaitu sampel Barok Spanyol Baru pertengahan abad ke-18. Altar utama didedikasikan untuk Immaculate Conception dan santo pelindung kota Taxco de Alarcón: Santa Priska dan Santo Sebastianus. Ini terlihat seperti riam ukiran yang ditumpangkan di mana struktur tektonik dan komposisinya hilang, meninggalkan keseluruhan yang ingin ditampilkan secara keseluruhan alih-alih dibagi menjadi beberapa bagian. Di kapel transept kuil terdapat dua altar penting lainnya, satu didedikasikan untuk Bunda Maria dari Guadalupe dan yang lainnya untuk Perawan Rosario.

Tema sentral dari konstruksi adalah: santo pelindung Santa Priska, Santo Sebastianus, penginjil, cangkang (yang melambangkan baptisan Yesus), daun salam (yang melambangkan kemenangan iman) dan anggur, yang melambangkan darah. Kristus. Di dalamnya terdapat lukisan oleh Miguel Cabrera, yang disebut "yang ilahi", seorang pelukis Oaxacan yang lahir pada abad ke-17, kepada siapa José de la Borda menugaskan lukisan yang menghiasi gedung . Di gereja ini Miguel Cabrera melukis Kemartiran St. Sebastian, Kemartiran St. Priska, dan juga Asumsi besar yang masih tergantung di sakristi.[6]

Dokumen tertua dari arsip paroki berasal dari tahun 1598.

Legenda Santa Priska[sunting | sunting sumber]

Ada legenda yang terkait dengan Gereja Santa Priska. Saat sedang dalam konstruksi, José de la Borda meninggalkan Taxco untuk urusan bisnis ke Guanajuato, menyerahkan pekerjaan konstruksi kepada para pembangun. Segera setelah Borda pergi, langit yang dipenuhi awan hitam dan angin dingin menerpa jalanan, bersiul melalui menara gereja yang belum selesai. Gelap dan dingin menakutkan para pekerja saat badai besar mendekat. Tiba-tiba sambaran petir besar menyambar yang menunjukkan siluet hitam yang tidak jelas yang menukik ke bawah ke arah gereja. Kemudian ia menghantam cungkup gereja, meneranginya dengan gemilang. Semua ubin yang menutupi cungkup mulai bersinar dengan cahaya aneh, memungkinkan tulisan "Gloria a Dios en las alturas y paz en la tierra a los hombres de buena voluntad" (Puji Tuhan Yang Maha Tinggi dan damai di bumi bagi manusia dengan itikad baik) agar terlihat jelas. Seluruh kota berlutut untuk berdoa, takut setan yang marah akan menghancurkan gereja. Melayang di sekitar gereja adalah kilatan cahaya dan di atas gereja muncul seorang wanita cantik yang, tersenyum dan dengan wajah damai, menangkap petir berikut di tangannya.[7]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "El brillo de Taxco". Mexico Desconocido Guerrero el Destino del Mundo. Mexico City: Grupo Editorial Impresiones Aéreas. 135: 77–84. May 2007. ISSN 0188-5146. 
  2. ^ Laura Pérez Rosales (1996). Minería y sociedad en Taxco durante el siglo XVIII. Universidad Iberoamericana. hlm. 15. ISBN 9688592641. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-23. Diakses tanggal 2023-06-23. 
  3. ^ Allen, Jim; Jan McHargue. "Silver, Saints, and Sinners: Semana Santa di Taxco, Mexico". Mexconnect. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  4. ^ a b c Fernando Guzmán Schiappacasse, Gloria Cortés Aliaga, Juan Manuel Martínez Silva (2004). Arte y crisis en Iberoamérica: segundas Jornadas de Historia del Arte. RIL Editores. hlm. 27. ISBN 9562843874. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-23. Diakses tanggal 2023-06-23. 
  5. ^ "Cayetano José de Sigüenza". Real Academia de la Historia. Spanyol. 
  6. ^ a b Leslie Bethell (1984). The Cambridge History of Latin America. Cambridge University Press. ISBN 0521245168. 
  7. ^ "Enciclopedia de los Municipios de Mexico-Guerrero:Taxco de Alarcón" (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2009-08- 26. 
  8. ^ Miguel Cabrera. "EL MARTIRIO DE SANTA PRISCA SANTOS". ARCA Arte Colonial.