Gereja Orang Skotlandia, Wina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Orang Skotlandia
Basilika Minor Bunda Orang Skotlandia
Jerman: Basilika Unserer Lieben Frau zu den Schotten
Gereja Orang Skotlandia, Wina
LokasiWina
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Wina
Klerus
Imam yang bertugasRomo Nikolaus Poch o.s.b[1]

Gereja Orang Skotlandia (Jerman: Schottenkirche) adalah sebuah gereja paroki dan basilika minor Katolik yang terletak di Wina, ibu kota Austria. Gereja ini tergabung dalam Schottenstift, yang didirikan oleh orang Irlandia (dalam bahasa Latin Abad Pertengahan scoti), para biarawan Benediktin pada abad ke-12. Pada tahun 1418, Adipati Albert V dari Austria memindahkannya kepada para biarawan Benediktin yang berbahasa Jerman dari Biara Melk selama Reformasi Melker dimulai setelah Dewan Constance.[2] Gereja ini diangkat ke peringkat basilika minor pada tahun 1958.

Schottenkirche terletak di Freyung di distrik pertama Wina Innere Stadt.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Para misionaris Irlandia dari biara-biara di Irlandia dan Skotlandia (Iro-Schotten, Hiberno-Scottish) berperan penting dalam penyebaran agama Katolik di Benua Eropa selama Abad Pertengahan.[3] Yang paling penting di Austria adalah Saint Koloman dari Stockerau (dari Melk) yang dibunuh di dekat Wina pada tahun 1012. biarawan keturunan bangsawan Irlandia yang terbunuh di Stockerau saat melakukan ziarah ke Yerusalem telah menjadi santo pelindung Austria hingga tahun 1663.

Selama abad ke-11 dan ke-12, Biara Iro -Schotten bermunculan, ditujukan khusus untuk para biarawan dari biara-biara di Irlandia dan kepulauan yang sekarang menjadi wilayah Skotlandia. Biara Skotlandia St. Jacob di Ratisbon, dibangun sekitar tahun 1090 oleh Burgrave Otto dari Ratisbon di Ratisbon, menjadi rumah induk dari serangkaian Hiberno lainnya -Biara Skotlandia, di antaranya Bunda Maria di Wina yang dibangun pada tahun 1158.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama adalah gereja pilar Romawi tiga lorong dengan satu apse, hancur akibat kebakaran pada tahun 1276.

Gempa bumi sekitar tahun 1443 merusak parah gereja yang ada di lokasi tersebut. Pemugaran selesai pada tahun 1449 tetapi dilakukan dengan buruk, karena kekurangan uang, dan pada tanggal 21 Mei 1634, atapnya runtuh di hadapan Ferdinand II, Kaisar Romawi Suci.

Runtuhnya menara yang disambar petir pada tahun 1638 dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk membangun kembali gereja dengan gaya Baroque. Dari tahun 1638 hingga 1641, rekonstruksi dilakukan oleh arsitek Carlo Antonio Carlone dan Marco Spazzio. Dari tahun 1643 hingga 1648, Andrea Allio the Old, Andrea Allio the Young dan Silvestro Carlone mengerjakan ulang bagian tengah dan sisi barat.[4][5][6] Dalam prosesnya, panjang gereja agak dikurangi, sehingga menara tidak lagi berdiri tegak di samping basilika.

Setelah pengepungan Turki, gereja dipulihkan kembali.[7] Karena menara barat bergaya barok hampir tidak lebih tinggi dari fasadnya sendiri, perluasannya sering kali dibahas, namun rencana ini telah tidak pernah datang untuk membuahkan hasil. Menara paduan suara baru diresmikan pada tahun 1893.

Interior[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Freyung dan Schottenkirche, dilukis oleh Canaletto pada tahun 1758
Interior Schottenkirche.

Di dalam, gereja sekarang bergaya barok tinggi dengan beberapa kapel. Joachim von Sandrart memberi gereja sebuah altar baru, yang saat ini disimpan di aula wali gereja.

Antara tahun 1883 dan 1889, altar tinggi dibangun berdasarkan sketsa Heinrich Ferstel, dengan mosaik kaca Innsbruck oleh Michael Rieser. Julius Schmid (Austria, 1854–1935) adalah seniman lukisan langit-langit halus.

Hal-hal lain[sunting | sunting sumber]

  • Musisi Barok yang hebat Johann Joseph Fux menjadi organisnya sekitar tahun 1690.[8]
  • Setelah komposer Joseph Haydn meninggal di Wina, sebuah upacara peringatan besar diadakan di Schottenkirche pada tanggal 15 Juni 1809, di mana Requiem K.626 karya Mozart dibawakan.
  • Sutradara film terkenal Fritz Lang lahir di paroki dan dibaptis di Schottenkirche.
  • Putri Maria-Annunciata von Liechtenstein menikah dengan Emanuele Musini di gereja ini pada 4 September 2021

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official Website of the Schottenkirche". 
  2. ^ Die Melker Reform im Spiegel der Visitationen. ISBN 3-486-64830-6. 
  3. ^ Istilah Latin Scotti mengacu pada orang-orang tertentu yang berbahasa Gaelik di Irlandia (Hibernia) dan Skotlandia Barat. Pada awal abad pertengahan Irlandia dikenal, tidak hanya sebagai Éire, tetapi juga sebagai Scotia serta Hibernia, nama Romawi untuk Irlandia. Pada akhir Abad Pertengahan, istilah ini merujuk secara lebih eksklusif pada wilayah yang sekarang disebut Skotlandia.
  4. ^ Storch, Maria-Luise. "Andrea Allio der Ältere". Artis Italia di Austria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 2007-11-19. 
  5. ^ Storch, Maria-Luise. "Andrea Allio der Jüngere". Seniman Italia di Austria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 2007-11-19. 
  6. ^ Menin, Patrizia. "Silvestro Carlone". Artis Italia di Austria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 July 2012. 
  7. ^ Santoro, Nicholas J. Maria dalam Kehidupan Kita: Atlas Nama dan Gelar Maria, Bunda Yesus, dan Tempat Mereka dalam Devosi Maria. iUniverse. ISBN 9781462040223. 
  8. ^ "Johann Joseph Fux | Komposer Austria". Encyclopedia Britannica.