Biara Melk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Biara Melk
Letak: Austria
Luas: Eropa
Arsitek: Jakob Prandtauer
Gaya arsitektur: Baroque

Biara Melk (bahasa Jerman: Stift Melk) adalah sebuah biara Ordo Santo Benediktus yang terletak di atas kota Melk, Austria Hilir, Austria.[1] Di biara ini terdapat makam Santo Coloman dari Stockerau serta jenazah beberapa anggota keluarga Wangsa Babenberg, dinasti pertama yang menguasai Austria.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan pada tahun 1089 setelah Leopold II, Markgraf Austria, menyumbangkan salah satu kastilnya kepada pendeta-pendeta Ordo Benediktus dari Biara Lambach. Sekolah kebiaraan Stiftsgymnasium Melk didirikan pada abad ke-12 dan perpustakaan di biara ini kemudian dikenal akan koleksinya yang besar. Scriptorium di biara ini juga menjadi tempat pembuatan manuskrip yang ternama. Pada abad ke-15, Biara Melk menjadi pusat pergerakan Reformasi Melk yang memperbaharui kehidupan kebiaraan di Austria dan Jerman Selatan.[3]

Biara bergaya Baroque yang berdiri saat ini dibangun dari tahun 1702 hingga 1736 dengan mengikuti rancangan Jakob Prandtauer. Salah satu unsur yang patut diperhatikan adalah gereja biara dengan lukisan dinding karya Johann Michael Rottmayr dan Paul Troger serta perpustakaan dengan banyak sekali koleksi manuskrip dari abad pertengahan.

Berkat reputasinya, Biar Melk tidak dibubarkan selama masa kekuasaan Kaisar Joseph II, sementara pada masa itu banyak biara Austria yang disita dan dibubarkan. Biara ini juga mampu bertahan dari ancaman-ancaman lain, seperti peperangan era Napoleon, dan juga periode setelah Anschluss pada tahun 1938, meskipun pada saat itu sekolah di biara ini ditutup dan banyak benda yang disita oleh negara.

Sekolah Biara Melk kembali berdiri setelah berakhirnya Perang Dunia II dan saat ini mendidik hampir 900 siswa laki-laki dan perempuan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Melk, Niederösterreich". Encyclopedia of Austria. Diakses tanggal 8 January 2013. 
  2. ^ Ellegast, Dr. Burkhard (1998). Melk Abbey. Melk: Stift Melk. p. 51. ASIN B000N48KHS. 
  3. ^ Toke, L. (1911). "Abbey and Congregation of Melk". The Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. Diakses tanggal 8 January 2013.