Lompat ke isi

Gereja Maria Diangkat ke Surga, Qrendi

Koordinat: 35°50′04.0″N 14°27′27.0″E / 35.834444°N 14.457500°E / 35.834444; 14.457500
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Maria Diangkat ke Surga
Gereja Katolik Paroki Maria Diangkat ke Surga, Qrendi
bahasa Malta: Il-Knisja Parrokkjali tal-Assunta
Gereja Maria Diangkat ke Surga, Qrendi
35°50′04.0″N 14°27′27.0″E / 35.834444°N 14.457500°E / 35.834444; 14.457500
LokasiQrendi
NegaraMalta
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.parroccaqrendi.org
Sejarah
Didirikan1620
DedikasiMaria Diangkat ke Surga
Tanggal konsekrasi13 Oktober 1782
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaBarok
Selesai1712
Spesifikasi
Bahan bangunanBatu gamping
Lonceng4 (1712, 1788, 1798)
Administrasi
ParokiQrendi
KeuskupanMalta
Klerus
RektorRomo Glen Buhagiar

Gereja Maria Diangkat ke Surga (Malti Knisja tal-Assunta atau Knisja ta' Santa Marija) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Qrendi, Malta.

Meskipun Qrendi merupakan bagian dari paroki Żurrieq, pada tahun 1575 gereja utamanya didedikasikan untuk Kelahiran Maria. Beberapa waktu kemudian, pada tahun 1594, namun dibangun kembali oleh penduduk desa dan didedikasikan kembali untuk Asumsi Maria. Selama kunjungan pastoral kedua Uskup Baldassare Cagliares dia menyatakan Qrendi sebagai paroki terpisah, menyatukan dua komunitas kecil Ħal Lew dan Ħal Manin. Pemotongan ini terjadi pada tanggal 15 Februari 1618 dengan persetujuan Romo Nicola Bonnici, pastor paroki Żurrieq.

Seperti yang sering terjadi, beberapa tahun setelah sebuah paroki didirikan, gereja yang ditetapkan sebagai gereja paroki menjadi tidak memadai untuk kebutuhan keagamaan sehari-hari umat paroki karena jumlahnya mulai bertambah. Hal ini menimbulkan perlunya modifikasi, perluasan atau penggantian gereja asli, ketika Romo GioMaria Camilleri berpikir untuk membangun gereja baru. Lokasi yang dipilih adalah tanah di mana dua gereja kecil berdiri bersebelahan, satu didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan yang lainnya untuk St Anthony.

Pengerjaan gereja paroki baru dimulai pada tahun 1620, dan dengan sumbangan masyarakat pembangunannya selesai tiga puluh lima tahun kemudian, yaitu pada tahun 1655. Saat gereja masih dibangun dilakukan kunjungan pastoral. Adalah Uskup Miguel Juan Balaguer Camarasa yang, setelah pentahbisannya sebagai Uskup Malta pada bulan Februari 1636, mengunjungi Qrendi, dan kemudian memeriksa gereja paroki dan altarnya. Sakristi sudah didirikan, gereja memiliki tiga pintu dan sepertinya ada rencana untuk memperbesar bangunan.

Pembangunan gereja paroki berlanjut ketika pada tahun 1668 pekerjaan dimulai pada menara tempat lonceng bergantung yang dikenal sebagai 'Tal-Agunija' (Agony), yang membutuhkan waktu sebelas tahun untuk menyelesaikannya. Pada tahun 1679, pada masa pemerintahan pastor paroki Romo Marco Bellia, gereja paroki selesai dibangun.

Dengan kedatangan Romo Domenico Formosa, penduduk asli Qrendi, gereja paroki sekali lagi dirobohkan agar bangunan yang lebih luas dapat dibangun. Rencana pembangunan gereja baru ini merupakan hasil karya Lorenzo Gafà yang sangat berpengalaman dan cakap.

Don Domenico tampaknya cukup menjadi inspirasi bagi umat parokinya, mungkin juga karena mereka melihat dirinya sebagai penduduk asli desa mereka dan salah satu dari komunitas mereka. Semangatnya menggerakkan penduduk desa untuk memberikan kontribusinya dalam pembangunan gereja yang dimulai pada tahun 1685 dan berlanjut hingga tahun 1691, berhenti selama beberapa tahun dan kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1695. Menurut Ferres yang menulis pada pertengahan abad kesembilan belas, pengorbanan yang dilakukan oleh Qrendin untuk membangun gereja mereka tidak ada bandingannya dalam sejarah Gereja Malta. Salah satu contoh pengorbanan yang ekstrem adalah pastor paroki itu sendiri. Menurut Ferres, pada tanggal 17 Januari 1699 Don Domenico, yang ingin mendorong umat parokinya untuk berbuat lebih banyak dalam pembangunan gereja, berpikir untuk membantu memberikan teladan. Dia menggenggam sebuah batu, meletakkannya di bahunya, dan dengan demikian terbebani menaiki tangga yang panjang. Saat mencapai puncak, ketika Don Domenico menginjak papan perancah, dia tersandung dan jatuh ke tanah dan sekarat di tempat – korban dari semangatnya yang luar biasa. Pekerjaan dilanjutkan dan bangunannya selesai pada tahun 1712.

Gereja ini terdaftar di Inventarisasi Nasional Properti Budaya Kepulauan Malta.[1]

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Gereja Paroki Asumsi" (PDF). Inventarisasi Nasional Kekayaan Budaya Kepulauan Malta. 23 September 2013. Diakses tanggal 19 September 2015. [pranala nonaktif]