Gereja Kolegiat San Isidro, Madrid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Kolegiat San Isidro
Gereja Kolegiat San Isidro, Madrid
Spanyol: Colegiata de San Isidro
Gereja Kolegiat San Isidro
LokasiMadrid
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja Kolegiat
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Madrid

Gereja Kolegiat San Isidro el Real, juga dikenal sebagai colegiata atau gereja perguruan tinggi San Isidore, adalah sebuah gereja kolegiat Katolik yang terletak di tengah Madrid, ibu kota Kerajaan Spanyol. Namanya diambil dari dan menyimpan sisa-sisa santo pelindung Madrid, Isidore sang Buruh, dan istrinya Santa María de la Cabeza. Gereja ini telah menyandang status Gereja Basilika selama berabad-abad.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Pedro Sánchez pada tahun 1620. Konstruksi dimulai dua tahun kemudian, diarahkan oleh arsitek hingga kematiannya pada tahun 1633. Francisco Bautista dan Melchor de Bueras, kemudian melanjutkan pekerjaan, dan menyelesaikan gereja pada tahun 1664. Gereja menggantikan Gereja gereja paroki Santo Petrus dan Santo Paulus (abad ke-16), yang telah dibongkar untuk mendirikan Imperial College, mengikuti instruksi yang ditinggalkan oleh Permaisuri Maria dari Austria, Permaisuri Romawi Suci dalam surat wasiatnya. Permaisuri mewariskan kekayaannya kepada Ordo Jesuit agar gedung baru dapat dibangun di lokasi gereja paroki yang dibongkar.

Gereja ini ditahbiskan pada tanggal 23 September 1651, tiga belas tahun sebelum selesai dibangun. Awalnya dikaitkan dengan Ordo Jesuit dan didedikasikan untuk Fransiskus Xaverius, seorang Yesuit terkemuka dan santo pelindung Misi Katolik. Namun, pada tahun 1767, dengan pengusiran para Yesuit, gedung tersebut menjadi gereja perguruan tinggi.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1769, gereja tersebut didedikasikan kembali kepada Santo Isidore untuk menandai translokasi jenazah santo dari Gereja Santo Andreas. St Isidro adalah santo pelindung kota Madrid dan jenazahnya telah dijaga sejak abad keenam belas di Kapel Uskup di gereja St.Andrew. Peninggalan istrinya Saint Mary of the Head (keluarga) juga dipindahkan. Interiornya kemudian direnovasi oleh arsitek terkenal Ventura Rodríguez, yang merancang mimbar gereja baru yang sangat dekoratif dan altar tinggi.

Pada tahun 1885, dengan berdirinya Keuskupan Agung Madrid, gereja tersebut menjadi pro-katedral kota tersebut. Gereja memegang peringkat tersebut sampai Katedral Almudena saat ini selesai dibangun pada tahun 1993, dan pada saat itu San Isidro kembali ke status perguruan tinggi. Hingga Katedral Almudena selesai dibangun, bangunan tersebut menyimpan gambar Perawan, St. Isidro dan Kristus yang Baik, karya seni oleh Juan de Mesa.

Pada tahun 1936, di awal Perang Saudara Spanyol, bangunan tersebut terbakar, yang menghancurkan banyak karya seni, termasuk altar Ventura Rodríguez, serta lukisan karya Luca Giordano Ricci. Kebakaran juga menyebabkan runtuhnya kubah. Setelah perang, gereja ini dengan susah payah dipugar selama dua dekade, dengan para pemugaran berupaya memulihkan fitur aslinya. Pemugaran ini mencapai puncaknya pada tahun 1960-an dengan munculnya bagian baru pada menara fasad oleh arsitek Javier Barroso. Replika altar tinggi Ventura Rodríguez yang sangat mirip juga dibuat. Pemugaran salah satu kapel (Kapel Bunda dari Gunung Karmel atau Perawan dari Para Pelaut) dibiayai oleh Kedutaan Besar Inggris di Madrid dan Lambang Inggris dapat terlihat jelas di atas altar Bunda Maria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basílica Ex-Catedral de San Isidro". GCatholic.org. Diakses tanggal 10 Februari 2019.