Gereja Keutamaan Santo Petrus, Tabgha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Keutamaan Santo Petrus
Gereja Keutamaan Santo Petrus, Tabgha
Gereja Keutamaan Santo Petrus, Tabgha
LokasiTabgha
Negara Israel
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanPatriarkat Latin Yerusalem

Gereja Keutamaan Santo Petrus' adalah sebuah gereja Katolik yang terletak di Tabgha, Israel, di pantai barat laut Laut Galilea. Gereja ini dikelola oleh Ordo Fransiskan dan dibangun untuk memperingati, dan diduga menandai tempat, Yesus' mengangkat kembali Petrus sebagai pemimpin di antara Para rasul.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Struktur modernnya dibangun pada tahun 1933 dan menggabungkan bagian-bagian dari gereja awal abad ke-4. Di dasar temboknya, di seberang altar utama, terlihat fondasi gereja abad ke-4. Pada abad ke-9, gereja ini disebut sebagai Tempat Batu Bara. Nama ini mengacu pada peristiwa Yesus menyiapkan makanan bagi para rasul, menyalakan api arang untuk memasak ikan. Yang juga pertama kali disebutkan pada tahun 808 adalah "Dua Belas Takhta", serangkaian batu berbentuk hati, yang ditempatkan di sepanjang pantai untuk memperingati Dua Belas Rasul. Gereja ini bertahan lebih lama dibandingkan gereja lain di wilayah tersebut, dan akhirnya dihancurkan pada tahun 1263.[1] Kapel Fransiskan yang sekarang dibangun di lokasi tersebut pada tahun 1933. Gereja ini termasuk dalam rencana perjalanan Paus Paulus VI dan Yohanes Paulus II pada masa kunjungan mereka ke Israel masing-masing pada tahun 1964 dan Maret 2000.

Mensa Christi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini berisi proyeksi batu kapur di depan altar yang sekarang yang dihormati sebagai "Mensa Christi", Latin untuk meja Kristus. Menurut tradisi, ini adalah tempat di mana Yesus konon menyiapkan sarapan berupa roti dan ikan untuk para Rasul, dan menyuruh Petrus untuk "Memberi makan domba-dombaku" setelah tangkapan yang ajaib itu, ketiga kalinya dia menampakkan diri kepada mereka setelah kebangkitan. ([[]] Yohanes:21:1-24) Masih diperdebatkan apakah meja ini, atau yang diabadikan di Gereja Penggandaan terdekat, adalah yang disebutkan oleh peziarah Egeria dalam narasinya tentang Tanah Suci circa 380. Ada juga meja Kristus lainnya yang diabadikan di Gereja Mensa Christi di Nazaret.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 32°52′26″N 35°32′58″E / 32.873929°N 35.549403°E / 32.873929; 35.549403