Gereja Katolik Santo Yusup Bintaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik Bintaran, atau bernama resmi Gereja Katolik Santo Yusup Bintaran adalah sebuah gereja Katolik yang terletak di Bintaran, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, ibu kota Indonesia. Gedung gereja ini didirikan pada 1934 dengan gaya arsitektur Eropa. Rancangan bangunan dibuat oleh J.H. Van Oyen. Gereja ini dibangun  dengan landasan beton, bentuk atapnya melengkung, pada bagian atap depan terdapat lonceng. Di dinding depan terdapat tujuh buah hiasan bulatan dengan lingkaran cincin yang sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara.[1]

Gereja ini merupakan gereja pertama yang diperuntukkan bagi orang-orang pribumi di wilayah Bintaran dan bagian tenggara Kota Yogyakarta. Mgr. Soegiyapranoto pernah menempati gereja ini dan sering menjalin komunikasi dengan para pejabat negara seperti I.J. Kasimo dan Presiden Soekarno.

Bangunan ini telah ditetapkan  sebagai Cagar Budaya melalui Per.Men Budpar RI No. PM25/PW.007/MKP/2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gereja St. Yusup Bintaran". Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses tanggal 9 Januari 2023.