Gereja Katolik Bunda Maria dari Gunung Karmel, Dakhla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Bunda Maria dari Gunung Karmel Dakhla
Gereja Katolik Bunda Maria dari Gunung Karmel di Paroki Dakhla
Gereja Villa Cisneros
Spanyol: Iglesia de Nuestra Señora del Carmen
Gereja Katolik Bunda Maria dari Gunung Karmel Dakhla
LokasiDakhla, Sahara Barat
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda Maria dari Gunung Karmel
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
Administrasi
KeuskupanPrefektur Apostolik Sahara Barat

Gereja Katolik Bunda Maria dari Gunung Karmel (Spanyol: Iglesia de Nuestra Señora del Carmen[1] Prancis: Eglise de Notre Dame du Mont-Carmel) singkatnya Gereja Dakhla[2][3][4] atau sederhananya Gereja Villa Cisneros adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di kota Dakhla[5][6] (disebut sebelum tahun 1975 Villa Cisneros) terletak di wilayah Sahara Barat[7] bersengketa dengan Maroko dan dianggap oleh negara terakhir sebagai bagian dari wilayah tersebut dari Dakhla-Oued Ed-Dahab (الداخلة - وادي الذهب atau region de Dakhla-Oued Ed Dahab).

Gereja ini mengikuti Ritus Romawi atau Ritus Latin. Gereja ini adalah bagian dari Prefektur Apostolik Sahara Barat (Praefectura Apostolica Sahara Occidentali). Prefektur ini didirikan pada tahun 1954 oleh Paus Pius XII dengan bulla Summi Dei voluntate dengan nama Prefektur Apostolik Sahara Spanyol, karena pada saat itu wilayah tersebut merupakan ketergantungan kolonial Spanyol.

Gereja ini dijalankan oleh sekelompok kecil pastor yang bergiliran bertanggung jawab menghadiri gereja ini, selain Katedral St. Fransiskus dari Assisi di Laayoune. Karena dibangun oleh orang-orang Spanyol, kadang-kadang gereja tersebut disebut Gereja Spanyol.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Internet, Unidad Editorial. "Garantes de la Huella española en Dajla | Mundo | elmundo.es". www.elmundo .es. Diakses tanggal 2016-05-09. 
  2. ^ Lendínez, Tomás de la Torre. "Misas desiertas di el Sahara Barat". InfoCatólica. 
  3. ^ "LA IGLESIA DE DAJLA, BIEN PATRIMONIAL SAHARAUI CORRE PELIGRO | REVISTA FUTURO SAHARAUI". futurosahara.blogspot.com. Diakses tanggal 2016-05-09. 
  4. ^ "Una rápida inmersión - Komunikasi Oblat". -. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-16. 
  5. ^ "24 Jam di Ad Dakhla - Sahara Barat | Safari Junkie". Safari Junkie. 
  6. ^ "Marruecos perpetra genocidio culture en el Sáhara Occidental - Generaccion.com". www.generaccion.com. Diakses tanggal 2016-05-09. 
  7. ^ "Kota Semenanjung Dakhla, Sahara Barat -". www.201countries.com. Diakses tanggal 2016-05-09.