Gereja Bunda Maria di hadapan Týn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Bunda Maria di hadapan Týn
Gereja Paroki Bunda Allah di hadapan Týn
bahasa Ceska: Kostel Matky Boží před Týnem
Gereja Bunda Maria di hadapan Týn
50°05′15″N 14°25′22″E / 50.0876°N 14.4227°E / 50.0876; 14.4227Koordinat: 50°05′15″N 14°25′22″E / 50.0876°N 14.4227°E / 50.0876; 14.4227
LokasiKota Tua Praha
Negara Ceko
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.tyn.cz/cz
Sejarah
DidirikanAbad ke-14
Arsitektur
Status fungsionalParoki
Tipe arsitekturGotik
Spesifikasi
Jumlah puncak menara2
Tinggi puncak menara80 meter (260 ft)
Lonceng6
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Praha
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Dominik Duka

Gereja Bunda Allah di hadapan Týn (dalam bahasa Ceko: Kostel Matky Boží před Týnem, juga Týnský chrám (Gereja Týn) atau hanya Týn), sering diterjemahkan sebagai Gereja Bunda Maria di hadapan Týn, adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Kota Tua Praha, ibu kota negara Republik Ceko. Gereja ini dibangun dalam gaya Gotik dan merupakan bangunan dominan dari alun-alun kota tua Praha. Gereja ini telah menjadi gereja utama di bagian kota ini sejak abad ke-14. Kedua menara gereja ini tingginya 80 m, dan masing-masing puncak menara diatapi oleh delapan menara kecil dalam dua lapisan yang terdiri dari empat menara.

Gereja dari timur, dalam cetakan abad ke-19
Altar dari tahun 1649 dengan lukisan karya Karel Škréta

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-11, area alun-alun Kota Tua Praha ditempati oleh sebuah gereja Romanesque, yang dibangun untuk pedagang asing yang datang ke Alun-alun Týn di dekatnya.[1] Gereja itu digantikan oleh Gereja Gotik awal yang didedikasikan untuk Bunda Maria di hadapan Týn pada tahun 1256. Pembangunan gereja yang sekarang dimulai pada abad ke-14. Gereja ini dirancang dengan gaya Gotik akhir di bawah pengaruh Matthias dari Arras dan kemudian Peter Parler. Pada awal abad ke-15, pembangunannya hampir selesai; hanya menara, atap pelana dan atapnya yang hilang. Gereja ini dikendalikan oleh Hussite selama dua abad, termasuk John dari Rokycan, calon uskup agung Praha, yang menjadi vikaris gereja pada tahun 1427. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1450-an, sedangkan atap pelana dan menara utara diselesaikan segera setelahnya pada masa pemerintahan George dari Poděbrady (1453–1471). Patungnya ditempatkan di atap pelana, di bawah piala emas besar, simbol Hussites. Menara selatan baru selesai dibangun pada tahun 1511, di bawah arsitek Matěj Rejsek.

Pertempuran Gunung Putih yang hilang (1620) mengantarkan era rekatolisisasi yang keras (bagian dari Kontra-Reformasi). Akibatnya, patung "raja sesat" George dari Poděbrady dan pialanya dipindahkan pada tahun 1626 dan diganti dengan patung Perawan Maria, yang menampilkan lingkaran cahaya raksasa yang dibuat dengan melelehkan piala tersebut. Pada tahun 1679 gereja tersebut disambar petir, dan kebakaran berikutnya merusak parah kubah lama, yang kemudian digantikan oleh kubah Barok yang lebih rendah.

Pekerjaan renovasi yang dilakukan pada tahun 1876–1895 kemudian dibatalkan selama pekerjaan renovasi eksterior ekstensif pada tahun 1973–1995. Renovasi interior masih berlangsung.

Desain[sunting | sunting sumber]

Portal utara adalah contoh patung Gotik dari bengkel Parler, dengan relief yang menggambarkan Penyaliban. Pintu masuk utama terletak di sisi barat gereja, melalui lorong sempit antar rumah di depan gereja.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja Gotik yang sangat vertikal dan tersusun secara basilik ini berisi sepasang menara prismatik Gotik di barat. Di sebelah timur, gereja diakhiri dengan presbiteri pendek berbentuk satu bidang persegi panjang, poligonal yang ditutup oleh empat sisi segi delapan. Lorong samping diakhiri dengan kapel poligonal dalam dengan lima sisi segi delapan. Lorong sampingnya berkubah dengan lima kubah berusuk melintang pada denah hampir persegi, yang dihubungkan dengan satu kubah bersilang di menara. Bagian tengah dan pastoran kemudian diberi kubah oleh enam bidang lengkungan Barok terkompresi berbentuk persegi panjang dan luas dengan bagian segitiga. Lorong samping tetap mempertahankan kubah berusuk Gotik asli. Gereja ini diterangi oleh sejumlah jendela Gotik kantilever dengan dekorasi batu.

Gereja dapat diakses melalui empat portal Gotik. Portal utara mempunyai relief di timpanum yang menggambarkan tiga adegan dari Sengsara Kristus dalam komposisi multi-figur. Karya pahatan berkualitas tinggi adalah salah satu monumen terpenting pahatan Gotik periode pra-Hussite di negara kita. Sepasang menara di atasnya dihiasi dengan helm segi delapan Gotik Akhir berkantilever, yang dilengkapi dengan galeri, empat menara sudut, dan, di tengah jalan, empat menara dekoratif lainnya. Terdapat atap pelana Gotik yang berisi relief Barok Madonna, yang dikelilingi oleh deretan finial di antara menara.

Dekorasi[sunting | sunting sumber]

Gotik[sunting | sunting sumber]

Dekorasi asli abad pertengahan telah dilestarikan di interior:

  • Sebuah batu baldak dari tahun 1493, mungkin dari bengkel Matěj Rejsek yang aslinya menutupi makam uskup Augustin Luciano dari Mirandola. Denah lantai Baldaquin berbentuk persegi. Ini terdiri dari empat penyangga polikrom batu berukuran sedang, yang diakhiri oleh apa yang disebut ogee arch. Lengkungan ini dilengkapi dengan menara dekoratif sudut dan diperkaya dengan ornamen Gotik. Patung ditempatkan pada setiap penyangga, kira-kira pada sepertiga kedua. Dukungan yang mengusung arkitrave berujung pada finial. Dari sisi timur, baldaquin dihiasi lukisan karya Karel Škréta.
  • Sebuah altar dengan gambar sentral baptisan Kristus diukir dengan relief tinggi sekitar tahun 1530 oleh Master IP (atau Monogrammist IP), yang aktif dalam lingkaran pelindung istana di dekat perbatasan Ceko-Jerman saat ini. Gambar dari kehidupan Kristus yang diukir pada panel samping sayap menunjukkan pengaruh cetakan yang dibuat oleh Albrecht Dürer.[2]
  • Baptisterium tahun 1414 (yang tertua dan terbesar di Praha)
  • Sebuah mimbar batu di bagian tengah
  • Dua karya yang disebut Guru Týn Kalvari dari abad ke-15 yang sangat berharga: Madonna dari Týn dan patung Kalvari di ujung lorong utara.

Barok[sunting | sunting sumber]

Dekorasi gereja sebagian besar begaya Baroque. Dekorasi Barok, dibuat dengan ukiran kayu dari altar Barok awal, sangat menarik perhatian, begitu pula organ pipa berharga karya Jan J. Mundt dari tahun 1670 hingga 1673 yang merupakan salah satu dari tiga organ pipa tertua yang diawetkan di Praha . Sejak tahun 1691, ahli musik Tomáš Baltazar Janovka bekerja di sana sebagai organis selama lima puluh tahun. Altar utama dari tahun 1649 dengan lukisan tituler Perawan Maria Diangkat ke Surga juga sangat berharga. Lukisan itu dibuat oleh salah satu seniman Barok Ceko terkemuka, Karel Škréta, pelukis beberapa kanvas altar samping lainnya. Di dalam gereja dapat ditemukan karya master Barok lainnya: pematung Jan Jiří Bendl dan Ignác František Weiss (patung altar), Jan Heidelberger (patung Santo Fransiskus de Paul di utara nave), pelukis M. Strasser (Menemukan Salib Suci, dipindahkan dari altar utama), Jan Jiří Heinsch (lukisan Santo Yosef di lorong utara, altar Pohon Keluarga Jesse), Michael Václav Halba (lukisan Santo Crispin dan Crispinian), Petr Brandl (Kedatangan Santo Wenceslaus di Reichstag). Dari periode Renaisans dan Barok, koleksi batu nisan dan batu nisan berukir telah dilestarikan, termasuk batu nisan astronom Tycho Brahe tahun 1601, yang terletak di pilar selatan panti umat pertama.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ /cz/index.php?stranka=historie-20100201 Římskokatolická farnost u kostela Matky Boží před Týnem – Historie (dalam bahasa tidak diketahui)
  2. ^ Reisinger-Weber, Jutta. Der Monogrammist IP und sein Umkreis. Passau.