Gereja Agung Santo Martinus, Köln

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Agung Santo Martinus
Gereja Agung Paroki Biara Santo Martinus
Jerman: Klosterkirche Groß Sankt Martin
Basilika Bunda Maria Penghibur yang Berduka
LokasiKöln
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja paroki, gereja biara
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Köln

Gereja Agung Santo Martinus (Jerman: Groß Sankt Martin, secara umum disingkat menjadi Groß St. Martin, adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Köln, Jerman. Fondasinya (c.960 M) bertumpu pada sisa-sisa kapel Romawi, yang dibangun di tempat yang dulunya merupakan sebuah pulau di Rhine. Gereja tersebut kemudian diubah menjadi biara Benediktin. Bangunan-bangunan yang ada saat ini, termasuk menara penyeberangan yang menjulang tinggi yang menjadi landmark Kota Tua Köln, didirikan antara tahun 1150-1250. Arsitektur ujung timurnya membentuk denah triconch atau trefoil, terdiri dari tiga apsis di sekitar crossing, mirip dengan yang ada di Basilika Santa Maria im Kapitoll. Gereja mengalami kerusakan parah pada Perang Dunia II; pekerjaan restorasi selesai pada tahun 1985.

Gereja Great St. Martin pada bulan Desember 2014

Pada tahun 2009 Great Saint Martin digunakan oleh cabang Persaudaraan Monastik Yerusalem dan dibuka untuk kunjungan lagi.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Otto Oppermann, Kritische Studien zur älteren Kölner Geschichte I. Die Fälschungen des Oliver Legipont. From the Westdeutsche Zeitschrift für Geschichte und Kunst. 19 (1900) pages 271–344.