Geophone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Geophone SM-24.jpg

Geophone adalah perangkat yang mengkonversi gerakan tanah (displacement) menjadi tegangan, yang dapat direkam di sebuah stasiun rekaman. Geophone merupakan transducer pergerakan tanah yang sangat sensitif. Sebuah geophone mengubah energi seismik, atau vibrasi, menjadi tegangan listrik yang dapat diukur secara akurat.

Secara sederhana, geophone menggunakan massa yang dililiti oleh kawat yang berada di dalam medan magnet. Ketika gelombang seismik merambat hingga ke permukaan tanah, maka akan terjadi getaran. Getaran tersebut yang menggerakan massa di dalam geophone. Ketika massa bergerak dengan kecepatan tertentu, maka akan menghasilkan gaya gerak listrik yang dapat dibaca dengan voltmeter sederhana. Dapat diketahui bahwa nilai yang terbaca pada voltmeter akan sebanding dengan kecepatan gerakan massa (v) ketika permukaan tanah bergetar.

Geophone bekerja berdasakan hukum Faraday, di mana pada sebuah kumparan akan terjadi arus listrik apabila pada kumparan tersebut terjadi perubahan fluk magnet terhadap waktu. Besarnya tegangan yang terjadi berbanding lurus dengan besarnya perubahan fluk terhadap waktu tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]