Geofon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geofon (SM-24), rentang frekuensi 10 Hz hingga 240 Hz, hambatan standar 375 Ω

Geofon adalah perangkat yang mengonversi gerakan tanah (perpindahan) menjadi tegangan, yang dapat direkam di sebuah stasiun rekaman. Geofon merupakan transduser pergerakan tanah yang sangat sensitif. Sebuah geofon mengubah energi seismik, atau vibrasi, menjadi tegangan listrik yang dapat diukur secara akurat.

Secara sederhana, geofon menggunakan massa yang dililiti oleh kawat yang berada di dalam medan magnet. Ketika gelombang seismik merambat hingga ke permukaan tanah, akan terjadi getaran. Getaran tersebut yang menggerakan massa di dalam geofon. Ketika massa bergerak dengan kecepatan tertentu, akan dihasilkan gaya gerak listrik yang dapat dibaca dengan voltmeter sederhana. Dapat diketahui bahwa nilai yang terbaca pada voltmeter akan sebanding dengan kecepatan gerakan massa (v) ketika permukaan tanah bergetar.

Geofon bekerja berdasakan hukum Faraday, yaitu pada sebuah kumparan akan terjadi arus listrik apabila pada kumparan tersebut terjadi perubahan fluks magnet terhadap waktu. Besarnya tegangan yang terjadi berbanding lurus dengan besarnya perubahan fluks terhadap waktu tersebut.

Pranalal luar[sunting | sunting sumber]