Genta angin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Genta angin khas Jepang yang disebut fūrin (風鈴?)

Genta angin atau lonceng angin adalah genta berbentuk mangkuk, tabung, atau bentuk-bentuk lainnya yang digantung dengan tali. Benda ini dipasang di tempat yang memiliki aliran angin, misalnya di dekat jendela, halaman rumah, atau kebun. Bila tertiup angin, genta ini akan mengeluarkan suara gemerencing karena sebuah pemukul yang digantung tepat di bagian poros dalam mangkuk akan bersentuhan dengan dinding mangkuk. Genta angin yang baik akan menghasilkan suara yang bening dan menyejukkan.

Genta angin dari bilah-bilah logam tidak dilengkapi dengan pemukul. Kepingan logam yang tipis dan ringan akan menghasilkan bunyi bila saling beradu satu sama lainnya. Genta angin dapat dibuat dari logam, aluminum, kayu, bambu, keramik, atau gelas.

Selain berfungsi sebagai ornamen, genta angin adalah salah satu benda feng shui yang populer.[1] Dalam feng shui, genta angin dipercaya dapat menghalau chi buruk dan memecahkan masalah-masalah tabu dalam feng shui.[1] Selain itu, genta angin sering dipercaya sebagai benda pembawa keberuntungan bagi penghuni rumah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Too, Lillian (1996). Feng Shui. Elex Media Komputindo. ISBN 9792035907.