Genderuwo (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Genderuwo
Film17201.jpg
SutradaraKK Dheeraj
PemeranDavina Veronica
Indah Kirana
Robby Shine
DistributorK2K Production
Durasi
102 menit
NegaraIndonesia

Genderuwo adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2007. Film yang disutradarai oleh KK Dheeraj ini dibintangi antara lain oleh Davina Veronica, Indah Kirana, dan Robby Shine. Tayangan perdana pada 6 September 2007. Dheeraj menggunakan tenaga profesional dari AS untuk tata rias, efek gambar, dan animasi grafis untuk menggambarkan detail karakter Genderuwo, sedangkan proses penyuntingan diselesaikan di India. Film itu juga memakai tenaga dari India seperti Yogesh Sharma sebagai penyunting, Vaismav Dewa untuk ilustrasi musik, dan Ramesh Meer mengerjakan efek khusus.

Film itu dimainkan oleh Davina Veronica sebagai pemeran utama serta pendatang baru Robby Shine dan Indah Kirana. Davina sebelumnya bermain dalam film Badai pasti berlalu, Lovely Luna, dan Pesan dari Surga.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Diawali dengan perilisan buku dengan promosi "Novel Terseram tahun ini" Rai (Robby Shine), tetapi hal itu adalah impian saat ia menulis buku tersebut. Rai, kala itu dalam ambang obsesi terbesarnya untuk menyelesaikan novel itu, tetapi hal tersebut yang dilakukannya terlalu sering membuat depresi istrinya, Asti (Indah Kirana). Terobeklah kertas-kertas novel Rai oleh Asti. Rai yang tidak memaafkan hal tersebut membunuh Asti, tetapi anehnya, sikapnya berubah menjadi sikap sebagai seorang suami, bukan orang gila.

Adik Asti melaporkan Rai ke polisi. Di persidangan, atas kelakuannya yang aneh, Rai dinyatakan tidak waras dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa sampai kesehatannya pulih. Di rumah sakit jiwa, setelah kondisi mentalnya yang semakin tidak stabil, ia berhasil mengambil sepucuk pistol dari saku celana seorang polisi, lalu dengan pengancaman, ia berhasil kabur dari rumah sakit tersebut. Rumah Nanda (Davina) menjadi pelabuhan Rai sementara sebelum nantinya akan kabur menggunakan kereta. Sementara disana, ia diganggu oleh Genderuwo dengan macam-macam wujud, polisi kini tengah menyisir lingkungan untuk menemukannya. Dan setelah dihantui, Rai menjadi berteman dengan Nanda.

Rupanya Nanda, sekalipun kaya raya merasa tidak bahagia atas sikap suaminya yang selalu bekerja. Saat Rai pergi ke depan rumah untuk membeli nasi goreng, diceritakan oleh penjual nasi gorengnya bahwa suami istri Nanda itu mempunyai tabiat aneh. Mereka sellu bergantian membawa pasangan seks ketika salah satu di antara mereka berpergian begitupun sebaliknya. Rai yang mendengarnya tidak menanggapi omongan itu.

Kemudian Rai beranjak ke dapur dan menemukan mayat suami Nanda. Nanda yang ditanyakan mengenai hal ini menceritakan bahwa sebenarnya suaminya dan ia sendiri telah mati. Saat dahulu Nanda ingin diceraikan suaminya dan ingin dibunuh, Nanda berhasil membunuh suaminya balik, kemudian setelah menyembunyikan mayat suaminya di dapur, Nanda dibunuh oleh simpanan suaminya. Kemudian, setelah membuka identitasnya, polisi menggebrak masuk ke rumah tersebut. Dan mereka menemukan mayat suami istri-Nanda dan Rudi- di dapur.

Di sel tahanan, Rai masih mengingat-ingat tentang kejadiannya bersama Nanda. Kemudian, Genderuwo menghantui ia lagi dengan hadir disampingnya.