Gempa belia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gaun kertas

Gempa belia atau youthquake adalah gerakan budaya tahun 1960-an. Istilah ini diciptakan oleh pemimpin redaksi majalah Vogue Diana Vreeland pada tahun 1965. Youthquake melibatkan musik dan budaya pop, dan itu mengubah pandangan industri busana . Gerakan ini dicirikan dengan melihat budaya anak muda sebagai sumber inspirasi, mengambil dominasi dari rumah couture Inggris dan Paris.

Munculnya[sunting | sunting sumber]

Dengan pasar besar " baby boomer " yang memasuki masa dewasa muda, generasi ini menantang norma-norma masa lalu dan berhasil karena populasinya yang besar. Kemandirian ekonomi, seksual, dan sosial perempuan dipandang sebagai katalisator yang menyebabkan banyak orang menolak feminitas ideal tahun 1950-an. Di Inggris, generasi baru bosan dengan desain konservatif rumah couture dan beralih ke butik untuk menemukan kembali gaya mereka. Ini adalah saat di masyarakat ketika remaja dapat mengeksplorasi identitas mereka sendiri dan memiliki kebebasan untuk mendorong batasan karena kondisi pasca Perang Dunia II . Butik tersebut menjadi awal dari industri pakaian siap pakai London karena orang-orang berbondong-bondong untuk membeli pakaian yang diproduksi secara massal dengan harga lebih rendah dari pendahulunya.

Mary Quant, yang sering disebut sebagai penemu rok mini, adalah pemimpin gerakan butik dan mengaitkan sumber inspirasi utamanya dengan gaya jalanan kaum muda. Butik Biba, Bazaar, dan Perlengkapan menampung talenta seperti Betsey Johnson dan Emmanuelle Khanh dan memanfaatkan produksi massal untuk mengisi toko mereka dengan tren terbaru.[1] Butik-butik ini adalah pemain kunci di London dan AS karena mereka adalah yang pertama melayani secara khusus pasar kaum muda dengan pendekatan modern: "pakaian yang dipajang seperti karya seni di galeri, pramuniaga muda yang lebih keren dari Anda, dan rock and roll menggelegar dari para pembicara—toko yang memasarkan pakaian sebagai bagian dari keseluruhan, gaya hidup yang sangat menghibur".[2] Scott Paper Company mengambil keuntungan dari produksi massal dan menciptakan gaun kamisol sekali pakai dari kertas Dura-Weave yang telah dipatenkan. Produksi massal memberi Scott kemampuan untuk mencetak beragam pola menarik dan motif yang terinspirasi Pop Art yang menarik konsumen muda.

Gaya busana dari gerakan gempa belia sangat menyenangkan, bersemangat, dan berjiwa muda – rok mini, jumpsuit, dan siluet A-line dengan warna-warna berani semuanya populer.[3] Tren seperti mod, Space Age, dan gaya hippie lahir dari fenomena budaya ini. Gadis-gadis poster pemuda seperti Jean Shrimpton, Twiggy, Penelope Tree, Veruschka, dan Edie Sedgwick sering menjadi sampul majalah mode seperti Vogue .[4] [5] Ikon pop seperti The Beatles dan Jimi Hendrix juga digunakan dalam periklanan untuk memperkuat tren fesyen dan mendorong penjualan.

Dalam adibusana[sunting | sunting sumber]

Perancang busana mewah seperti Andrè Courrèges dan Yves Saint Laurent mengeluarkan koleksi musim semi dengan rok mini pada pertengahan 1960-an dengan siluet grafis yang berani dan celana untuk semua kesempatan. "Pengakuan revolusi yang diluncurkan oleh generasi muda" Courrèges merevitalisasi dan mempertahankan mode kelas atas dengan "menyuntikkan elemen [nya] ke dalam Haute Couture".[6] Desainer Paco Rabanne dan Courrèges bereksperimen dengan plastik industri dan serat logam dalam menjelajahi tren Zaman Antariksa. Pada akhirnya, banyak couture house membuka butik dengan mengusung gaya ready-to-wear . Berbeda dengan itu, rumah-rumah seperti Balenciaga menutup pintu couture mereka sepenuhnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walford, Jonathan (2013). Sixties Fashion: From Less is More to Youthquake. New York: Thames & Hudson. hlm. 34–52. 
  2. ^ "The House of Mod". NYMag.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-01. Diakses tanggal 2017-04-20. 
  3. ^ Schwartzman, Tamsen. "Youthquake". sites.fitnyc.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-07. Diakses tanggal 2017-04-20. 
  4. ^ "Fabulous faces of fashion: A century of modelling - Features, Fashion - The Independent". 2009-05-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-06. Diakses tanggal 2017-04-20. 
  5. ^ Vogue, January 1, 1965, p 112
  6. ^ Steele, V (2010). The Berg Companion to Fashion. Oxford: Bloomsbury Academic.