Gemeinde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Gemeinde (bahasa Jerman: [ɡəˈmaɪndə]; jamak: Gemeinden) di Jerman, Austria, dan Swiss adalah pembagian administratif terkecil dari pemerintah daerah yang status memiliki korporat dan kekuasaan pemerintahan sendiri. Gemeinde adalah kata Jerman untuk borough, komune, masyarakat, kota kecil, atau kotamadya.[1] Sebuah gemeinde yang menunjukkan aspek-aspek tertentu dari kehidupan perkotaan dapat diberi hak oleh pemerintah untuk memimpin penunjukan stadt (kotamadya).

Gemeinde dalam pemahamna cara hidup Amish yang dikuasai oleh ordnung berfungsi sebagai keterangan untuk beberapa jemaat yang sering berpusat pada gereja dan membagi beberapa struktur lokal setempat seperti pelayanan gereja.

Dalam penggunaan teologi dan daerah berbahasa Jerman, gemeinde juga berarti jemaat Kristen atau Yahudi setempat, misalnya anggota dari sebuah gereja lokal (Kirchengemeinde atau Pfarrgemeinde) atau sinagoge (Jüdische Gemeinde) secara keseluruhan. Kata tersebut tak memiliki kata sepadannya dalam bahasa Indonesia kecuali di kalangan orang-orang Mormon yang menyebutnya lingkungan/pasak/cabang. Istilah ini meliputi arti dari perkumpulan paroki (sebagai kesatuan kelompok), tetapi juga anggota jemaat koinonia (Yunani) atau persekutuan orang-orang percaya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Travlang jerman-inggris On-line Dictionary" (hasil untuk "Gemeinde"), Travlang (travlang.com), 2000, halaman web: travlang-Gemeinde.