Geladak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Geladak kapal Falls of Clyde terbuat dari baja dan di tengah dilapisi kayu, merupakan desain yang umum digunakan pada abad ke-19

Geladak (bahasa Inggris: deck) adalah lantai kapal, nama – nama geladak ini tergantung dari banyaknya geladak yang ada di kapal tersebut. Pada umumnya geladak yang berada di paling bawah dinamakan geladak dasar serta geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama (main deck). Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak, maka geladak tersebut dinamakan geladak antara.

Konstruksi geladak[sunting | sunting sumber]

Memuat mobil ke geladak kapal Ro-Ro

Geladak besi[sunting | sunting sumber]

Kapal-kapal besi umumnya menggunakan geladak dari pelat baja yang dilas satu dengan lainnya dari kedua arah. Pelat baja ini bertumpu pada gading-gading (kerangka) kapal. Geladak Kapal Ro-Ro dibuat kokoh agar mampu untuk menahan beban berat kendaraan beserta muatan.

Geladak kayu[sunting | sunting sumber]

Geladak terbuat dari papan kayu tahan air yang disusun berdampingan dan bertumpu ke gading-gading kapal. Untuk membuat geladak kedap air, celah di antara papan yang digunakan diisi dengan serat tahan air dan diikat dengan tar atau damar. Geladak kayu digunakan pada kapal-kapal pinisi, kapal pesiar, atau kapal kayu.

Geladak serat kaca[sunting | sunting sumber]

Bahan modern yang banyak digunakan pada kapal-kapal kecil adalah geladak yang terbuat dari kaca serat yang mudah untuk dibuat dan ringan. Serat kaca digunakan untuk melapis geladak kayu agar lebih kedap air serta tahan lebih lama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]