Garam alkali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Garam basa)

Garam alkali atau garam basa adalah garam yang merupakan hasil dari netralisasi basa kuat dan asam lemah.

Alih-alih menjadi netral (seperti beberapa garam lainnya), garam alkali adalah basa seperti namanya. Hal yang membuat senyawa ini bersifat basa adalah bahwa basa konjugatnya dari asam lemah terhidrolisis membentuk larutan basa. Dalam natrium karbonat, misalnya, karbonat dari asam karbonat terhidrolisis membentuk larutan basa. Klorida dari asam klorida dalam natrium klorida tidak terhidrolisis, jadi natrium klorida tidak bersifat basa.

Perbedaan antara garam basa dan alkali adalah bahwa alkali adalah senyawa hidroksida yang dapat larut dari logam alkali atau logam alkali tanah. Garam basa adalah garam yang terhidrolisis membentuk larutan basa.

Definisi lain dari garam basa adalah garam yang mengandung sejumlah hidroksida dan anion lainnya. Timbal putih [en] adalah contohnya. Ini adalah timbal karbonat basa, atau timbal karbonat hidroksida. Bahan ini dikenal karena kelarutannya yang tinggi dalam pelarut polar.

Garam-garam berikut ini tidak larut dan dapat diperoleh melalui reaksi pengendapan.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Garam alkalin[sunting | sunting sumber]

Garam alkalin sering merupakan komponen utama dalam bubuk deterjen pencuci piring.[1]

Garam-garam tersebut meliputi:

Contoh garam alkali kuat lainnya antara lain:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alkaline dishwasher detergent - The Procter & Gamble Company". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-01. Diakses tanggal 2020-04-06.