Ganteng-Ganteng Serigala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ganteng Ganteng Serigala)
Ganteng-Ganteng Serigala
Poster Ganteng-Ganteng Serigala.jpg
Poster resmi
Genre
PembuatAmanah Surga Productions
PengarangAndi Atthira
Penulis skenarioAndi Atthira
SutradaraFindo Purwono HW
Pemeran
Penggubah lagu temaUtopia
Lagu pembuka"Mencintaimu Sampai Mati" — Utopia
Lagu penutup"Mencintaimu Sampai Mati" — Utopia
Penata musikBobby Abbo
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim2
Jmlh. episode471
Produksi
Produser eksekutifMubarok AS
Produser
  • Syaiful Drajat
  • Nasrul Warid
KameraMulti-kamera
Durasi60—120 menit
Rumah produksiAmanah Surga Productions
DistributorSurya Citra Media
Rilis
Jaringan asliSCTV
Tanggal tayang asli21 April 2014 (2014-04-21) –
9 Agustus 2015 (2015-8-9)
Kronologi
Dilanjutkan olehGanteng-Ganteng Serigala Returns

Ganteng-Ganteng Serigala adalah sinetron Indonesia produksi Amanah Surga Productions yang ditayangkan perdana 21 April 2014 pada pukul pukul 19.45 WIB di SCTV. Sinetron ini disutradarai oleh Findo Purwono HW dan dibintangi oleh Ricky Harun, Jessica Mila dan Kevin Julio.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

Tristan (Kevin Julio) bersama saudara-saudaranya adalah murid baru di salah satu International School. Tak ada yang tahu bahwa Tristan dan saudara-saudaranya yaitu Digo (Aliando Syarief), Yasha (Dicky Muhammad Prasetya), Liora (Michelle Joan) dan Thea (Dahlia Poland) adalah bangsa vampir. Ayah mereka yaitu Ayah Agra (Rudy Kawilarang) mengutus Tristan untuk mencari dan mengambil darah suci yang terdapat dalam tubuh Nayla (Jessica Mila). Bila bangsa vampir mendekati pemilik darah suci, mereka akan merasa kesakitan. Oleh sebab itu, ayah Agra mengutus Tristan untuk mengambil darah suci itu, karena Nayla sudah jatuh cinta kepada Tristan maka Tristan bisa mendekati Nayla tanpa rasa sakit.

Sementara itu, sahabat Nayla dari kecil yaitu Galang (Ricky Harun) tidak menyukai dan memiliki firasat buruk akan Tristan yang selalu mendekati Nayla. Suatu hari, ia tersesat di hutan dan digigit oleh serigala bernama Ratu Lestat (Zora Vidyanata). Sejak itu, Galang memiliki kekuatan super yang didapatnya melalui Ratu Lestat yang mengutusnya agar menjaga darah suci itu.

Beberapa hari selanjutnya Nayla sudah merasa curiga kepada Tristan karena ada beberapa kejanggalan pada diri Tristan. Ia tidak makan, muka Tristan dan saudara-saudaranya sangat pucat dan takut akan sinar matahari karena itu akan membuat tubuhnya hancur. Kemudian ia dapat berlari dengan kecepatan tinggi dan mempunyai kekuatan ajaib melawan musuh. Ketika sahabat Nayla yang bernama Sisi (Prilly Latuconsina) yang imut dan menyukai Tristan, tidak dapat menemukan bayangan Tristan dan saudara-saudaranya ketika ia sedang becermin. Mereka juga tidak memiliki jantung, ini bisa diketahui oleh Galang, juga ketika Digo terbakar sinar matahari, Yasha mencoba menolong Digo, tetapi Yasha ikut terbakar sinar matahari saat menyelamatkan Digo, sebab mereka berdua tidak memakai cincin khusus vampir untuk menangkal sinar matahari.

Sekarang sahabat Nayla yang bernama Sisi menyukai Digo adik dari Tristan. Gerhana matahari siklus 100 tahun telah dimulai. Venossa (Rico Verald), raja dari segala raja vampir telah datang. Peperangan antara bangsa vampir dengan bangsa serigala dimulai. Pada saat malam hari, Galang menyembunyikan Nayla ke tempat yang tidak bisa tercium oleh bangsa vampir. Venosa belum datang ke tempat peperangan, tetapi Amel (Enzy Storia) sudah memulai peperangan dan melanggar aturan bangsa vampir. Bangsa serigala pun bertekad untuk menghentikan peperangan itu sementara karena mereka tahu bahwa Venosa dan Lestat belum datang ke tempat peperangan. Keluarga Vallen tidak mau kalah. Mereka terus akan melanjutkan peperangan itu. Galang pun langsung menyemburkan api kepada para vampir-vampir itu. Sontak vampir-vampir itu langsung terpental dan kesakitan. Namun, berbeda dengan Tristan. Dia tidak merasa kesakitan sama sekali padahal keluarganya dan vampir-vampir yang lain merasa kesakitan. Ternyata Tristan membawa sebuah batu Kristal pemberian Sheila (Jessica Mila). Sheila adalah masa lalu Tristan pada saat dia masih menjadi manusia. Namun, Sheila dan Tristan berbeda. Tristan seorang manusia, tetapi Sheila seorang vampir. Wajah Sheila sangat mirip sekali dengan wajah Nayla. Karena Nayla adalah reinkarnasi Sheila. Maka dari itu Tristan tidak bisa jauh dari Nayla. Dari kejadian itu Tristan tidak henti-hentinya mengingat Sheila. Sampai-sampai Tristan salah menyebut nama Nayla menjadi Sheila.

Bukan hanya Tristan yang mempunyai kenangan pada masa lalu yang pahit, ternyata Thea adik Tristan yang paling dekat dengan Tristan juga mempunyai masa lalu saat dia masih menjadi manusia. Saat bayi, Thea dibuang oleh keluarganya di suatu Hutan dan ditemukan oleh Bunda Lestat. Bunda Lestat pun merawat Thea dengan penuh kasih sayang. Saat Thea sudah remaja, dia ternyata mempunyai perasaan kepada Ilalang (Ricky Harun), seorang serigala yang wajahnya mirip dengan Galang. Ilalang pun juga mempunyai perasaan kepada Thea, sama seperti Thea kepada dia. Kemudian mereka menikah. Namun, pada saat akan menikah, tiba-tiba Ilalang diserang oleh vampir-vampir tidak dikenal. Thea pun merasa sedih. Namun, kata Bunda Lestat, Ilalang akan terlahir kembali oleh keturunan Hara (Ahmad Affandy) yang ke-15 oleh ayah dan ibu manusia. Ternyata benar, Ilalang terlahir kembali dengan nama Galang manusia serigala.

Demi ambisi cinta Digo pada sisi, Digo melakukan segala cara untuk mendapatkan kembali sisi yang telah menjadi ratu serigala. Saat pernikan Sisi dengan jenderal serigala utara Digo membiarkan kekuatan raja drakula merasukinya. Hingga Digo menjadi pangeran vampire yg tak terkalahkan. Saat pernikahan itu juga Digo membunuh calon suami Sisi. Selanjutnya Digo menjadi drakula terkuat. Saat bertarung dengan Sisi, Digo merasakan cinta pada diri Sisi pada dirinya. Digo yang bermaksud menolong Sisi saat pingsan digigit oleh Sisi sang ratu serigala yang pada akhirnya membuat Digo menjadi manusia Serigala dengan kekuatan separuh drakula.

Musim 2[sunting | sunting sumber]

Setelah 5 bulan berlalu, setelah kota lama dihancurkan oleh Ayah Michelle (Sheila Dara Aisha). Mereka pun memulai kehidupan baru di kota yang baru.

Nayla yang selama ini belum pernah bertemu dengan Ayah kandungnya, akhirnya dijemput Ayahnya di bandara. Galang juga pindah di kota baru begitu pun dengan Sisi yang dipindahkan oleh orang tuanya. Entah kebetulan atau tidak Keluarga Agra, Nayla, Galang, dan Sisi ternyata satu kota. Di sisi lain, keluarga Agra kedatangan anggota baru yaitu Tania. Tania akhirnya menjadi bagian dari keluarga Agra.

Peperangan antara bangsa Serigala melawan bangsa Vampir masih tetap berlangsung, tapi pada akhirnya, mereka berdamai, namun kemudian Digo tidak puas dan mengabdikan dirinya menjadi drakula. Kubu Serigala dan Vampir lalu kewalahan dengan aksi Digo yang menyebabkan kematian beberapa manusia Serigala dan Vampir serta warga setempat.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Jessica Mila Nayla Mila
Sheila
Prilly Latuconsina Sisi Latuconsina
Salsa
Ricky Harun Galang Harun
Ilalang
Aliando Syarief Digo Syarief
Zidan
Kevin Julio Tristan Julio
Michelle Joan Liora Joan
Rudy Kawilarang Agra
Rebecca Tamara Angel
Dahlia Poland Thea Poland
Ricky Cuaca Toby Cuaca
Parvez Ghoman Tino
Reza Aditya Erik
Bertrand Antolin Jiro
Rizky Alatas Dennis
Sheila Dara Aisha Michelle
Gita Virga Tania
Jonathan Frizzy Pak Pandi
Gita Esfandiary Bu Jessie
Teddy Syach Billy
Lolox Om Lolo
Kenny Mayang Sari Joan
Jerry In't Veld Excel
Handika Pratama Ken
Ferly Putra David
Ahmad Affandy Hara
Zora Vidyanata Ratu Lestat
Revand Narya Pak Michael (Pak Mike)
Indah Indriana Velove
Ditmar Hadi Raja Drakula
Rico Verald Venossa
Saphira Indah Bu Cindy
Rheina Maryana Mamsky Dewi
Fadli Akhmad Papsky Puguh
Mike Lewis Om Eagle
Verlita Evelyn Tansky Rona
Mikaila Patritz Viola
Citra Kharisma Bu Syahrini
Ridwan Hendra Pak Bandi
Anindika Widya Mallah
Ciccio Manassero Wingky
Belinda Camesi Kirana
Christ Laurent Freedom
Enzy Storia Amel
Agung Udijana Om Lestat
Dhelon F Albers Galang kecil
Marsha Aurelia Nayla kecil
Dicky Muhammad Prasetya Yasha
Parvez Ghoman Tino
Afifa Syahira Aurel
Alya Avivah Flora
Immanuel Kenneth Santana Jersey/Jodi
Shirin Safira Merry
Vista Putri N/A
Anrez Adelio Mac
Arief Fadhillah Bolly
Randy Martin Ray
Harry de Fretes Om Gigiv
Bemby Putuanda Fekgo/Aro
Keno Raharjo James
Tengku Tezi Vino
Angbeen Rishi Sania
Matahari Yusuf John
Reza Alattas Joy
Girardi Tommy Jenderal Serigala Utara
Arick Pramana Blanco
Feby Febiola Ratu Macan
Antony Hillenaar Panglima Serigala Utara
Billy Boedjanger Raja Serigala Utara
Sean Hasyim Vampir Liar
Cassandra Lee Cassie
Arida Nuraini Primastiwi Erika
Keterangan
  • N/A: Not Available

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2014 SCTV Awards 2014 Sinetron Paling Ngetop Ganteng-Ganteng Serigala Menang
Aktor Utama Paling Ngetop Aliando Syarief
Aktris Utama Paling Ngetop Prilly Latuconsina
Aktris Pendamping Paling Ngetop Dahlia Poland
Aktor Utama Paling Ngetop Kevin Julio Nominasi
Ricky Harun
Aktris Pendamping Paling Ngetop Michelle Joan
Aktor Pendamping Paling Ngetop Ricky Cuaca
2015 Infotainment Awards 2015 Pasangan Selebriti Paling Romantis Aliando Syarief & Prilly Latuconsina Menang
Kevin Julio & Jessica Mila Nominasi
Celebrity Of The Year Aliando Syarief Menang
Penampilan Selebriti Paling Ditunggu Prilly Latuconsina Nominasi
Celebrity Of The Year Aliando Syarief Menang
Panasonic Gobel Awards 2015 Drama Seri Terfavorit Ganteng-Ganteng Serigala Nominasi
Aktor Terfavorit Ricky Harun
Aliando Syarief
Aktris Terfavorit Prilly Latuconsina Menang
Jessica Mila Nominasi
Didahului oleh:
Emak Ijah Pengen ke Mekah (2013)
SCTV Awards
Program Ngetop

2014
Diteruskan oleh:
Pangeran (2015)

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjatuhkan sanksi penghentian sementara sinetron ini, karena adanya pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) pada tayangan 16 Agustus 2014. Pada episode tersebut, sinetron ini menayangkan adegan seorang remaja perempuan melompat ke dalam api serta adegan remaja laki-laki dan remaja perempuan yang mengenakan seragam sekolah berpelukan di lingkungan sekolah. Sinetron ini harus dihentikan sementara selama tiga hari berturut-turut yaitu mulai tanggal 21, 22, dan 23 Oktober 2014.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]