Ganeas, Ganeas, Sumedang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ganeas
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSumedang
KecamatanGaneas
Kode Kemendagri32.11.19.2001 sunting
Luas1,95 KM2
Jumlah penduduk4.723 Jiwa
Kepadatan23 jiwa/ha

Ganeas adalah desa di kecamatan Ganeas, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Ganeas pada tahun 2009 meraih penghargaan sebagai desa terbaik dalam lomba Desa di Sumedang. Ini merupakan prestasi untuk Desa yang berada di wilayah kecamatan ganeas. Desa yang dipimpin oleh Omas Sudarsana ini terus berbenah diri untuk terus mempertahankan prestasinya tersebut dan berusaha untuk menjadi desa termaju di Sumedang.

Pada tahun 2010, Desa Ganeas terpilih sebagai salah satu desa bersama 99 desa lainnya dalam Program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban Di Jawa Barat Desa Ganeas merupakan sebuah desa yang berada di kawasan Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Desa ini memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi desa swakarsa mula.

Berdasarkan data Potensi Desa se-Kecamatan Ganeas 2013, Desa Ganeas memiliki luas wilayah sebesar 194,95 hektar. Luas wilayah Desa Ganeas tersebut terbagi menjadi beberapa fungsi, yaitu sebagai lahan pesawahan sebesar 105,8 hektar, perkebunan (seperti ladang dan huma) seluas 40,73 hektar, lahan hutan seluas 24,88 hektar dan lahan untuk perumahan dan pekarangan seluas 18,15 hektar.

Berdasarkan topografinya, keadaan bentang permukaan wilayah Desa Ganeas termasuk dataran. Sementara ketinggiannya 369 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Ganeas berbatasan langsung dengan Desa Sukaluyu di sebelah timur, Desa Bantarmara Kecamatan Cisarua di sebelah utara, Desa Cikoneng dan Desa Sukawening di sebelah barat, serta Desa Sukawening dan Desa Sukaluyu di sebelah selatannya.

Berdasarkan data Registrasi Penduduk Kecamatan Ganeas 2013, jumlah penduduk Desa Ganeas sebanyak 4.723 orang. Rinciannya adalah sebanyak 2.334 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.389 orang perempuan. Jumlah kepala keluarganya sendiri sebanyak 1.414 KK dengan kepadatan penduduk sebesar 24,2 km persegi.

Mata pencaharian utama penduduk Desa Ganeas sebagian besar bergerak di bidang pertanian, terutama pertanian lahan basah (sawah). Sisanya ada yang bergerak di bidang jasa, konstruksi dan perdagangan serta industri. Hasil pertanian yang utama adalah padi yang menghasilkan 2.013 kuintal padi pada tahun 2013. Selain padi, Desa Ganeas juga menghasilkan produk jagung, ubi kayu, buah-buahan. Yang bergerak di bidang diantaranya jasa perdagangan, koperasi dan lembaga keuangan.

Desa Ganeas memiliki beberapa Lembaga Kemasyarakatan seperti 1. Yayasan Rumah Imperium sebuah komunitas kewirausahaan sosial yang memiliki beberapa model seperti Rumah Imperium Care (Memberikan Beasiswa, Pengobatan Mata Gratis, dan Gerobak Cerdas sebuah Perpustakaan Keliling Gratis), Rumah Imperium Consultant (Jasa konsultasi di bidang bisnis, hukum, desain ruang publik, dan pengembangan desa), Rumah Imperium Event Organizer (Jasa kegiatan-kegiatan kreatif), Badan Usaha Milik Rumah Imperium/BUMRI (Kanal bisnis atau ekonomi kreatif). Rumah Imperium sudah meraih beberapa penghargaan seperti Rekor MURI, 8 Komunitas Terbaik Nasional Nutrifood & British Council, Finalis Anugerah Pelopor Pemberdaya Masyarakat dari Gubernur Jawa Barat, 100 Young CEOs Indonesia.

2. Citra Taruna adalah komunitas kepemudaan yang bergerak melakukan pemberdayaan pemuda-pemudi Desa Ganeas

3. TMTV adalah TV Komunitas yang memberikan tayangan-tayangan edukasi di Desa Ganeas

4. Forum dot SMD adalah Forum Individu dan Komunitas Kreatif di Kabupaten Sumedang

Dan rakyatnya sesah diatur

Pada tahun 2014 Desa Ganeas menjadi desa pertama di Kabupaten Sumedang yang memiliki Website www.ganeas.desa.id yang terhubung dengan lebih dari 1000 website desa di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2015 Komunitas Rumah Imperium dan Forum dot SMD mewakili Kabupaten Sumedang menghadiri Konferensi Asia Afrika dalam perumusan Kota Kreatif di Indonesia yang diselenggarakan di Bandung. Pada tahun yang sama, kembali diundang oleh Wali kota Solo menghadiri Konferensi Kota Kreatif Indonesia.

Desa Ganeas dapat diakses di Website www.ganeas.desa.id, Twitter @Desa_Ganeas, dan Facebook Desa Ganeas