Game engine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pengembangan sebuah permainan balapan menggunakan game engine Blender.

Game engine (arti harfiah: "mesin permainan") adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menjadi dasar pembuatan permainan video, seperti permainan di komputer, konsol, atau ponsel.[1] Game engine memberikan kemudahan bagi pengembang permainan karena menyediakan fungsi-fungsi inti dari sebuah permainan, misalnya grafika (menghasilkan grafika 2-dimensi atau 3-dimensi), fisika (menghitung dan menyimulasikan hukum-hukum gerak dan hukum fisika lainya), audio, atau kecerdasan buatan. Sebuah game engine dapat digunakan untuk membuat lebih dari satu permainan, dan pengembang permainan dapat mengoptimisasi proses pengembangan dengan cara menggunakan atau mengadaptasi game engine yang telah ada sebelumnya.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Beberapa mesin game mengalami evolusi dari waktu ke waktu dan mengembangkan pohon keluarga, seperti misalnya mesin Quake id yang menghasilkan keluarga id Tech

Sebelum game engine, permainan biasanya ditulis sebagai entitas tunggal: permaianan untuk Atari 2600, misalnya, harus dirancang dari bawah ke atas untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras layar — rutinitas tampilan inti ini sekarang disebut kernel oleh pengembang retro. Platform lain memiliki lebih banyak kelonggaran, tetapi bahkan ketika tampilan tidak menjadi perhatian, kendala memori biasanya menyabotase upaya untuk membuat desain padat data yang dibutuhkan mesin. Bahkan pada platform yang lebih akomodatif, sangat sedikit yang dapat digunakan kembali di antara permainan. Kemajuan pesat perangkat keras arkade — yang merupakan ujung tombak pasar pada saat itu — berarti bahwa sebagian besar kode harus dibuang setelahnya, karena permainan generasi selanjutnya akan menggunakan desain permainan yang sama sekali berbeda yang memanfaatkan kelebihan sumber daya. Jadi sebagian besar desain permainan selama 1980-an dirancang melalui seperangkat aturan hard-code dengan sejumlah kecil level dan data grafik. Sejak zaman keemasan permainan video arkade, sudah umum bagi perusahaan permainan video untuk mengembangkan mesin game in-house untuk digunakan dengan perangkat lunak pihak pertama.

Mesin game sebagai industri[sunting | sunting sumber]

Produsen mesin game memutuskan bagaimana mereka mengizinkan pengguna untuk memanfaatkan produk mereka. Sama seperti permainan adalah sebuah industri, begitu pula mesin yang mereka buat. Mesin permainan utama datang dengan harga yang bervariasi, baik dalam bentuk biaya berlangganan atau pembayaran lisensi.[3]

Unreal Engine 4, salah satu mesin game utama dan digunakan untuk membuat beberapa permainan terkenal seperti Fortnite, PlayerUnknown's Battlegrounds, dan Life Is Strange 2, mengadopsi struktur yang dapat digunakan secara gratis dengan royalti pada semua penjualan permainan yang menggunakan mesin ini.[4] Meskipun perbedaan di antara mesin game yang berbeda kabur karena dibuat selama proses pembuatan permainan, pengembang permainan yang berbeda mungkin terlalu terbiasa dengan sistem untuk diubah, atau tertarik oleh manfaat besar dari mesin tersebut terlepas dari dinding pembayarannya.

Mesin game lain yang saat ini mendatangkan penghasilan penting adalah mesin Unity, yang menggunakan modul pembayaran yang mirip dengan Unreal Engine. Mesin ini berada di belakang game seperti Rust, Subnautica, dan Life Is Strange: Before the Storm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aulia Rahman (23 March 2019). Cara membuat game edukasi dengan construct 2: 100% tanpa coding. Luminos Publish. hlm. 5. GGKEY:1WBP7D1XCRS. 
  2. ^ "What is a Game Engine?". GameCareerGuide.com. Diakses tanggal 2013-11-24. 
  3. ^ "The 10 Best Video Game Engines | 2018 Edition". The Ultimate Resource for Video Game Design (dalam bahasa Inggris). 2017-03-11. Diakses tanggal 2019-05-15. 
  4. ^ Savage, Phil (2015-03-02). "Unreal Engine 4 is now free". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-15.