Gajahan paruh ramping

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gajahan paruh ramping
Numenius tenuirostris

Status konservasi
Terancam kritis
IUCN22693185
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusNumenius
SpesiesNumenius tenuirostris
Vieillot, 1817
Distribusi

Range of N. tenuirostris     Breeding      Non-breeding      Probably extinct

Gajahan paruh-ramping ( Numenius tenuirostris ) adalah burung dalam keluarga perandau Scolopacidae . Analisis isotop menunjukkan mayoritas populasi sebelumnya berkembang biak di Stepa Kazakh meskipun ada catatan dari rawa Siberia, dan bermigrasi, sebelumnya menghabiskan musim dingin di habitat air tawar dangkal di sekitar Mediterania . Spesies ini pernah hidup sebagai gelandangan di Eropa Barat, Kepulauan Canary, Azores, Oman, Kanada, dan Jepang . Burung Gajahan paruh-panjang selalu merupakan spesies langka dan dikhawatirkan punah, dengan penampakan terakhir yang dapat diverifikasi terjadi pada tahun 1995 [3]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Gajahan paruh ramping adalah gajahan kecil, 36–41 cm (14–16 in) panjangnya dengan 77–88 cm (30–35 in) lebar sayap. Oleh karena itu, ukurannya kira-kira sama dengan gajahan pengala Eurasia, tetapi bulunya lebih mirip gajahan Eurasia . Burung dewasa yang berkembang biak sebagian besar berwarna coklat keabu-abuan di bagian atas, dengan pantat dan punggung bawah berwarna keputihan. Bagian bawahnya berwarna keputihan, bergaris-garis coklat tua. Sisi-sisinya memiliki bintik-bintik bulat atau berbentuk hati. Bulu yang tidak berkembang biak serupa, tetapi dengan bintik sayap yang lebih sedikit. Jantan dan betina memiliki bulu yang sama, namun betina memiliki paruh yang lebih panjang dibandingkan jantan, sebuah adaptasi pada spesies Gajahan yang menghilangkan persaingan langsung untuk mendapatkan makanan antar jenis kelamin. Bulu remaja sangat mirip dengan bulu dewasa, tetapi bagian panggulnya ditandai dengan guratan coklat, bintik-bintik berbentuk hati hanya muncul menjelang akhir musim dingin pertama.

Dibandingkan dengan burung Gajahan Eurasia, burung Gajahan paruh ramping memiliki warna lebih putih di bagian dada, ekor, dan bagian bawah sayap, serta paruhnya lebih pendek, lebih ramping, dan sedikit lebih lurus di bagian pangkal. Bintik-bintik sayap berbentuk mata panah pada burung gajahan Eurasia juga berbeda dengan bintik-bintik bulat atau berbentuk hati pada burung dewasa yang berparuh ramping. Pola kepalanya, dengan tutup berwarna gelap dan supercilium keputihan, mengingatkan pada pola pusaran, tetapi spesies tersebut juga memiliki garis mahkota di tengah dan pola keseluruhan yang lebih jelas; pola burung ikal berparuh ramping akan sulit terlihat di lapangan.

Spesies ini menunjukkan lebih banyak warna putih dibandingkan gajahan lainnya; namun, sayap bawah berwarna putih telah terlalu ditekankan sebagai kriteria identifikasi yang relevan bersama dengan tanda sayap khas burung dewasa (tidak membantu pada burung remaja dan tahun pertama sebelum mabung pasca remaja). Makalah identifikasi terbaru dan terkini, melaporkan sebagai karakter penentu bagian bawah gelap seragam dari 4 hingga 6 bagian luar primer (ujung sayap atau "tangan"), kaki hitam (dewasa) atau daker (remaja dan burung pertama), dan ekor berwarna putih dengan garis gelap yang lebih sedikit (Corso et al., 2014).

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Mereka mengeluarkan suara cour - lee, mirip dengan Gajahan Eurasia, tetapi nadanya lebih tinggi, lebih melodis, dan lebih pendek. Panggilan alarmnya cue-ee yang cepat.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Burung Gajahan paruh ramping hanya diketahui berkembang biak di wilayah kecil di utara Omsk, Rusia pada periode antara tahun 1909 dan 1925. Dalam sejarah baru-baru ini, sebagian besar mereka bermigrasi ke Mediterania serta Arab bagian selatan, dengan klaim di bagian utara Teluk Persia, di Kuwait dan Irak .[4] Ada catatan sejarah tentang burung ini di tempat lain, seperti dalam kamus ornitologi Gibraltar yang ditulis pada tahun 1895, yang secara tidak langsung menyatakan bahwa burung Gajahan paruh ramping tercatat sebagai migran lintas di Malaga, Spanyol .[5]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Sedikit yang diketahui tentang biologi perkembangbiakan, namun rata-rata beberapa sarang yang diamati memiliki empat telur.

Burung Gajahan ini mencari makan dengan menggunakan paruhnya untuk mencari invertebrata kecil di lumpur lunak, tetapi juga akan mengambil benda kecil lainnya dari permukaan jika ada kesempatan. Dulunya mereka sangat suka berteman di luar musim kawin, bergaul dengan spesies terkait, khususnya burung Gajahan Eurasia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Numenius tenuirostris". 2018: e.T22693185A131111201. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22693185A131111201.en. 
  2. ^ "Appendices | CITES". cites.org. Diakses tanggal 2022-01-14. 
  3. ^ "magornitho". 
  4. ^ "Slender billed curlew=10 November 2022". birdlife. 
  5. ^ "Ornithology of Gibraltar, page 290=10 November 2022". openlibrary.