Gaius Caecilius Metellus Caprarius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gaius Caecilius Metellus Caprarius (lahir sekitar tahun 160 SM) adalah seorang konsul Republik Romawi pada tahun 113 SM bersama Gnaeus Papirius Carbo. Dia bertugas di bawah Scipio Aemilianus di Numantia sekitar tahun 133 SM. Dia menjadi praetor pada tahun 117 SM. Jabatannya sebagai gubernur di Trakia pada tahun 112–111 SM memberinya kemenangan . Dia melakukan sensor pada tahun 102 SM bersama sepupunya, Quintus Caecilius Metellus Numidicus.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Caecilii Metelli adalah keluarga yang sangat terkemuka di akhir Republik Romawi. Mereka adalah bangsawan konservatif, meskipun merupakan anggota dari gens Caecilia yang kampungan.

Caprarius adalah putra bungsu Quintus Caecilius Metellus Macedonicus . Macedonicus menjadi praetor pada tahun 148 SM dan konsul pada tahun 143 SM. Ia menerima perintah di Makedonia, di mana ia mengalahkan calon takhta bernama Andriscus . Dia menerima kemenangan dan julukan 'Macedonicus' untuk kemenangan ini. Dia menjadi sensor pada tahun 131 SM. Macedonicus adalah seorang bangsawan konservatif dan menentang Tiberius Gracchus dan Gaius Gracchus, [1] yang berkeliling di Senat dan mendasarkan kekuasaan mereka pada rakyat.

Koin Denarius diciptakan olehnya pada tahun 125 SM.

Kakak sulung Caprarius adalah Quintus Caecilius Metellus Balearicus . Dia pergi ke Thessaly untuk mendapatkan gandum sebagai aedile sekitar tahun 130 SM. Ia menjadi praetor pada tahun 126 SM dan konsul pada tahun 123 SM. Balearicus diberi perintah untuk mengalahkan penduduk Kepulauan Balearic yang melakukan pembajakan. Dia menang dan berjaya pada tahun 121 SM, menerima julukan 'Balearicus'. Dia menjadi sensor pada tahun 120 SM.

Kakak kedua Caprarius adalah Lucius Caecilius Metellus Diadematus. Dia diberi julukan 'Diadematus' karena perban yang dia kenakan pada luka di kepala. Ia menjadi konsul pada tahun 117 SM, dan mempromosikan perbaikan infrastruktur di Italia.[1] Seorang bangsawan konservatif seperti ayahnya, dia mungkin menentang Gayus Gracchus.[1]

Saudara ketiga adalah Marcus Caecilius Metellus . Ia menjadi master percetakan uang pada tahun 127 SM, praetor pada tahun 118 SM, dan konsul pada tahun 115 SM. Marcus diberi komando prokonsular di Korsika dan Sardinia dari tahun 114 SM hingga 111 SM, dan meraih kemenangannya di sana.

Caprarius mempunyai dua saudara perempuan, keduanya bernama Caecilia Metella. Salah satunya menikah dengan Gaius Servilius Vatia, yang menjadi praetor pada tahun 114 SM. Yang lainnya menikah dengan Publius Cornelius Scipio Nasica Serapio, yang menjadi konsul pada tahun 111 SM.

Caprarius memiliki tiga putra. Salah satunya adalah Quintus Caecilius Metellus Creticus, yang menjadi praetor pada tahun 74 SM dan konsul pada tahun 69 SM. Ia menjadi pontifex dari tahun 73 SM sampai kematiannya. Creticus diberi perintah prokonsuler terhadap pulau Kreta, yang membantu Mithridates dan dipenuhi bajak laut. Dia mengalahkan pulau itu dan memenangkannya pada tahun 62 SM, menerima julukan 'Creticus'.

Putra lainnya adalah Lucius Caecilius Metellus . Dia adalah praetor pada tahun 71 SM. Ia menggantikan Gayus Verres sebagai gubernur Sisilia pada tahun 70 SM. Dia meninggal saat menjabat sebagai konsul pada tahun 68 SM.

Marcus Caecilius Metellus adalah putra ketiga Caprarius. Dia adalah praetor dan presiden pengadilan pemerasan pada tahun 69 SM.

Putri Caprarius, Caecilia Metella, adalah istri Gayus Verres. Verres adalah gubernur Sisilia dari tahun 73 SM hingga 71 SM. Ia juga menjadi terdakwa yang diadili dalam pidato Cicero Melawan Verres.

Posisi sebagai Sensor[sunting | sunting sumber]

Caprarius melakukan sensor pada tahun 102 SM bersama sepupunya, Quintus Caecilius Metellus Numidicus. Tujuan dari sensor ini adalah untuk memantau kinerja Senat dan mengeluarkan orang-orang dari Senat bila diperlukan. Kantor sensor tidak diadakan setiap tahun seperti kantor lainnya, seperti kantor konsul.

Numidicus adalah putra Lucius Caecilius Metellus Calvus . Numidicus mungkin adalah master percetakan uang pada tahun 117 atau 116 SM, ia menjadi praetor pada tahun 112 SM, dan menjadi konsul pada tahun 109 SM.

Baik Caprarius maupun Numidicus adalah bangsawan konservatif, sesuai dengan sejarah keluarga mereka. Dalam sensor mereka, Numidicus gagal mencoba mengeluarkan Lucius Appuleius Saturninus dan Gaius Servilius Glaucia dari Senat. Saturninus adalah seorang popularis, seorang politikus yang memperoleh kekuasaannya dari rakyat. Dia berasal dari kalangan kampungan. Ia dicopot dari jabatannya sebagai quaestor pada tahun 105 atau 104 SM karena menjadi penentang Senat. Dia mengusulkan undang-undang untuk menurunkan harga gandum yang mendapat dukungan dari Glaucia.

Glaucia berasal dari keluarga bangsawan, tapi dia, seperti Saturninus, adalah seorang popularis. Keduanya mendapat dukungan dari Gayus Marius. Glaucia berkolaborasi dengan Saturninus melawan Senat sebagai tribun pada tahun 101 SM dan jabatan praetornya pada tahun 100 SM.[1] Glaucia dan Saturninus bersekongkol untuk menjadikan Glaucia konsul dan Saturninus tribun pada tahun 99 SM. Mereka menggunakan kekerasan dalam upaya mencapai tujuan mereka, dan Saturninus membunuh pesaing Glaucia untuk jabatan konsul. Glaucia dan Saturninus dipenjarakan di Kuria oleh Marius atas perintah Senat. Mereka berdua dibunuh oleh massa yang marah.

Untuk membalas dendam atas upaya pengusiran dari Senat, Saturninus mencoba memaksa Numidicus bersumpah menerima undang-undang yang memberikan tanah kepada para veteran Marius.[1] Numidicus menolak dan pergi ke pengasingan. Caprarius berjuang untuk kembalinya Numidicus pada tahun 99 SM.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Salazar, Christine F. Brill's New Pauly: Encyclopedia of the Ancient World Vol 2. Boston: Brill Leiden. 2003. 874-879.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Broughton, T. Robert. Magistrates of the Roman Republic Vol. 1. New York: American Philological Association. 1951. 535.
  • Broughton, T. Robert. Magistrates of the Roman Republic Vol. 2. New York: American Philological Association. 1952. 71, 122, 137.
  • Salazar, Christine F. Brill's New Pauly: Encyclopedia of the Ancient World Vol 1. Boston: Brill Leiden. 2003. 903.
  • Salazar, Christine F. Brill's New Pauly: Encyclopedia of the Ancient World Vol 2. Boston: Brill Leiden. 2003. 874–879.
  • Salazar, Christine F. Brill's New Pauly: Encyclopedia of the Ancient World Vol 13. Boston: Brill Leiden. 2003. 903.
Jabatan politik
Didahului oleh:
Manius Acilius Balbus
Gaius Porcius Cato
Roman consul
113 BC
Bersama dengan: Gnaeus Papirius Carbo
Diteruskan oleh:
Marcus Livius Drusus
L. Calpurnius Piso Caesoninus