Gadis balap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gadis balap memayungi seorang pembalap mobil di lintasan balap di Korea Selatan.

Gadis balap, ratu balap, gadis pit, atau gadis payung adalah sebutan yang merujuk kepada gadis cantik model promosi yang ditempatkan di pit dan lintasan balap, dan menjadi anggota tim penggembira dalam gelaran acara balap mobil atau motor, misalnya Formula Satu atau MotoGP.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan model (peragawati) promosi dalam acara balap kendaraan bermotor pertama kali terjadi pada akhir 1960-an, ketika seorang gadis peragawati bernama Rosa Ogawa (小川ローザ, Ogawa Rōza) didatangkan untuk mendampingi sang juara. Saat itulah istilah race queen (ratu balap) tercetus. Sebelumnya, perempuan yang terlibat dalam perhelatan balap biasanya adalah istri atau pacar sang pembalap atau staf balap (dengan pengecualian pembalap perempuan yang memang terlibat di dunia balap).

Pada 1983, perusahaan losion Hawaiian Tropic menyeponsori helatan 24 Hours of Le Mans. Perusahaan ini memboyong beberapa model cantik dari Amerika Serikat untuk tampil di lintasan balap sesaat sebelum balapan dimulai. Para model ini hanya mengenakan bikini yang bertuliskan nama perusahaan. Setahun kemudian, praktik ini ditiru Jepang pada gelaran balap motor Suzuka 8 Hours.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]