Gadis Penari dari Izu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"The Dancing Girl of Izu"
PengarangYasunari Kawabata
Judul asli"伊豆の踊子
Izu no Odoriko"
PenerjemahE. Seidensticker (1955);
J. Martin Holman (1998)
Negara Jepang
BahasaJepang
GenreCerita pendek
Jenis mediaPrint
Tanggal terbit1926
Versi Inggris1955 (diringkas), 1998

"Gadis Penari dari Izu" atau "The Izu Dancer" (伊豆の踊子, Izu no odoriko) adalah cerita pendek tahun 1926 oleh penulis Jepang dan pemenang Hadiah Nobel Yasunari Kawabata.[1] Cerpen ini pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Edward Seidensticker dan diterbitkan dalam bentuk singkat sebagai "Penari Izu" di The Atlantic Monthly pada tahun 1955.[2] Terjemahan bahasa Inggris lengkap dari kisah itu muncul pada tahun 1998[3]

Kawabata's "The Izu Dancer" melambangkan memori cinta awal yang liris dan elegi.[4] Cerita ini terkenal di Jepang, dan, hari ini, bagian dari nama cerita, Odoriko (yang berarti "gadis penari") digunakan sebagai nama kereta ekspres ke daerah Izu.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Terowongan Amagi tua, tempat pembukaan cerita.

"The Dancing Girl of Izu" bercerita tentang interaksi antara seorang siswa laki-laki muda dari Tokyo, dan sekelompok kecil pemain keliling dari pulau Oshima di dekatnya yang dia temui saat keliling Semenanjung Izu. Siswa melihat kelompok beberapa kali dan berfokus pada keindahan penari termuda yang membawa drum besar. Dia menganggap bagaimana berada di jalan yang sama dengan para pemain keliling ini menyenangkan. Kemudian, dia bertemu mereka lagi di rumah teh, tetapi setelah mendengar bahwa mereka akan pergi ke kota berikutnya, dia berjuang dengan pikiran mengejar mereka.

Setelah bertemu dengan kelompok itu, dia bertindak tidak mencolok ketika dia melewati mereka di jalan setapak. Sangat melegakan, satu-satunya laki-laki dalam kelompok itu, Eikichi, tiba-tiba memulai percakapan dengan siswa, memberinya alasan untuk mengimbangi para pelancong. Selama perjalanan, dia menyukai penari muda yang dia lihat sebelumnya, karena karakternya yang segar dan naif. Dia dengan cepat berteman dengan Eikichi, dan mengikuti grup sampai mereka tiba di sebuah penginapan tua. Namun, banyak kekecewaannya, Eikichi bersikeras bahwa dia tinggal di penginapan yang lebih baik, karena dia melihat siswa sebagai seseorang yang berstatus lebih tinggi. Malamnya, ia mendengar para pemain mengadakan pertunjukan di restoran terdekat, dan mengenali suara drum penari muda yang berbeda. Dia mendengarkan dengan seksama suara drumnya, dan meyakinkan dirinya sendiri bahwa setelah mereka selesai tampil di pesta mereka akan datang mengunjunginya. Namun, ia menjadi sangat gelisah di malam hari ketika mereka tidak bertemu dengannya sampai keesokan paginya.

Eikichi mengundangnya ke pemandian umum terdekat untuk bersantai dan berbagi cerita. Yang mengejutkan, ketika dia melihat para wanita muda bermain di sungai yang berdekatan, dia menyadari bahwa gadis yang dia kembangkan perasaannya jauh lebih muda daripada yang dia bayangkan sebelumnya. Setelah memahami kesalahannya, ia merasa beban kegilaannya lenyap dan kemudian tertawa terbahak-bahak; dia menghabiskan sisa hari itu dalam semangat yang sangat baik. Keesokan harinya, ia bersiap-siap untuk pergi dengan para pemain, tetapi ia menemukan bahwa mereka berencana untuk tinggal satu hari ekstra dan tidak memiliki masalah jika ia pergi di depan mereka. Sekali lagi, Eikichi menyelamatkannya dari banyak masalah dan menyarankan agar ia tinggal satu hari ekstra juga. Akibatnya, ia terus menemani para pemain sepanjang hari-hari berikutnya. Selanjutnya, siswa mampu mempertahankan kasih sayang terhadap penari muda melalui tindakan persahabatan. Suatu hari, ketika mereka berada di jalan, dia sengaja mendengar wanita lain berbicara tentang dia, dan dia sangat lega mengetahui bahwa mereka pikir dia adalah orang yang baik.

Dia kecewa ketika dia akhirnya harus berpisah dari kelompok untuk kembali ke rumah, dan setelah bertukar perpisahan singkat dengan penari dan Eikichi, dia menjadi sangat marah karena harus berpisah dengan teman-teman barunya begitu cepat. Dengan pikiran bahwa ia tidak akan melihat mereka lagi, ia dengan sungguh-sungguh menaiki kapal menuju Tokyo. Namun, suasana ketidakpastian tentang pertemuan mereka di masa depan tetap ada di pikiran pembaca, karena Eikichi dalam beberapa kesempatan melalui cerita telah berbicara tentang siswa yang kembali mengunjungi mereka di Oshima.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Kisah ini telah didramatisasi beberapa kali di Jepang.

Film[sunting | sunting sumber]

Kecuali disebutkan sebaliknya, semuanya talkie dan berwarna. Untuk setiap pasangan bintang, pemeran utama wanita diberi nama pertama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nobel Lecture by Yasunari Kawabata Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine., 1968
  2. ^ A variety of dates from 1952 to 1958 can be found on the web, but the archives of the Atlantic say it was the January 1955 issue (see this Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine.).
  3. ^ Yasunari Kawabata, The Dancing Girl of Izu and Other Stories, trans. J. Martin Holman (Berkeley, CA: Counterpoint Press, 1998; ISBN 1-887178-94-5).
  4. ^ Morris, Mark. 1997 "Orphans: Stories by a Japanese Nobel laureate are part memoir, part fiction Diarsipkan 2018-01-13 di Wayback Machine.", New York Times.
  5. ^ "Odoriko trains in Izu Diarsipkan 2021-08-22 di Wayback Machine.", photographs of "Odoriko" trains in Izu Peninsula.
  6. ^ a b c d e f 永遠の宝、伊豆の踊子 河津町、映画4作のフィルム保管, Asahi Shinbun, 5 June 1999, morning Shizuoka edition.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]