Gabungan Artis dan Seniman Sunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Gabungan Artis dan Seniman Sunda adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan oleh para artis dan seniman asal Jawa Barat yang berkiprah di panggung nasional dalam wadah resmi bernama Paguyuban GASS (Gabungan Artis dan Seniman Sunda) untuk kegiatan sosial dan persaudaraan membangun Nusantara. Lebih dari 400 artis dan seniman sudah bergabung, dengan Dede Yusuf sebagai Pembina GASS, Agum Gumelar didapuk sebagai pelindung. [1]

Salah satu Ketua GASS adalah penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslow. [2] Program GASS menitikberatkan pada, salah satunya, membangun keperdulian sesama dengan membantu korban bencana alam seperti yang terjadi di Sumatera Barat dan Tanah Pasundan, Jawa bagian Barat. GASS juga melakukan aksi keperdulian berupa santunan kepada para seniman dan artis senior yang sudah sepuh.

Program jauhnya, GASS diharapkan dapat melakukan advokasi dan pemberdayaan para seniman lokal dan daerah, khususnya para pekerja seni tradisional yang hampir punah. Dede Yusuf, selaku pembina, "Mengajak GASS untuk ikut sosialisasi program2 pemerintah supaya cepat dicerna oleh masyarakat. Biasanya masyarakat akan cepat mencerna dan menerima informasi yang disampaikan artis atau seniman dibanding jika disampaikan oleh para pejabat."

Dalam rangkaian HUT ke-200 Kota Bandung, GASS juga akan memberi kado khusus berupa penampilan 200 artis dan seniman pada tanggal 10 Maret 2010 di Lapangan Gasibu Bandung. Nama acaranya Kampung GASS (Karya Musik Panggung GASS). Acara dimulai pukul 10.00 sampai pukul 24.00 dan gratis. Para artis dan seniman sudah sepakat tidak dibayar alias gratis. Padahal, yang tampil adalah para artis dan seniman papan atas seperti Changcuter, Kuburan, Ridho Rhoma, Peterpan, dan para artis ibu kota baik penyanyi, bintang sinetron, presenter, bintang film, desainer, dll. [3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dede (February 12, 2010 at 10:41am). "GASS: dari Sunda untuk Nusantara". Blog resmi Dede Yusuf. Diakses tanggal 21 Agustus 2015.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  2. ^ Umi Kalsum (Senin, 8 Maret 2010 19:59 WIB). "Acara ini digelar di Lapangan Gasibu. Tiketnya sebuah buku tulis". viva.co.id. Diakses tanggal 21 Agustus 2015.  Periksa nilai tanggal di: |date= (bantuan)
  3. ^ GASS memang menghimpun para artis dan seniman asal Jawa Barat/Sunda. Tapi karya dan visi GASS adalah untuk Merah Putih. Artinya, GASS berasal dari Sunda tapi mengabdi untuk kejayaan Nusantara.