Fusajiro Yamauchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Fusajiro Yamauchi
Fusajiro Yamauchi.png
Nama asal 山内 房治郎
Lahir (1859-11-22)22 November 1859
Kyoto, Jepang Bendera Jepang
Meninggal 1 Januari 1940(1940-01-01) (umur 80)
Sebab meninggal Stroke
Kebangsaan Bendera Jepang Jepang
Pekerjaan Presiden Nintendo (1889–1929)
Dikenal atas Pendiri Nintendo

Fusajiro Yamauchi (山内 房治郎 Yamauchi, Fusajirō, 22 November 1859 - January 1940) adalah seorang pengusaha Jepang yang mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Nintendo. Fusajiro Yamauchi tinggal di Kyoto, Jepang dan memiliki seorang istri dan putri.

Nintendo Koppai[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 November 1889, Fusajiro Yamauchi membuka "Hanafuda" (kartu bunga) pertama toko kartu yang disebut "Nintendo Koppai" di saat pemerintah Jepang melarang bermain kartu dari tangan masyarakat, karena mereka terikat dengan perjudian , dengan pengecualian dari bermain kartu Yamauchi ini. Dengan sukses besar yang ada dalam penjualan kartu tersebut, hal itu dengan cepat mulai berkembang dan membuka toko kartu lain di Osaka. Dia kemudian melanjutkan untuk menciptakan permainan kartu lebih banyak lagi. Dia membuat Nintendo setelah kena banned.

Pensiun dan kematian[sunting | sunting sumber]

Fusajiro pensiun pada tahun 1929 pada usia 70 tahun, meninggalkan anak mertuanya yakni Sekiryo Kaneda (namanya telah diubah menjadi Sekiryo Yamauchi) yang bertanggung jawab terhadap perusahaannya. Sebelas tahun berikutnya Fusajiro tetap keluar dari bisnis sampai ia mengalami stroke, yang menyebabkan kematiannya pada tahun 1940.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]