Fumarol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fumarol di sebelah timur danau Kawah Ijen (1927-1929)

Fumarol (Latin fumus, asap) adalah lubang pada kerak bumi (atau benda langit lainnya) yang mengeluarkan uap dan gas seperti karbon dioksida, belerang dioksida, asam klorida, dan hidrogen sulfida. Fumarol sering ditemukan di sekitar gunung berapi. Fumarol yang mengeluarkan gas sulfur disebut solfatara (berasal dari kata solfo dari bahasa Italia, sulfur [melalui dialek Sisilia]) .

Fumarol bisa terdapat di sepanjang retakan kecil maupun rekahan yang panjang, dalam medan atau klaster yang kacau balau, dan di permukaan aliran lava serta endapan aliran piroklastik yang tebal. Lapangan fumarol merupakan suatu wilayah mata air panas dan semburan gas di mana magma atau batuan beku yang panas di kedalaman yang dangkal atau air tanah. Dari perspektif air tanah, fumarol bisa dideskripsikan sebagai mata air panas yang membuat air mendidih sebelum air mencapai permukaan tanah.

Sebuah fumarol di kawah Halema`uma`u

Salah satu aktivitas fumarol yang terkenal adalah Lembah Ten Thousand Smokes, yang terbentuk selama meletusnya gunung Novarupta di Alaska pada 1912. Fumarol bisa bertahan selama beberapa dekade atau abad jika berada di atas sebuah sumber panas yang persisten, atau hilang dalam berminggu-minggu atau berbulan-bulan jika berada di puncak sebuah endapan vulkanik yang masih baru dan cepat mendingin.

Referensi[sunting | sunting sumber]