Frederick P. Brooks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Frederick P. Brooks

Frederick Phillips Brooks, Jr. (lahir 19 April 1931; umur 82 tahun) adalah seorang software engineer dan ilmuwan komputer, yang dikenal sebagai orang yang mengelola pengembangan OS/360, dan kemudian menuliskan prosesnya secara samar dalam buku terkenal The Mythical Man-Month. Pada tahun 1999, Brooks menerima Turing Award.

Lahir di Durham, North Carolina, belajar di Duke University (lulus 1953) dan kemudian dia menyelesaikan Ph.D. di bidang matematika terapan (ilmu komputer) di Universitas Harvard pada tahun 1956, dalam bimbingan Howard Aiken.

Brooks bergabung dengan IBM pada tahun 1956. Dia mengerjakan arsitektur Stretch (sebuah superkomputer senilai $10m untuk Los Alamos Scientific Laboratory) dan komputer Harvest dan kemudian menjadi manajer pengembangan seri komputer System/360 dan perangkat lunak OS/360 yang jalan di atasnya.

Dalam buku The Mythical Man-Month Brooks menuliskan: "Adding people to a late software project makes it later.", yang kini dikenal sebagai "Brooks' law." Selain buku The Mythical Man-Month, Brooks juga dikenal lewat tulisan No Silver Bullet, sebuah esai di bidang perangkat lunak.

Pada tahun 1965, Brooks keluar dari IBM dan bekerja di Department of Computer Science pada University of North Carolina at Chapel Hill.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]