Fred Jones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fred Jones
Tokoh Scooby-Doo
Penampilan
perdana
"What a Night for a Knight" (Scooby-Doo, Where Are You!; 1969)
PenciptaJoe Ruby
Ken Spears
Pemeran
Pengisi suara
Informasi
JulukanFreddie
Jenis kelaminLaki-laki
Pihak lain

Fred Jones adalah karakter fiksi di seri animasi Amerika Scooby-Doo, tentang kuartet remaja pemecah misteri dan anjing Great Dane yang menjadi peliharaan mereka, Scooby-Doo. Fred terutama diperankan oleh pengisi suara Frank Welker sejak karakter tersebut muncul pada tahun 1969.

Penokohan[sunting | sunting sumber]

Di sebagian besar serial, Fred mengenakan kemeja putih dan/atau biru dan celana biru. Dalam seri aslinya, Fred mengenakan dasi ascot oranye dengan kemeja biru dan sweter putih. Dalam film direct-to-video tahun 1990-an, Fred umumnya mengenakan kemeja biru muda. Dalam seri 2002 What's New, Scooby-Doo?, pakaian Fred diperbarui, dengan ascot oranyenya diganti dengan garis biru. Dia sering ditampilkan membangun berbagai jebakan Rube Goldberg untuk penjahat, yang sering dilakukan oleh Scooby-Doo atau Shaggy secara tidak sengaja, menyebabkan penjahat ditangkap dengan cara lain. Fred biasanya memimpin dalam memecahkan misteri. Saat mencari petunjuk, Fred dan Daphne biasanya pergi bersama dengan Velma yang datang, tetapi terkadang Fred dan Daphne berpasangan, meninggalkan Velma untuk pergi bersama Shaggy dan Scooby. Meskipun umumnya pria yang sangat baik, Fred terkadang suka memerintah memaksa Shaggy dan Scooby untuk mengambil bagian dalam menangkap penjahat meskipun ketakutan dan/atau penilaian mereka lebih baik.

Menurut Scooby-Doo: Behind the Scenes, nama panggilan masa kecilnya adalah "Pickle". Dia terpilih sebagai "Tertampan" di sekolah dan pernah menjadi bagian dari rombongan pertunjukan sebelum dia mengabdikan dirinya untuk memecahkan misteri. Pelatihan dramanya membantunya masuk ke pikiran penjahat yang dihadapi geng. Daphne mengatakan bahwa setiap kali mereka merasa sangat takut, Fred akan menyanyikan lagu-lagu dari Show Boat untuk menenangkan mereka. Fred suatu hari berharap menjadi penulis misteri terkenal di mana dia berharap untuk menggunakan semua bakatnya secara maksimal.

Dalam A Pup Named Scooby-Doo, Fred digambarkan sebagai orang yang kurang cerdas dan sering mempercayai teori dan legenda konspirasi gila seperti Bigfoot dan orang tahi lalat dan membaca majalah Pembesar Nasional. Di setiap episode, Fred akan menyalahkan penjahat di lingkungan sekitar, Red Herring (plesetan dari idiom red herring). Dalam What's New, Scooby-Doo?, Fred versi remaja diperlihatkan memiliki banyak minat seperti jebakan, seni bela diri, gulat, dan angkat besi. Dalam Scooby-Doo: Mystery Incorporated, minatnya terbatas pada "perangkap dan pemecahan misteri", meskipun kemudian dia mengakui bahwa dia memiliki perasaan dan kencan Daphne.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Scooby Doo 2: Monsters Unleashed: The Video Game". Behind The Voice Actors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-10. Diakses tanggal 2022-09-18. 
  2. ^ Burlingame, Russ (December 22, 2021). "Scoob!: Holiday Haunt First Look Revealed in HBO Max Teaser". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-30. Diakses tanggal December 29, 2021.