Shaggy Rogers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shaggy Rogers
Tokoh Scooby-Doo
Penampilan
perdana
"What a Night for a Knight" (Scooby-Doo, Where Are You!; 1969)
PenciptaJoe Ruby
Ken Spears
Pemeran
Pengisi suara
Informasi
Nama lengkapNorville Rogers
Jenis kelaminMale
Keluarga
Pihak lainnya

Norville "Shaggy" Rogers adalah karakter fiksi dan merupakan salah satu dari empat protagonis manusia dalam waralaba Scooby-Doo. Dia umumnya digambarkan sebagai detektif amatir dan pemalas, penakut, dengan sahabat lama anjingnya yang juga sama-sama pengecut, Scooby-Doo.

Penokohan[sunting | sunting sumber]

Shaggy memiliki pola bicara yang khas, ditandai dengan seringnya menggunakan kata pengisi "suka". Suaranya agak puber, dan sering pecah ketika dia berbicara. Selain itu, dia adalah satu-satunya karakter dalam grup dengan rambut wajah (yang terdiri dari janggut kasar). Pakaian khasnya terdiri dari kaus V-neck baggy hijau, longgar marun atau coklat bell-bottom pants, dan sepatu hitam. Dalam The 13 Ghosts of Scooby-Doo dan film-film awal yang dibuat untuk TV, dia mengenakan v-neck merah dan blue jeans.

Seperti anjingnya Scooby, Shaggy sering disuap dengan Scooby Snacks karena nafsu makannya yang besar dan kecintaannya pada makanan. Dia dan Scooby membenarkan rasa lapar mereka dengan bersikeras bahwa "Berada dalam keadaan teror terus-menerus membuat kita terus-menerus lapar!" di Scooby-Doo di Pulau Zombie. Makanan favorit Shaggy adalah "pizza keju ekstra dengan acar" (seperti yang terungkap dalam film TV Scooby-Doo! Abracadabra-Doo). Selain itu, dalam "Bedlam in the Big Top", dia mengatakan bahwa dia dulu lari trek, dan dalam "What a Night for a Knight" dia menyatakan bahwa dia adalah seorang pesenam – keduanya menjelaskan keterampilan luar biasa dalam menghindari penjahat dengan cepat. Dia telah ditunjukkan, dalam beberapa kasus, untuk dapat berlari lebih cepat daripada Scooby, bahkan ketika Scooby berjalan dengan empat kaki. Episode "A Clue for Scooby-Doo" dari seri perdana Scooby-Doo, Where Are You!, mengungkapkan bahwa seleranya akan kombinasi makanan yang tidak biasa (seperti hot dog berlapis cokelat dan liverwurst "a la mode") adalah konsekuensi dari bayi Shaggy yang menerima unit pembuangan sampah untuk mainan pertamanya. Dalam Scooby-Doo! and the Monster of Mexico, Fred menyatakan bahwa alasan Shaggy makan begitu banyak (sambil mempertahankan fisiknya yang ramping) adalah "metabolismenya yang tinggi". Namun, dalam Scooby-Doo: Behind the Scenes , Fred mengatakan bahwa alasan sebenarnya Shaggy sangat kurus adalah karena dia adalah vegetarian (referensi ke Casey Kasem's veganisme). Shaggy mampu prestasi atletis yang mengesankan ketika dia takut; namun, kemampuan ini selalu digunakan untuk komedi, dengan Shaggy hanya mampu melakukan hal seperti itu ketika panik. Misalnya, setelah ketakutan di Scooby-Doo! Camp Scare , dia mengguncang jeruji besi dari sel penjara kuno begitu keras sehingga mereka runtuh.

Shaggy menjadi sangat takut ketika dihadapkan dengan monsters atau situasi menakutkan lainnya, biasanya menampilkan kepengecutan ke tingkat yang jauh lebih besar daripada karakter lain kecuali Scooby. Hal ini dijelaskan dalam "Legend of the Phantosaur" sebagai kemungkinan jenis gangguan panik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shaggy Rogers". Behind the Voice Actors. 
  2. ^ "Scooby Doo 2: Monsters Unleashed: The Video Game". Behind the Voice Actors. 
  3. ^ Kit, Borys (March 1, 2019). "Will Forte, Gina Rodriguez and Tracy Morgan to Star in Animated Scooby-Doo Movie (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 1, 2019. 
  4. ^ Burlingame, Russ (December 22, 2021). "Scoob!: Holiday Haunt First Look Revealed in HBO Max Teaser". ComicBook.com. Diakses tanggal December 29, 2021.