Franciscus Bernardus Jacobus Kuiper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Franciscus Bernardus Jacobus Kuiper (7 Juli 1907–14 November 2003) adalah pakar Indologi dan "salah satu Indolog termasyhur dalam satu abad terakhir ... Karyanya yang inovatif mencakup hampir seluruh bidang filologi India-Iran dan India-Arya, linguistik, mitologi, dan teater, serta bahasa Indo-Eropa, Dravida, Munda, dan Pan-India".[1]

Kuiper lahir di Den Haag, Belanda. Ia mempelajari bahasa Latin, Yunani, Sanskerta, dan Indo-Eropa di Universitas Leiden. Pada tahun 1934, ia menyelesaikan tesis doktoralnya dengan topik suara dengung di bahasa sanskerta dan bahasa Indo-Eropa lainnya. Setelah bekerja sebagai guru bahasa Latin dan Yunani di sekolah menengah di Batavia (Jakarta), Indonesia selama 5 tahun, ia diangkat sebagai dosen bahasa Sanskerta di Universitas Leiden pada 1939.

Kuiper merupakan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda yang berpusat di Amsterdam, dan penerima anugerah Ksatria Ordo Singa Belanda. Ia dimakamkan di pemakaman Rijnhof, Leiden.

Obituari[sunting | sunting sumber]

  • Obituari oleh Prof. Michael Witzel dari Departemen Studi Sanskerta Universitas Harvard dalam Indo-Iranian Journal yang dicetak kembali di Electronic Journal of Vedic Studies (EJVS 11-1 2004) [1] Diarsipkan 2007-09-27 di Wayback Machine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 2015-02-07.