Folkestone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Folkestone
Berkas:File: Harbour full view Folkestone.jpg
Population 46.698 (2011)[1]
Ref. grid OS TR218361
    - London  71,3 mi (114,7 km) 
District Folkestone and Hythe
County shire Kent
Wilayah
Negara konstituen Inggris
Negara berdaulat Britania Raya
Kota pos FOLKESTONE
Distrik kode pos CT18–CT20
Kode telepon 01303
Polisi
Pemadam kebakaran
Ambulans
Parlemen UE Inggris Tenggara
Parlemen Britania Folkestone and Hythe
Daftar tempat: Britania • Inggris •

Folkestone (/ˈfəʊkstən/ FOHK-stən) adalah kota pelabuhan di Selat Inggris, terletak di Kent, Inggris tenggara. Kota ini berada di tepi selatan North Downs di sebuah lembah di antara dua tebing. Ini merupakan pelabuhan pengiriman yang penting & resor pantai yang modis pada sebagian besar abad ke-19 dan pertengahan ke-20.

Terdapat permukiman di lokasi ini sejak era Mesolitikum. Sebuah biara perempuan yang didirikan oleh Eanswith, cucu dari Æthelberht dari Kent pada abad ke-7, masih diingat sebagai bagian dari budaya kota tersebut. Selama abad ke-13 kota ini kemudian berkembang menjadi pelabuhan laut dan pelabuhan tersebut dikembangkan selama awal abad ke-19 untuk menjadi pertahanan terhadap invasi oleh Prancis. Folkestone diperluas lebih jauh ke barat setelah dibangunnya jalur kereta api pada 1843 sebagai resor pantai elegan, berkat investasi dari Pangeran Radnor di bawah rencana urban Decimus Burton.

Di masa kejayaannya – selama era Edwardian – Folkestone dianggap sebagai resor paling modis pada waktu itu, dikunjungi oleh keluarga kerajaan – di antaranya Ratu Victoria dan Edward VII dan anggota aristokrasi Inggris yang lainnya. Arsitektur kota, khususnya di bagian West End kota merupakan kesaksian periode ini dengan banyaknya bangunan indah, townhouse, villa, lapangan pribadi dan hotel besar untuk menampung para bangsawan. Setelah dua perang dunia dan boomingnya paket liburan ke luar negeri, kota ini segera ditinggalkan. Perdagangan di pelabuhan berkurang setelah dibukanya Terowongan Channel dan berakhirnya layanan feri dari Folkestone, tetapi pelabuhan ini masih aktif digunakan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Folkestone Templat:Shepway Templat:Kent