Floyd Patterson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Floyd Patterson
Floyd Patterson in January 1962
Statistik
Nama panggilanThe Gentleman of Boxing
Dinilai pada
Tinggi6 ft 0 in
Mencapai71 in
KebangsaanAmerican
Lahir(1935-01-04)4 Januari 1935
Waco, North Carolina, U.S.
Meninggal11 Mei 2006(2006-05-11) (umur 71)
New Paltz, New York, U.S.
SikapOrthodox
Catatan tinju
Total perkelahian64
Menang55
Menang oleh KO40
Kalah8
Imbang1

Floyd Patterson (4 Januari 1935–11 Mei 2006) adalah seorang petinju profesional asal Amerika Serikat yang berkarier dari tahun 1952 hingga 1972. Dia dua kali menjadi juara dunia tinju kelas berat antara tahun 1956 dan 1962. Pada usia 21 tahun dia menjadi petinju termuda dalam sejarah yang memenangkan gelar, dan juga petinju kelas berat pertama yang mendapatkan kembali gelarnya setelah sempat kehilangan gelar. Ketika menjadi seorang petinju amatir, dia memenangkan medali emas di divisi kelas menengah pada Olimpiade Musim Panas 1952.

Pada tahun 1956 dan 1960 Patterson terpilih sebagai Fighter of the Year oleh Majalah The Ring dan Boxing Writers Association of America. Dia dimasukkan ke dalam International Boxing Hall of Fame pada tahun 1991.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Patterson lahir pada tanggal 4 Januari 1935[1] dalam sebuah keluarga miskin di Waco, North Carolina. Dia adalah salah satu dari sebelas bersaudara. Savannah Joe Patterson adalah sepupu pertamanya yang berasal dari luar Arkansas, dia pergi dan berkunjung pada musim panas tahun-tahun awal. Sewaktu masih kecil, Floyd adalah anak yang nakal dan bermasalah. Keluarganya pindah ke Brooklyn, New York, dan di sana Floyd menjadi anak suka membolos dan pencuri kecil. Pada umur 10 tahun dia dikirim ke Wiltwyck School for Boys, sebuah lembaga pemasyarakatan untuk anak-anak di West Park, New York, yang dia anggap telah mengubah hidupnya. Dia tetap di sana selama hampir dua tahun. Dia belajar di sekolah menengah atas di New Paltz, New York dan di sana meraih kesuksesan dalam semua olahraga.[2]

Patterson mulai bertinju pada umur 13 tahun dan berlatih dengan Bedford-Stuyvesant Boxing Association Gym.[3] Tiga tahun kemudian dia memenangkan medali emas di divisi kelas menengah pada Olimpiade Helsinki 1952. Pada tahun yang sama dia juga memenangkan Kejuaraan Amatir Nasional Kelas Menengah dan Kejuaraan New York Golden Gloves Kelas Menengah.[4] Pada saat itu dia dilihat oleh Cus D'Amato, dan berlatih di Gramercy Gym.

Adik laki-laki Patterson yang bernama Raymond (lahir tahun 1942) juga menjadi petinju profesional di divisi kelas berat dan tinggal Gothenburg, Swedia, sejak tahun 1965.[5]

Hasil Olimpiade[sunting | sunting sumber]

  • Babak 16: Mengalahkan Omar Tebakka (Prancis) dengan angka, 3–0
  • Perempat final: Mengalahkan Leonardus Jansen (Belanda), pertandingan dihentikan pada ronde pertama
  • Semifinal: Mengalahkan Stig Sjölin (Swedia) dengan diskualifikasi pada ronde ketiga
  • Mengalahkan Vasile Tiță (Romania) dengan kemenangan KO pada ronde pertama

Rekor amatir Patterson adalah 40 kali menang (37 dengan KO) dan 4 kali kalah.

Patterson tangannya lebih tinggi, di depan wajahnya, daripada sebagian besar petinju. Para kolumnis olaharaga menyebut gaya Patterson itu sebagai gaya "peek-a-boo" atau 'ciluk ba'.

Karier professional[sunting | sunting sumber]

Patterson beralih ke tinju profesional dan terus naik ke jajaran atas. Satu-satunya kekalahan pada awal karier profesionalnya adalah kekalahan dari mantan Juara Dunia Kelas Berat Ringan, Joey Maxim, dalam pertandingan delapan ronde yang digelar tanggal 7 Juni 1954 di Eastern Parkway Arena di Brooklyn, New York. Patterson kalah angka dalam pertandingan tersebut.

Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

Patterson tahun 1957

Meskipun Patterson bertanding dengan bobot tubuh di sekitar batas maksimal kelas berat ringan dalam sebagian besar pertandingan awalnya, dia dan manajernya, Cus D'Amato, selalu punya rencana bertanding dalam perebutan gelar juara kelas berat. Pada kenyataannya, D'Amato dengan jelas mengungkapkan rencana itu pada tahun 1954, ketika dia berkata kepada media bahwa Patterson menginginkan gelar kelas berat.[6] Namun, setelah Rocky Marciano mengumumkan pensiunnya sebagai Juara Dunia Tinju Kelas Berat World pada tanggal 27 April 1956, Patterson mendapatkan status penantang teratas di kelas berat ringan oleh majalah The Ring. Setelah pensiunnya Marciano diumumkan, Jim Norris dari International Boxing Club menyatakan bahwa Patterson adalah salah satu dari enam petinju yang akan ambil bagian dalam turnamen eliminasi untuk menentukan penerus gelar Marciano. The Ring kemudian menempatkan Patterson sebagai nomor lima dalam pemeringkatan di kelas berat.[7]

Patterson vs. Moore[sunting | sunting sumber]

Setelah mengalahkan Tommy "Hurricane" Jackson dalam pertandingan eliminasi, Patterson menghadapi Juara Kelas Berat Ringan, Archie Moore, pada tanggal 30 November 1956 dalam pertandingan perebutan gelar Juara Dunia Kelas Berat. Dia membuat Moore KO pada ronde kelima dan menjadi Juara Dunia Kelas Berat termuda dalam sejarah. Kala itu dia berusaia 21 tahun, 10 bulan, 3 minggu, dan 5 hari. Dia adalah pemegang medali emas Olimpiade pertama yang memenangkan gelar juara tinju profesional kelas berat.

Ingemar Johansson membuat KO Floyd Patterson dan menjadi juara dunia tinju kelas berat, 26 Juni 1959.

Patterson vs. Johansson I, II, & III[sunting | sunting sumber]

Setelah menjalani sejumlah pertandingan untuk mempertahankan gelar dengan melawan beberapa penantang papan bawah (Hurricane Jackson, Pete Rademacher, Roy Harris,[8] dan Brian London), Patterson bertemu dengan Ingemar Johansson, petinju asal Sweden yang kala itu berstatus sebagai penantang pertama. Ini adalah pertandingan pertama dari tiga perjumpaan mereka. Johansson mengalahkan Patterson pada tanggal 26 Juni 26 1959. Wasit Ruby Goldstein menghentikan pertandingan pada ronde ketiga setelah petinju asal Swedia itu merobohkan Patterson tujuh kali. Johansson menjadi petinju Swedia pertama yang menjadi Juara Dunia Kelas Berat, dan menjadi pahlawan nasional karena merupakan petinju Eropa pertama yang mengalahkan petinju Amerika dalam perebutan gelar juara sejak tahun 1933.

Patterson menang KO atas Johansson pada ronde kelima dalam pertandingan kedua mereka yang digelar tanggal 20 Juni 1960. Dia menjadi petinju pertama dalam sejarah yang kembali mendapatkan gelar Juara Dunia Tinju Kelas Berat Tak Terbantahkan. Johansson roboh di kanvas dengan keras. Dia seperti pingsan sebelum mendarat dengan punggungnya. Dengan mata sayu dan darah yang menetes dari mulutnya serta kaki yang gemetaran, dia dinyatakan KO. Johansson terbaring tidak sadar selama lima menit sebelum dibantu untuk duduk di atas kursi.

Pertandingan ketiga di antara mereka digelar tanggal 13 Maret 1961. Meskipun Johansson sempat merobohkan Patterson, Patterson berhasil mempertahankan gelarnya dengan kemenangan KO pada ronde keenam dalam pertandingan terakhir mereka. Dalam pertandingan itu, Patterson dua kali dijatuhkan, sedangkan Johansson sekali pada ronde pertama. Johansson mendaratkan tangannya di atas pukulan jab kiri Floyd. Bangkit setelah jatuh untuk kedua kalinya, Floyd meninggalkan jabnya dan melancarkan pukulan hook kiri yang merobohkan Johansson. Setelah itu, Patterson mulai menyerang dengan pukulan kuat ke arah badan yang membuat letih Johansson. Pada ronde keenam, Johansson memukul Patterson dengan pukulan tangan kanan yang keras. Namun, kekuatan pukulan Ingemar telah hilang. Dalam pertandingan itu, Patterson menang KO pada ronde keenam.[9]

Setelah pertandingan ketiga melawan Johansson, Patterson mempertahankan gelarnya di Toronto pada tanggal 4 December 1961. Dia melawan Tom McNeeley dan menang KO pada ronde keempat.[10][11] Namun, dia tidak melawan penantang nomor satu, yakni Sonny Liston. Ini sebagian karena Cus D'Amato tidak ingin Patterson berada dalam satu ring dengan seorang petinju yang punya hubungan dengan mafia. Alhasil, D'Amato menolak pertandingan apa pun yang melibatkan IBC. Pada akhirnya, karena sengketa uang dengan Jimmy Jacobs, Patterson tidak lagi mempekerjakan D'Amato sebagai manajernya dan setuju untuk melawan Liston.

Patterson vs. Liston I & II[sunting | sunting sumber]

Menjelang pertandingan, Liston dijagokan dalam taruhan, meskipun Sports Illustrated memprediksi Patterson bakal menang dalam pertandingan 15 ronde. Jim Braddock, Jersey Joe Walcott, Ezzard Charles, Rocky Marciano, dan Ingemar Johansson menjagokan Patterson menang. Pertandingan itu juga membawa sejumlah implikasi sosial. Hubungan Liston mafia diketahui luas dan NAACP khawatir harus berurusan dengan about having to deal with Liston's visibility sebagai juara dunia dan mendesak Patterson untuk tidak melawan Liston, takut kemenangan Liston bakal mengganggu gerakan hak sipil.[12] Patterson berujar bahwa John F. Kennedy juga tidak ingin dia melawan Liston.[13]

Gelar Patterson direbut Liston di Chicago pada tanggal 25 September 1962 karena kalah KO pada ronde pertama di depan 18.894 penonton. Dua petinju itu terlihat sangat berbeda. Di dalam ring, ukuran tubuh Liston dan kekuatannya terbukti terlalu besar untuk dilawan dengan kecerdikan dan kelincahan Patterson. Namun, Patterson tidak memanfaatkan kecepatannya. Menurut penulis Sports Illustrated, Gilbert Rogin, Patterson cukup banyak memukul dan kerap berusaha merangkul Liston. Liston berulang kali memukul keras Patterson pada area badannya dan kemudian dikurangi, selanjutnya melancarkan dua pukulan hook tinggi ke arah kepala Patterson. Hasilnya adalah kemenangan KO tercepat ketiga dalam sejarah tinju.[14] Setelah dibuat KO, Patterson pergi dari Comiskey Park di Chicago dengan mengenakan kacamata hitam dan janggut palsu dalam perjalanan pulang ke New York. Selepas pertandingan itu, muncul pertanyaan apakah pertandingan tersebut telah diatur demi bisa mengelar pertandingan ulang yang lebih banyak menghasilkan uang. Dalam semalam, Patterson tampak kehilangan dukungan dari publik karena cepat sekali dibuat KO.[15] Meskipun kalah, Patterson mengantongi $2 juta, to be paid over 17 years.[16]

Pertandingan kedua direncanakan digelar pada bulan April 1963. Namun, Liston mengalami cedera lutut setelah mengayunkan tongkat golf club sehingga pertandingan diundur tiga bulan hingga tanggal 22 Juli 2963. Di Las Vegas malam itu, Patterson berusaha menjadi petinju pertama yang memenangkan gelar kelas berat sebanyak tiga kali. Sayangnya, Liston kembali membuatnya KO pada ronde pertama. Patterson bertahan empat detik lebih dalam daripada saat pertandingan pertama.

Setelah kehilangan gelar[sunting | sunting sumber]

Setelah kekalahan yang didapatkannya, Patterson mengalami depresi. Namun, dia pada akhirnya pulih dan kembali memenangkan sejumlah pertandingan, termasuk kemenangan besar atas Eddie Machen dan George Chuvalo. Pertandingan antara Patterson dan Chuvalo memenangkan penghargaan "Fight of the Year" dari majalah The Ring.[17]

Muhammad Ali[sunting | sunting sumber]

Patterson kini menjadi penantang nomor satu bagi Muhammad Ali yang berstatus juara dunia. Pada tanggal 22 November 1965 di Las Vegas dia kembali berusaha menjadi petinju pertama yang memenangkan gelar juara dunia sebanyak tiga kali. Patterson bertanding dalam keadaan sendinya mengalami sacro-iliac dalam pertandingan yang didominasi oleh Ali.[18] Ali menyebut Patterson sebagai "Paman Tom" karena menolak memanggilnya Muhammad Ali (Patterson terus memanggil Ali sebagai Cassius Clay) dan sikapnya yang blak-blakan terhadap muslim kulit hitam.[19] Sebelum pertandingan, Patterson telah berkata:

"Pertandingan ini adalah perang salib untuk merebut kembali gelar dari muslim kulit hitam. Sebagai penganut Katolik, saya melawan Clay sebagai sebuah kewajiban patriotis. Saya akan mengembalikan gelar ke Amerika."

Bukannya mencari kemenangan cepat, Ali justru mengolok-olok dan menyiksa Patterson sepanjang pertandingan itu. tetapi tidak bisa membuat Patterson KO sebelum wasit mengentikan pertandingan pada ronde kesepuluh.[20][21]

Penghujung karier[sunting | sunting sumber]

Patterson tetap menjadi penantang yang sah. Pada tahun 1966 dia pergi ke Inggris dan menang KO atas petinju Inggris Henry Cooper pada ronde keempat di Wembley Stadium.

Patterson ketika pertama kali berakting. Dia tampil dalam episode The Wild Wild West tahun 1968 sebagai tuan tanah yang takut kehilangan tanahnya.[22]

Ketika Ali dicopot gelarnya karena menolak wajib militer, World Boxing Association menggelar turnmaen dengan delapan peserta untuk menentukan pewaris gelar Ali. Patterson melawan Jerry Quarry tahun 1967 dan mendapatkan hasil imbang. Pada pertandingan kedua yang digelar empat bulan kemudian, Patterson kalah secara kontroversial. Quarry menang angka dalam pertandingan berlangsung 12 ronde. Kemudian, pada pertandingan ketiga dan keempat dalam upaya terakhirnya untuk memenangkan gelar sebanyak tiga kali, Patterson dikalahkan secara kontroversial oleh Jimmy Ellis melalui keputusan juri. Pada pertandingan yang berlangsung 15 ronde dan digelar di Stockholm, Swedia, tahun 1968 itu Patterson sempat mematahkan hidung Ellis dan menjatuhkannya, meski diperdebatkan.

Pada bulan September 1969 dia menceraikan istri pertamanya, Sandra Hicks Patterson, yang memintanya untuk gantung sarung. Saat itu dia masih berharap bisa mendapatkan gelar lagi.

Patterson terus bertinju, dan pada awal tahun 1972 dia mengalahkan Oscar Bonavena dalam pertandingan ketat yang berlangsung selama sepuluh ronde.

Dalam pertandingan kedua melawan Muhammad Ali untuk memperebutkan gelar kelas berat versi NABF, Patterson tidak bisa meneruskan pertandingan setelah memasuki ronde ketujuh. Saat itu dia masih kompetitif, tetapi mengalami luka robek pada area mata. Pertandingan itu digelar tanggal 20 September 1972 dan Patterson telah berusia 37 tahun.[23] Itu menjadi pertandingan terakhir Patterson meskpun dia tidak pernah mengumumkan pensiun.

Pensiun[sunting | sunting sumber]

Setelah pensiun, dia dan Ingemar Johansson menjadi sahabat baik. Setiap tahun mereka saling berkunjung dengan terbang menyeberangi Samudra Atlantik. Patterson menjabat dua kali sebagai Ketua New York State Athletic Commission.[24] Dia juga dimasukkan ke dalam International Boxing Hall of Fame tahun 1991.[25]

Patterson tinggal lama di New Paltz, New York, bersama dengan istri keduanya, Janet Seaquist.[26] Mereka dikaruniai dua putri bernama Jennifer dan Janene.[27] Pada tahun 1982 dan 1983 dia mengikuti Stockholm Marathon bersama dengan Ingemar Johansson.[28] Dia menyelesaikan 1983 New York City Marathon dalam waktu 3:35:27.[29]

Putra yang diadopsinya, Tracy Harris Patterson, menjadi juara dunia tinju era 1990-an dan sempat dilatih oleh Petterson. Mereka adalah ayah dan anak pertama yang memenangkan gelar juara dunia tinju.[30] Pattersonn juga melatih Donovan "Razor" Ruddock, petinju kelas berat asal Kanada, pada tahun 1992 untuk mempersiapkan pertandingannya melawan Greg Page, Phil Jackson, dan Lennox Lewis.[31]

Lapangan sepak bola New Paltz High School diberiinama namai "Floyd Patterson Field" pada tahun 1985.[32]

Meninggal[sunting | sunting sumber]

Nisan di makam Floyd Patterson.

Patterson mengidap penyakit Alzheimer' dan kanker prostat pada tahun-tahun terakhir hidupnya. Dia meninggal di rumahnya di New Paltz tanggal 11 Mei 2006 pada usia 71 tahun.[33] Jenazahnya dimakamkan di New Paltz Rural Cemetery di New Paltz, Ulster County, New York.[34][35]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  • "Mudah melakukan segalanya saat menang. Kekalahan seorang pria-lah yang mengungkap jati dirinya."[36]
  • "Mereka berkata saya adalah petinju paling sering dipukul roboh, tapi saya juga paling sering bangkitt."[37] (Kutipan ini digunakan dalam episode sepuluh serial TV V tahun 2009)
  • "Ketika kalian punya jutaan dolar, kalian juga punya jutaan teman."[38]
  • Tentang tinju: "Itu seperti sedang jatuh cinta kepada seorang wanita. Dia bisa tidak setia, dia bisa menjadi kejam, dia bisa menjadi bengis, tetapi itu tak penting, jika kamu mencintainya, kamu menginginkannya, bahkan meski dia bisa melakukan segala yang berbahaya kepadamu. Itu sama seperti aku dan tinju. Tinju bisa melakukan segala hal yang membayakanku, tetapi aku menyukainya."[39]

Karier tinju profesional[sunting | sunting sumber]

Templat:BoxingRecordSummary

No. Hasil Rekor Lawan Jenis

Kemenangan

Ronde terakhir, jumlah ronde direncanakan Tanggal Umur Lokasi Catatan
64 Kalah 55–8–1 Muhammad Ali RTD 7 (12), 3:00 20 September 1972 37 tahun, 260 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S. Untuk gelar kelas berat versi NABF
63 Menang 55–7–1 Pedro Agosto TKO 6 (10), 3:00 14 Juli 1972 37 tahun, 192 hari Singer Bowl, New York City, New York, U.S.
62 Menang 54–7–1 Oscar Bonavena UD 10 11 Februari 1972 37 tahun, 38 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
61 Menang 53–7–1 Charlie Harris KO 6 (10), 2:31 23 November 1971 36 tahun, 323 hari Multnomah County Exposition Center, Portland, Oregon, U.S.
60 Menang 52–7–1 Vic Brown UD 10 21 Agustus 1971 36 tahun, 229 hari Peace Bridge Arena, Fort Erie, Ontario, Canada
59 Menang 51–7–1 Charley Polite UD 10 17 Juli 1971 36 tahun, 194 hari Erie Arena, Erie, Pennsylvania, U.S.
58 Menang 50–7–1 Terry Daniels UD 10 26 Mei 1971 36 tahun, 142 hari Cleveland Arena, Cleveland, Ohio, U.S.
57 Menang 49–7–1 Roger Russell TKO 9 (10), 1:29 29 Maret 1971 36 tahun, 84 hari Philadelphia Arena, Philadelphia, Pennsylvania, U.S.
56 Menang 48–7–1 Levi Forte KO 2 (10), 2:20 16 Januari 1971 36 tahun, 12 hari Convention Center, Miami Beach, Florida, U.S.
55 Menang 47–7–1 Charley Green KO 10 (10), 1:15 15 September 1970 35 tahun, 254 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
54 Kalah 46–7–1 Jimmy Ellis PTS 15 14 September 1968 33 tahun, 254 hari Råsunda Stadium, Stockholm, Sweden Untuk gelar juara tinju kelas berat versi WBA
53 Kalah 46–6–1 Jerry Quarry MD 12 28 Oktober 1967 32 tahun, 297 hari Grand Olympic Auditorium, Los Angeles, California, U.S.
52 Imbang 46–5–1 Jerry Quarry MD 12 9 Juni 1967 32 tahun, 156 hari Memorial Coliseum, Los Angeles, California, U.S.
51 Menang 46–5 Bill McMurray KO 1 (10), 2:37 30 Maret 1967 32 tahun, 85 hari Civic Arena, Pittsburgh, Pennsylvania, U.S.
50 Menang 45–5 Willie Johnson KO 3 (10), 2:05 13 Februari 1967 32 tahun, 40 hari Municipal Auditorium, Miami Beach, Florida, U.S.
49 Menang 44–5 Henry Cooper KO 4 (10), 2:10 20 September 1966 31 tahun, 259 hari Empire Pool, London, England
48 Kalah 43–5 Muhammad Ali TKO 12 (15), 2:18 22 November 1965 30 tahun, 322 hari Las Vegas Convention Center, Winchester, Nevada, U.S. Untuk gelar juara tinju kelas berat versi WBC, NYSAC, dan The Ring
47 Menang 43–4 Tod Herring TKO 3 (10), 0:40 14 Mei 1965 30 tahun, 130 hari Johanneshovs Isstadion, Stockholm, Sweden
46 Menang 42–4 George Chuvalo UD 12 1 Februari 1965 30 tahun, 28 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
45 Menang 41–4 Charlie Powell KO 6 (10), 1:21 12 Desember 1964 29 tahun, 343 hari Hiram Bithorn Stadium, San Juan, Puerto Rico
44 Menang 40–4 Eddie Machen PTS 12 5 Juli 1964 29 tahun, 183 hari Råsunda Stadium, Stockholm, Sweden
43 Menang 39–4 Santo Amonti TKO 8 (10), 2:25 6 Januari 1964 29 tahun, 2 hari Stockholm, Sweden
42 Kalah 38–4 Sonny Liston KO 1 (15), 2:10 22 Juli 1963 28 tahun, 199 hari Las Vegas Convention Center, Winchester, Nevada, U.S. Untuk gelar juara tinju kelas versi WBA, NYSAC, The Ring, dan gelar tinju kelas berat perdana dari WBC
41 Kalah 38–3 Sonny Liston KO 1 (15), 2:06 25 September 1962 27 tahun, 264 hari Comiskey Park, Chicago, Illinois, U.S. Kehilangan gelar juara kelas berat versi WBA, NYSAC, dan The Ring.
40 Menang 38–2 Tom McNeeley KO 4 (15), 2:51 4 Desember 1961 26 tahun, 334 hari Maple Leaf Gardens, Toronto, Ontario, Canada Mempertahankan gelar kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
39 Menang 37–2 Ingemar Johansson KO 6 (15), 2:45 13 Maret 1961 26 tahun, 68 hari Exhibition Hall, Miami Beach, Florida, U.S. Mempertahankan gelar juara kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
38 Menang 36–2 Ingemar Johansson KO 5 (15), 1:51 20 Juni 1960 25 tahun, 168 hari Polo Grounds, New York City, New York, U.S. Memenangkan gelar juara dunia tinju kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
37 Kalah 35–2 Ingemar Johansson TKO 3 (15), 2:03 26 Juni 1959 24 tahun, 173 hari Yankee Stadium, New York City, New York, U.S. Kehilangan gelar juara tinju kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
36 Menang 35–1 Brian London KO 11 (15), 0:51 1 Mei 1959 24 tahun, 117 hari Fairgrounds Coliseum, Indianapolis, Indiana, U.S. Mempertahankan gelar juara tinju kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
35 Menang 34–1 Roy Harris RTD 12 (15) 18 Agustus 1958 23 tahun, 226 hari Wrigley Field, Los Angeles, California, U.S. Mempertahankan gelar juara tinju kelas berat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
34 Menang 33–1 Pete Rademacher KO 6 (15), 2:57 22 Agustus 1957 22 tahun, 230 hari Sick's Stadium, Seattle, Washington, U.S. Mempertahankan gelar juara kelas berat versi NYSAC, dan The Ring
33 Menang 32–1 Tommy Jackson TKO 10 (15), 1:52 29 Juli 1957 22 tahun, 206 hari Polo Grounds, New York City, New York, U.S. Mempertahankan gelar juara kelas bereat versi NBA, NYSAC, dan The Ring
32 Menang 31–1 Archie Moore KO 5 (15), 2:27 30 November 1956 21 tahun, 331 hari Chicago Stadium, Chicago, Illinois, U.S. Memenangkan gelar kelas berat yang lowong versi NBA, NYSAC, dan The Ring
31 Menang 30–1 Tommy Jackson SD 12 8 Juni 1956 21 tahun, 156 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
30 Menang 29–1 Alvin Williams KO 3 (10), 1:58 10 April 1956 21 tahun, 97 hari Memorial Hall, Kansas City, Missouri, U.S.
29 Menang 28–1 Jimmy Walls TKO 2 (10), 2:29 12 Maret 1956 21 tahun, 68 hari New Britain, Connecticut, U.S.
28 Menang 27–1 Jimmy Slade TKO 7 (10), 2:05 8 Desember 1955 20 tahun, 338 hari Grand Olympic Auditorium, Los Angeles, California, U.S.
27 Menang 26–1 Calvin Brad KO 1 (10), 2:58 13 Oktober 1955 20 tahun, 282 hari Grand Olympic Auditorium, Los Angeles, California, U.S.
26 Menang 25–1 Dave Whitlock KO 3 (10), 0:52 29 September 1955 20 tahun, 268 hari Winterland Arena, San Francisco, California, U.S.
25 Menang 24–1 Alvin Williams TKO 8 (10), 2:28 8 September 1955 20 tahun, 247 hari Moncton, New Brunswick, Canada
24 Menang 23–1 Archie McBride KO 7 (10), 1:46 6 Juli 1955 20 tahun, 183 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
23 Menang 22–1 Yvon Durelle RTD 5 (10) 23 Juni 1955 20 tahun, 170 hari Newcastle, New Brunswick, Canada
22 Menang 21–1 Esau Ferdinand TKO 10 (10), 2:49 17 Maret 1955 20 tahun, 72 hari Civic Auditorium, Oakland, California, U.S.
21 Menang 20–1 Don Grant TKO 5 (10), 1:13 17 Januari 1955 20 tahun, 13 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
20 Menang 19–1 Willie Troy TKO 5 (8) 7 Januari 1955 20 tahun, 3 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
19 Menang 18–1 Jimmy Slade UD 8 19 November 1954 19 tahun, 319 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
18 Menang 17–1 Joe Gannon UD 8 22 Oktober 1954 19 tahun, 291 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
17 Menang 16–1 Esau Ferdinand UD 8 11 Oktober 1954 19 tahun, 280 hari St. Nicholas Arena, New York City, New York, U.S.
16 Menang 15–1 Tommy Harrison TKO 1 (8), 1:29 2 Agustus 1954 19 tahun, 210 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
15 Menang 14–1 Jacques Royer Crecy TKO 7 (8) 12 Juli 1954 19 tahun, 189 hari St. Nicholas Arena, New York City, New York, U.S.
14 Kalah 13–1 Joey Maxim UD 8 7 Juni 1954 19 tahun, 154 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
13 Menang 13–0 Jesse Turner UD 8 10 Mei 1954 19 tahun, 126 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
12 Menang 12–0 Alvin Williams UD 8 19 April 1954 19 tahun, 105 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
11 Menang 11–0 Sammy Brown TKO 2 (10), 1:40 30 Maret 1954 19 tahun, 85 hari Turner's Arena, Washington, D.C., U.S.
10 Menang 10–0 Yvon Durelle UD 8 15 Februari 1954 19 tahun, 42 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
9 Menang 9–0 Dick Wagner TKO 5 (8), 2:29 14 Desember 1953 18 tahun, 344 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
8 Menang 8–0 Wes Bascom UD 8 19 Oktober 1953 18 tahun, 288 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
7 Menang 7–0 Gordon Wallace TKO 3 (8), 0:52 1 Juni 1953 18 tahun, 148 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
6 Menang 6–0 Dick Wagner SD 8 13 April 1953 18 tahun, 99 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
5 Menang 5–0 Chester Mieszala TKO 5 (6), 1:25 28 Januari 1953 18 tahun, 24 hari Chicago Stadium, Chicago, Illinois, U.S.
4 Menang 4–0 Lalu Sabotin TKO 5 (8), 1:30 29 Desember 1952 17 tahun, 360 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
3 Menang 3–0 Lester Johnson TKO 3 (6), 1:26 31 Oktober 1952 17 tahun, 301 hari Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
2 Menang 2–0 Sammy Walker TKO 2 (6), 0:47 6 Oktober 1952 17 tahun, 276 hari Eastern Parkway Arena, New York City, New York, U.S.
1 Menang 1–0 Eddie Godbold KO 4 (6), 1:39 12 September 1952 17 tahun, 252 hari St. Nicholas Arena, New York City, New York, U.S.

See also[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UPI Almanac for Friday, Jan. 4, 2019". United Press International. January 4, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 5, 2019. Diakses tanggal September 4, 2019. former heavyweight boxing champion Floyd Patterson in 1935 
  2. ^ Springer, Steve (February 5, 1987). "Ex-Boxing Champion Floyd Patterson Saves a Lad, Gains a Son : Youngster Escapes a Bleak Past". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-02. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  3. ^ Big Apple rates edge vs. Chicago Diarsipkan 2022-06-22 di Wayback Machine., By Tom Hanrahan, Daily News from New York, April 24, 1981, p. 46.
  4. ^ Litsky, Frank (May 11, 2006). "Floyd Patterson, Boxing Champion, Dies at 71". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-22. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  5. ^ Abrahamsson, Hans (12 May 2006). "Brodern Raymond: Jag vill komma ihåg honom som han var" [Brother Raymond: I want to remember him as he was]. Aftonbladet (dalam bahasa Swedia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-22. Diakses tanggal November 21, 2020. 
  6. ^ Weston, Stanley, ed. (1996). The Best of the Ring. Chicago: Bonus Books. hlm. 183. ISBN 1-56625-056-0. 
  7. ^ Daniel, Dan (August 2005). ""I Won't Be Back," Says Marciano". The Ring. 84 (8): 90–91. 
  8. ^ "Tale of the tape". Spokane Daily Chronicle. Washington. Associated Press. August 18, 1958. hlm. 15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-21. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  9. ^ "The 10 Greatest Heavyweight Fights of All Time, Floyd Patterson vs. Ingemar Johansson 3". boxingmemories.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-12. Diakses tanggal 2011-03-22. 
  10. ^ "Patterson defends his title". Lewiston Morning Tribune. (Idaho). Associated Press. December 4, 1961. hlm. 6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-22. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  11. ^ "Patterson knocks out dead-game McNeeley in fourth". Lewiston Morning Tribune. (Idaho). Associated Press. December 5, 1961. hlm. 8. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-21. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  12. ^ "Esquire covers commemorate boxing's prime". ESPN.com. May 8, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-14. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  13. ^ "Ex-Champ Floyd Patterson Dies At 71". CBS News. May 11, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-25. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  14. ^ Gregory, Sam. "Sonny Liston: The Facts". thesweetscience.com
  15. ^ Rogin, Gilbert (October 8, 1962) "The Facts About The Big Fight" Diarsipkan 2010-11-23 di Wayback Machine.. sportsillustrated.cnn.com
  16. ^ Arneel, Gene (September 26, 1962). "Patterson's $2-Mil. 'One-Night-Stand'". Variety. hlm. 1. 
  17. ^ "On This Day: Floyd Patterson and George Chuvalo clash in unforgettable non-title fight". Boxing News. February 1, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-24. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  18. ^ Johnson, Chuck (2006-05-11). "Ex-heavyweight boxer Floyd Patterson, 71, dies". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-16. Diakses tanggal 2010-05-02. 
  19. ^ Hauser, Thomas (November 2, 2003) Ali: The Legacy. The Guardian
  20. ^ Schwartz, Larry A Great Champion Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine.. ESPN.com.
  21. ^ Muhammad Ali vs. Floyd Patterson Diarsipkan 2022-06-20 di Wayback Machine.. Boxrec
  22. ^ ""The Wild Wild West" The Night of the Juggernaut". IMDb. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  23. ^ Muhammad Ali vs. Floyd Patterson (2nd meeting) Diarsipkan 2022-06-22 di Wayback Machine.. Boxrec
  24. ^ Lewis, Mike (May 11, 2006). "Obituary: Floyd Patterson". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-03. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  25. ^ Mitch Abramson (April 16, 2014). "Daily News Golden Gloves Hall of Fame: Floyd Patterson". Daily News (New York). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-01. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  26. ^ Stratton, W. K. (2012). Floyd Patterson : the fighting life of boxing's invisible champion. Boston: Houghton Mifflin Harcourt. hlm. 190. ISBN 978-0-15-101430-9. OCLC 666239937. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  27. ^ "What ever happened to Floyd Patterson?". Ebony: 44–50. November 1977. 
  28. ^ "Klassiskt lopp med Floyd och Ingo" (dalam bahasa Swedia). Stockholm Marathon. October 30, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  29. ^ "Floyd Patterson: 1983 New York City Marathon Results and Info". results.nyrr.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal 2022-02-02. 
  30. ^ "Patterson Wins Title With Knockout". Los Angeles Times. June 24, 1992. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  31. ^ Leahy, Michael (June 1, 1992) Floyd Patterson: His Own Man. sportsillustrated.cnn.com
  32. ^ "Floyd Patterson Ballfields Highlights". NYC Parks. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-29. Diakses tanggal July 16, 2018. 
  33. ^ Holley, Joe (12 May 2006). "Floyd Patterson; Heavyweight Champion Rose from Poverty". Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal 18 May 2019. 
  34. ^ Levym Alan H. (22 September 2008). Floyd Patterson: A Boxer and a Gentleman. McFarland. hlm. 263–. ISBN 978-0-7864-3950-8. 
  35. ^ Floyd Patterson Diarsipkan 2022-06-22 di Wayback Machine.. IMDb
  36. ^ Talese, Gay (2009). The Gay Talese Reader: Portraits and Encounters. New York: Bloomsbury USA. hlm. 82. ISBN 978-0-8027-7675-4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal 2022-04-17. 
  37. ^ Dahlberg, Tim (2006-05-11). "Former Boxer Floyd Patterson Dies at 71". Washington Post. [pranala nonaktif]
  38. ^ Celestial Timepiece – A Joyce Carol Oates Patchwork Diarsipkan 2009-06-09 di Wayback Machine.. Jco.usfca.edu. Retrieved on 2016-09-30.
  39. ^ Cosell, Howard (1973). COSELLPerlu mendaftar (gratis). Playboy Press. hlm. 167. ISBN 119931000X. 

Further reading[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan olahraga
Amateur boxing titles
Didahului oleh:
Thomas Nelson
U.S. middleweight champion
1952
Diteruskan oleh:
Bryant Thompson
World boxing titles
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Rocky Marciano
The Ring heavyweight champion
November 30, 1956 – June 26, 1959
Diteruskan oleh:
Ingemar Johansson
World heavyweight champion
November 30, 1956 – June 26, 1959
Didahului oleh:
Ingemar Johansson
The Ring heavyweight champion
June 20, 1960 – September 25, 1962
Diteruskan oleh:
Sonny Liston
World heavyweight champion
June 20, 1960 – September 25, 1962
Rekor
Didahului oleh:
Joe Louis
Youngest world heavyweight champion
November 30, 1956 – November 22, 1986
Diteruskan oleh:
Mike Tyson

Templat:Footer Olympic Champions Boxing Middleweight Templat:Ring magazine Fighter of the Year Templat:Sugar Ray Robinson Award Templat:New York State Athletic Commission Chairs