James J. Braddock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
James J. Braddock
Braddock in 1935
Statistik
Nama asliJames Walter Braddock
Nama panggilanBulldog of Bergen
Pride of the Irish
Pride of New Jersey
Cinderella Man
Tinggi6 ft 2 in (1,88 m)
Mencapai75 in (191 cm) [1]
KebangsaanAmerika
Lahir(1905-12-06)6 Desember 1905
New York, New York, AS
Meninggal29 November 1974(1974-11-29) (umur 69)
North Bergen, New Jersey, AS
SikapOrthodox
Catatan tinju
Total perkelahian88
Menang52
Menang oleh KO27
Kalah26
Imbang7
Tanpa kontes3

James Walter Braddock (6 Desember 1905 – 29 November 1974) adalah petinju Amerika Serikat yang merupakan juara kelas berat dunia dari tahun 1935 hingga 1937. Ia dikenal dengan nama James J. Braddock, mengikuti pola yang ditetapkan oleh dua juara tinju dunia sebelumnya, James J. Corbett dan James J. Jeffries. Braddock dikenal karena tangan kanannya yang kuat dan dagu besinya. Dia sempat kehilangan peluang untuk bertinju karena cedera tangan kronis dan dipaksa bekerja di dermaga. Di masa Depresi Besar (Great Depression) ia harus mengumpulkan bantuan sosial untuk memberi makan keluarganya. Dia kemudian kembali ke ring tinju pada 1935, lalu berjuang melawan Max Baer untuk gelar kelas berat dan secara tak terduga berhasil keluar sebagai pemenang. Untuk prestasi yang mustahil ini dia diberi julukan "Cinderella Man" oleh Damon Runyon.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Braddock lahir di Hell's Kitchen di Kota New York. Dia pindah ke North Bergen, New Jersey pada usia dini. Dia adalah satu dari tujuh anak yang dibesarkan oleh orang tua imigran; Ibu Irlandia Elizabeth O'Tool dan ayah Anglo-Irlandia Joseph Braddock. Setelah mengurungkan niat menjadi pemain sepak bola, Braddock muda mengejar tinju, lalu menjadi petinju profesional pada usia 21, berjuang di kelas berat ringan.

Pertarungan pertamanya terjadi pada 27 November 1923. Setelah tiga tahun, rekor Braddock adalah 44-2-2 dengan 21 KO. Pada tahun 1928, Braddock menjatuhkan Tuffy Griffiths yang sangat ditakuti. Tahun berikutnya ia mendapatkan kesempatan untuk mempertahankan gelar, tetapi ia kalah tipis dari Tommy Loughran. Braddock sangat tertekan oleh kekalahan yang menyebabkan tangan kanannya patah. Tiga puluh tiga pertarungan berikutnya secara signifikan kurang berhasil, dengan rekor 11-20-20.

Dengan keluarganya yang miskin selama masa Great Depression, Braddock dipaksa untuk menggantungkan sarung tinju dan bekerja sebagai buruh pelabuhan. Karena sering cedera di tangan kanannya, Braddock mengimbangi dengan menggunakan tangan kirinya selama bekerja sebagai buruh, dan secara bertahap menjadikan tangan kirinya lebih kuat daripada tangan kanannya. Setelah kembali ke ring tinju, Braddock mengembalikan uang kesejahteraan yang telah ia terima dari pemerintah dan sering memberikan sumbangan ke berbagai Rumah Buruh Katolik, termasuk memberi makan para tamu tunawisma dengan keluarganya. Braddock menderita masalah dengan tangan rematik sepanjang karirnya.

Akhir hidup[sunting | sunting sumber]

Setelah kematiannya pada tahun 1974 di usia 69, James J. Braddock dimakamkan di Pemakaman Mount Carmel di Tenafly, New Jersey. Namanya diabadikan pada International Boxing Hall of Fame pada tahun 2001. Sebuah taman kota di North Bergen, New Jersey dinamai untuk menghormatinya, James J. Braddock North Hudson County Park.

Film biografi Cinderella Man (2005) menceritakan kisah Braddock. Disutradarai oleh Ron Howard, film ini dibintangi oleh Russell Crowe sebagai Braddock dan Renée Zellweger sebagai istrinya, Mae. Film ini diperkirakan memiliki anggaran $ 88 juta dan meraup $ 108,5 juta di seluruh dunia. Penampilan Crowe membuatnya mendapatkan nominasi Golden Globe untuk Aktor Terbaik. Paul Giamatti, yang berperan sebagai manajer Braddock, Joe Gould, dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik. Peran tetangga Sara Wilson dimainkan oleh Rosemarie DeWitt, yang merupakan cucu perempuan sejati Braddock. Film ini mendapat banyak ulasan positif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Max Baer 5 to 1 favorite to beat Jimmy Braddock tonight". Milwaukee Journal. Associated Press. June 13, 1935. hlm. 6, part 2. [pranala nonaktif permanen]