Flipboard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Flipboard: Your Social Magazines
Flipboard logo.jpg
Flipboard halaman muka.jpg
Inilah halaman muka dari Flipboard di platform Android
Perancang awalMike McCue dan Evan Doll
PengembangFlipboard, Inc
Rilis perdana2010
Rilis stabil
1.9.27 (Android) dan 2.0 (iOs) / 2013
Sistem operasiAndroid dan IOS
Tersedia dalamEnglish
JenisAplikasi pembaca berita
Situs webhttp://Flipboard.com/


Flipboard adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk membaca web berita dan juga sebagai sosial media. Aplikasi ini menampilkan halaman web berita dan juga halaman sosial media layaknya halaman majalah dengan efek seperti membalikan halaman majalah.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Awalnya aplikasi ini diperuntukan untuk iPad dan dirilis pada tahun 2010. Namun, seiring waktu, aplikasi ini juga dapat digunakan di iPhone maupun iPod Touch. Berkembangnya sistem operasi Android (sistem operasi) juga membuat pembuat aplikasi ini memperhitungkan untuk merilis aplikasi ini untuk platform berlogo robot hijau tersebut. Pada tahun 2012, aplikasi ini resmi diluncurkan di toko aplikasi Google Play[1]. Dan pada akhir tahun yang sama, Flipboard merilis aplikasinya pada platform Android dengan layar yang lebih besar atau Tablet android[2]

Ide pembuatan aplikasi ini berawal dari keinginan pembuat untuk membuat aplikasi yang memiliki tampilan layar antar muka layaknya majalah sebenarnya. Bukan hanya halaman web berita dan blog saja yang diberikan sentuhan majalah, melainkan juga media sosial seperti twitter dan facebook diberikan sentuhan indah Flipboard. Saat pertama kali dirilis untuk iPad, aplikasi ini mendapat banyak reaksi positif dari pengguna iPad, dan aplikasi ini sempat mendapatkan gelar Apple's iPad App of the Year pada tahun 2010 [3] mengalahkan saingannya seperti Pulse. Namun, tidak semuanya reaksi positif, pada tanggal 15 Mei 2011, aplikasi ini diblokir oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok[4]. Kemudian, untuk mengatasi masalah ini, Flipboard merilis aplikasinya yang khusus diperuntukan untuk pengguna di Republik Rakyat Tiongkok dengan tanpa menyertakan dukungan terhadap Twitter dan Facebook.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Flipboard Account[sunting | sunting sumber]

Fitur ini sangat mencolok, karena saat anda pertama kali menggunakan Flipboard, anda diminta untuk membuat akun Flipboard atau tidak. Fitur ini memudahkan pengguna Flipboard untuk tetap terhubung dengan aplikasi Flipboard mereka pada Device yang berbeda dengan cara menghubungkan jenis berita apa saja yang anda pilih dengan akun Flipboard anda, sehingga anda dapat membuka jenis berita yang sama meskipun dengan Device yang berbeda. Fitur ini juga memungkinkan anda untuk membuat majalah anda sendiri dan juga menyimpan berita untuk dibaca dikemudian hari.

Section[sunting | sunting sumber]

Fitur ini mempermudah pengguna dalam hal untuk mencari berita-berita apa yang menarik bagi pengguna. Dalam Section ini, pengguna disuguhkan pilihan yang sebelumnya sudah dipilihkan terlebih dahulu oleh para staf Flipboard yang berisikan, ratusan halaman Blog, halaman majalah, halaman Fotografi, dan halaman-halaman berita.

Cover Stories[sunting | sunting sumber]

Cover Stories merupakan bagian gambar terbesar dari halaman muka Flipboard. Fitur ini memberikan pengguna akses terhadap berita-berita yang dianggap Flipboard sedang menjadi topik terkini, dan pengguna akan dengan cepat mengetahui hal apa yang sedang terjadi di dunia.

Search[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari topik, berita, tanda pagar, foto, video, suara, artikel, maupun orang yang akan ditampilkan dalam format halaman majalah Flipboard. Caranya mudah, pengguna hanya perlu menekan pembatas buku yang berada di bagian atas halaman muka Flipboard.

Inside Flipboard[sunting | sunting sumber]

Halaman ini, memberikan pengguna berita-berita terbaru mengenai aplikasi Flipboard itu sendiri. Dengan ini, pengguna dengan mudah mengetahui, fitur apa saja yang ada, ataupun yang akan ada di Flipboard.

Twitter & Facebook[sunting | sunting sumber]

Dengan slogannya yang berbunyi "Your Social Magazine" kurang lengkap rasanya jika tidak ditemukan fitur media sosial di dalamnya. Dengan fitur ini, pengguna akan diberikan pengalaman baru dalam membaca updates dari teman-temannya di media sosial Facebook maupun Twitter. Dengan fitur ini, pengguna juga dapat membalas, mengirim ulang, menyukai, ataupun membagi kicauan temannya dalam twitter dan juga dalam halaman Flipboard Facebook pengguna juga dapat memberikan komentar, menyukai, ataupun juga membagi status teman-teman pengguna.

Magazines[sunting | sunting sumber]

Dengan pembaharuan terbaru versi 2.0 untuk IOS, kini pengguna dapat membuat majalah mereka sendiri berdasarkan hal apa saja yang mereka sukai berdasarkan topik tertentu. Dan, majalah yang pengguna buat, dapat dicari dan dibaca oleh pengguna lain, kecuali pengguna yang membuat majalah tersebut membuat privat majalah mereka. [5]

+Flip It Bookmarklet[sunting | sunting sumber]

+Flip It Bookmarklet adalah sebuah fitur yang mempermudah pengguna Flipboard untuk mengirim halaman web yang sedang dilihat pada browser komputer maupun iPad dan iPhone agar tersimpan dalam akun Flipboard mereka, dan dapat dilihat langsung melalui aplikasi Flipboard. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan menekan tombol +Flip It yang pengguna telah pasang di perambaan web mereka.

+Tap to Collect[sunting | sunting sumber]

Lain halnya dengan +Flip It Bookmarklet yang berada di luar aplikasi Flipboard, fitur +Tap to Collect ini dapat digunakan untuk mengumpulkan artikel-artikel yang disukai pengguna di dalam halaman Flipboard, yang dapat dibaca lagi dengan cepat dikemudian hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stern, Joanna (Juni 22, 2012). ""China Has Officially Blocked Flipboard," Says CEO". Diakses tanggal March 30, 2013. 
  2. ^ Indvik,Lauren (Mei 15, 2011). "Flipboard: Now Available on Your Android Tablet". Diakses tanggal Maret 30, 2013. 
  3. ^ Siegler, Mg (December 15, 2010). "2010's iPad App Of The Year, Flipboard, Solidifies Its Crown With Massive Update". TechCrunch. Retrieved April 1, 2013.
  4. ^ Wee, Willis (Mei 15, 2011). "Flipboard App Released for Android Phones, Waiting on Android Tablets". Diakses tanggal Maret 30, 2013. 
  5. ^ McCracken, Harry (Maret 26, 2013). "New Flipboard Lets You Edit Your Own Magazines". Diakses tanggal Maret 31, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]