Fliegende Panzerfaust

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fliegende Panzerfaust
Jenis Pesawat pencegat jarak pendek
Negara asal Jerman
Pembuat Zeppelin
Pengguna utama Luftwaffe
Jumlah Satu mock-up dibangun
Dikembangkan dari Zeppelin Rammer

Fliegende Panzerfaust (yang berarti "Bazoka Terbang" dalam bahasa Jerman) adalah sebuah proyek Nazi Jerman untuk membuat pesawat pencegat yang didesain oleh Luftschiffbau Zeppelin. Proyek Fliegende Panzerfaust adalah bagian dari konsep Wunderwaffe yang berbasis propaganda Nazi untuk melawan bomber-bomber sekutu pada tahun terakhir Perang Dunia II.

Proyek Fliegende Panzerfaust merupakan bagian dari Emergency Fighter Program. Fliegende Panzerfaust merupakan pesawat bertenaga roket dan pesawat parasit yang artinya Fliegende Panzerfaust ditarik menggunakan pesawat seperti Bf 109 atau Fw 190. Bertenagakan 6 mesin roket Schmidding SG 34, 3 mesin di setiap sisi badan pesawat, Fliegende Panzerfaust memiliki ukuran yang kecil dengan lebar 4,6 meter dan panjang hanya 6 meter.

Pesawat ini akan dilepas oleh pesawat pengantar tepat diatas formasi pesawat pengebom musuh kemudian menyerang menggunakan roket 76mm RZ 65 di jarak yang sangat dekat.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Manfred Griehl & Joachim Dressel, Die Deutschen Raketenflugzeuge 1935-1945: Die Entwicklung einer umwalzenden Technik, Weltbild, ISBN 3613012766

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Zeppelin aircraft