Final raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Final Agung)

Bagian dari sambutan prapertandingan di Final Puncak Liga Sepak Bola Australia 2006, (Sydney lwn. West Coast) membentangkan spanduk setiap klub dalam pertandingan
Final Raya Liga Rugbi Nasional 2006 (Brisbane Broncos lwn. Melbourne Storm)

Terutama dalam olahraga Australia, final raya, final adika, atau final puncak[1] (Inggris: grand final) adalah pertandingan yang menentukan tim pemenang liga olahraga utama (atau kejuaraan), yaitu pertandingan penentuan dari seri final (atau pertandingan kembali). Pertandingan yang identik dengan pertandingan kejuaraan dalam olahraga Amerika Utara ini telah menjadi bagian penting budaya Australia. Liga terawal yang menampilkan final raya adalah sepak bola Australia, diikuti tidak lama kemudian oleh liga rugbi. Pada saat ini, final raya terbesar diadakan dalam Liga Sepak Bola (AFL) dan Liga Rugbi Nasional (NRL) Australia. Kepopuleran liga tersebut memengaruhi pertandingan lain seperti Liga-A sepak bola, Liga Bola Basket Nasional, Bola Jaring Super Suncorp dan liga rugbi Liga Super Eropa untuk mengadopsi final raya juga. Sebagian besar final raya melibatkan penghargaan bergengsi untuk pemain yang dipilih sebagai yang terbaik di lapangan.

Final raya di televisi[sunting | sunting sumber]

Final raya juga diadopsi dalam berbagai acara realitas dan bahkan acara permainan. Dalam acara realitas, sejumlah finalis terpilih akan bersaing di final setelah lolos dari sejumlah babak penyisihan yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa acara, seperti musim-musim awal The Voice (terutama dua musim pertama Amerika) dan Project SuperStar mengadopsi format jenis grup dengan jumlah finalis yang sama dari setiap grup yang tersisih dan melanjutkan acara hingga tersisa satu finalis, pada saat inilah para finalis bersaing secara satu lawan satu untuk menjadi juara. Acara Taiwan One Million Star (dan penerus sekuelnya Chinese Million Star) menggunakan sistem poin kumulatif dan skor ditambahkan secara bertahap hingga pada suatu tahap peserta dengan skor lebih rendah tersisih. Dalam babak final, skor-skor ini diubah menjadi persentase bobot dan juara ditentukan berdasarkan skor-skor yang ditimbang.

Dalam acara permainan, terutama Jeopardy! (seperti Tournament of Champions dan The Greatest of All Time), para finalis ini bersaing dalam babak dua kaki, berdasarkan skor-skor gabungan dari kedua pertandingan untuk menentukan pemenang. Dari 1996 hingga 1998, Wheel of Fortune mempunyai sistem Final Jumat ketika tiga peserta dengan skor tertinggi dari empat episode pertama minggu itu kembali lagi pada hari Jumat untuk satu pertandingan lagi. Pemenang dalam episode itu akan bermain untuk paket hadiah tambahan (selain hadiah terkini yang dipilih peserta) selama babak bonus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Senarai Padanan Asing Indonesia (SPAI)". spai.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-16. Diakses tanggal 16-10-2020. 

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Ross, J. (ed), 100 Years of Australian Football 1897–1996: The Complete Story of the AFL, All the Big Stories, All the Great Pictures, All the Champions, Every AFL Season Reported, Viking, (Ringwood), 1996. ISBN 0-670-86814-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]