Playoff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Playoff atau play-off atau post-season, dalam liga olahraga adalah kompetisi yang dimainkan setelah musim reguler oleh tim atau peserta teratas untuk menentukan juara liga. Tergantung pada sistem liga, playoff dapat berupa satu pertandingan, serangkaian pertandingan, atau turnamen, dan dapat menggunakan sistem gugur atau salah satu dari beberapa format play-off lainnya. Playoff, dalam pertandingan internasional, adalah untuk lolos atau maju ke babak berikutnya dari suatu kompetisi atau turnamen.

Di Inggris dan Skotlandia, playoff digunakan dalam sepak bola untuk memutuskan promosi untuk tim sepak bola dalam liga, berbeda dengan di Amerika Utara yang menggunakan play-off sebagai penentuan untuk menjadi juara. Dalam EFL (tingkat kedua liga sepak bola Inggris), tim yang berada di urutan ke 3 hingga 6 setelah musim reguler bersaing untuk mendapatkan tempat promosi ke Liga Premier.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Football League Regulations – Section 3". football league. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2012. Diakses tanggal 31 March 2013.